Brilio.net - Baterai, benda kecil serba guna yang sering kamu lihat di kehidupan sehari-hari, ya kan? Berbagai macam peralatan elektronik seperti remote, senter, mainan anak-anak banyak yang menggunakan batu baterai.

Tapi gimana sih caranya tahu baterai itu masih baik atau sudah tak layak pakai? Nah, ada cara mudah dan sederhana yang bisa kamu praktikan untuk mengukur kondisi baterai. Jadi kamu nggak perlu menggunakan alat-alat yang ribet untuk tahu bateraimu masih baik atau tidak.

Berikut caranya, yang brilio.net lansir dari TechInsider, Kamis (7/4):

1. Sentuh dengan ujung lidah

cara baterai baik atau tidak 1 © 2016 brilio.net

Loading...

Cara pertama adalah dengan menyentuh terminal baterai dengan ujung lidahmu. Cukup sentuh sedikit saja, jika kamu merasa sedikit terkejut maka bisa dipastikan baterai masih dalam kondisi baik. Namun sayangnya, cara ini hanya berlaku untuk baterai ukuran A dengan daya 9 volt. Terus cara mengukur baterai lainnya gimana dong? Jawabannya ada di poin nomor dua.

2. Jatuhkan

cara baterai baik atau tidak 2 © 2016 brilio.net

foto: electronicproducts.com

Cara kedua adalah dengan cara menjatuhkan baterai ke permukaan yang keras seperti lantai. Jika baterai yang kamu jatuhkan tidak memantul, itu tandanya baterai masih dalam kondisi baik. Kebalikannya, baterai yang kondisinya sudah tidak baik pasti akan memantul.

cara baterai baik atau tidak 3 © 2016 brilio.net

foto: techly.com.a

Semakin tinggi pantulan semakin tidak baik pula kondisi baterai itu. Simpel kan?

3. Menggunakan baterai tester tentunya

cara baterai baik atau tidak 4 © 2016 brilio.net

foto: openlip.ru

Kalau kamu memang perlu tahu kondisi baterai secara detail termasuk sisa dayanya, cara yang paling presisi ya menggunakan baterai tester yang banyak dijual di pasaran.