Brilio.net - Apa benda yang sering ada di tasmu saat pergi kuliah? Buku catatan, pulpen, atau pensil? Selain alat tulis ternyata masih banyak benda-benda lain yang akan mengisi tas seorang mahasiswa. Sadar atau tidak ternyata jurusan kuliah dapat mempengaruhi benda-benda yang sering digunakan oleh mahasiswa.

Lalu apa saja benda-benda yang identik dengan mereka yang menempuh pendidikan di jurusan teknik?

1. Kalkulator

Benda-benda ini nyaris tak pernah absen dari tas mahasiswa teknik

Kalkulator menjadi benda ajaib anak teknik. Benda temuan Blaise Pascal ini menjadi benda yang sangat penting untuk para mahasiswa yang mengambil jurusan teknik. Apalagi jadi mahasiswa teknik mengandalkan penerapan ilmu pasti seperti matematika dan fisika.Kalkulator menjadi benda yang sangat penting dalam memudahkan berbagai perhitungan yang cukup rumit.

Loading...

"Periksa aja tas anak mahasiswa teknik mesti nggak bakal ketinggalan bawa kalkulator soalnya hampir seluruh kegiatan kita melibatkan hitungan yang nggak sederhana, pernah lupa bawa kalkulator pas ujian dan itu benar-benar nggak bisa ngerjain apapun," cerita Niko (22), mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Universitas Kristen Duta Wacana.

2. Rapido

Benda-benda ini nyaris tak pernah absen dari tas mahasiswa teknik

Rapidograp atau rapido adalah senjata yang tidak akan pernah ketinggalan berada di tas mahasiswa Teknik Arsitektur. Hampir seluruh kegiatan perkuliahan mereka akan berhubungan dengan gambar.Rapido sangat membantu untuk menentukan ketebalan garis yang dibuat.

"Pokoknya gak boleh ketinggalan bawa rapido deh, apalagi pas semester-semester awal yang kuliahnya hampir 80% gambar, kalau nggak bawa rapido nggak bisa ngikutin kelas dengan baik," cerita Fathur (20), mahasiswa Teknik Arsitektur, Universitas Gadjah Mada.

3. Kabel LAN

Benda-benda ini nyaris tak pernah absen dari tas mahasiswa teknik

Internet sangat akrab bagi mahasiswa Teknologi Informasi.  Hampir seluruh kegiatan kuliahnya akan berhubungan dengan internet. Lalu, mengapa kabel LAN? karena kabel LAN merupakan benda yang dapat membantu akses internet dengan baik dari router.

"Kalau aku sebagai anak teknologi informasi yang pastinya nggak pernah ketinggalan dibawa di tas itu sambungan LAN, soalnya nggak bisa lepas dari internet apalagi kalau ngerjain beberapa code sangat membantu karena kecepatannya lebih kencang dari wifi," ujar Topan Firdaus (19), mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

4. Busur

Benda-benda ini nyaris tak pernah absen dari tas mahasiswa teknik

Busur adalah salah satu benda yang tak pernah luput dimiliki mahasiswa teknik. Pembuatan busur konon terinspirasi dari busur panah yang kerap digunakan oleh masyarakat kuno. Busur punya fungsi yang akurat dalam menentukan sudut kemiringan, sehingga keberadaannya sangatlah penting.

"Sebisa mungkin sih nggak lupa bawa busur, soalnya bingung kalau tiba-tiba harus nentuin sudut yang nggak bisa ditebak gitu aja," cerita Dita, mahasiswa Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada.

5. Jangka

Benda-benda ini nyaris tak pernah absen dari tas mahasiswa teknik

Jika busur membantu menentukan sudut kemiringan maka jangka tidak kalah pentingnya bagi mahasiswa teknik. Dikto (21) mahasiswa Teknik Mesin, Universitas Gadjah Mada mengatakan,  "Paling nggak bisa kalau tiba-tiba disuruh gambar lingkaran sempurna dengan baik, jadi butuh banget bawa jangka."

6. Buku Termodinamika Teknik Kimia

Benda-benda ini nyaris tak pernah absen dari tas mahasiswa teknik

Nah, kalau ada penghargaan untuk buku abadi yang selalu nagkring di tas mahasiswa teknik kimia maka buku Termodinamika Teknik akan menjadi pemenangnya. Hampir setiap semester mahasiswa teknik kimia akan membutuhkan buku tersebut.

"Buku Termodinamika Teknik Kimia Smith-Van itu hampir dipakai terus selama kuliah dan materinya penting untuk semester-semester berikutnya," Ahada Ramadhana (22), alumni Teknik Kimia, Universitas Islam Indonesia.

7. Tabung gambar

Benda-benda ini nyaris tak pernah absen dari tas mahasiswa teknik

Benda terakhir ini adalah tabung gambar yang pastinya sangat akrab dengan mahasiswa teknik baik itu teknik arsitektur, teknik sipil, teknik elektro ataupun teknik mesin. "Kalau kita yang anak teknik mesti pada punya tabung gambar, soalnya sudah jadi kebutuhan kalau mau bawa gambar ke mana-mana supaya tetap rapi ya pilihannya pakai tabung gambar," tandas Alfi (20), mahasiswa Teknik Mesin, Universitas Islam Indonesia.

Nah itu dia tujuh benda yang pastinya tidak akan absen di tas mahasiswa teknik. Jika kamu kuliah di jurusan teknik apa kamu juga selalu benda-benda tersebut?