Brilio.net - Sebagai suami istri berhubungan intim sudah menjadi keharusan. Namun bagaimana jika si istri sedang hamil? Banyak yang kemudian mengurungkan niatnya untuk berhubungan intim karena takut akan melukai janin bayi. Nah sebenarnya berhubungan intim saat hamil aman atau tidak sih?

Dikutip dari womenhealthmag, Senin (9/11), dalam Journal of sex & marital Therapy mengungkapkan bahwa mereka telah mensurvey 105 pria berusia 20 hingga 46 tahun yang istrinya sedang hamil. Mayoritas sekitar 81 persen mengatakan bahwa mereka mengurangi kadar berhubungan intim atau tidak sama sekali karena takut membahayakan janin.

Padahal menurut para ahli, berhubungan intim saat hamil itu sah-sah saja. "Berhubungan intim saat hamil itu aman selama si ibu juga merasa nyaman dan tidak tertekan," ujar Mary Jane Minkin, profesor klinis kebidanan dan ginekologi Yale University.

Hanya saja ada hal yang perlu diperhatikan yaitu, posisi dalam berhubungan intim. Posisi wanita terlentang tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan aliran darah dari tubuh ke jantung berkurang. Sebaiknya menggunakan posisi dari samping.

Sementara itu, beberapa ahli bahkan berpendapat bahwa hubungan intim saat hamil ternyata mempunyai manfaat bagi si ibu. Antara lain menghilangkan stress, meredakan nyeri, membakar kalori, dan menguatkan otot panggul saat proses persalinan nanti.

Loading...