Brilio.net - Walaupun sekarang mulai banyak bermunculan media sosial baru seperti Twitter, Path, Instagram dan masih banyak yang lainnya, tentu belum ada yang bisa menyaingi kepopuleran Facebook yang dibesut oleh Mark Zuckerberg. Bahkan kalau mau dihitung nih, sampai bulan September 2015 kemarin ada hampir dua miliar pengguna Facebook aktif yang setiap harinya membanjiri linimasa dengan postingan status, foto ataupun berkomentar di akun Facebook teman maupun sahabatnya. Sungguh jumlah yang fantastis.

Tapi pernah nggak sih kamu kepikiran, suatu hari jika kamu meninggal nanti, apa yang akan terjadi dengan akun Facebook kita ya? Apakah akan tetap "menyala" terus? Atau malah langsung dinonaktifkan oleh Facebook sendiri?

Tenang, jangan berpikir yang aneh-aneh terlebih dahulu. Karena sebagai perusahaan yang besar, tentu Facebook memiliki kebijakan-kebijakan yang sudah diatur sebelumnya yang bisa membuat para penggunanya semakin betah dalam mengakses Facebook. Jika suatu saat ada pengguna yang meninggal, maka Facebook sebenarnya memiliki fitur "Kontak Pewaris", di mana pengguna sesungguhnya bisa mewariskan akun Facebooknya kepada seseorang yang ditunjuknya sebagai "ahli waris" untuk menuliskan kenangan, menjawab permintaan pertemanan atau bahkan memperbarui foto profil atau foto sampul.

Apa sebenarnya Kontak Pewaris itu? Kontak Pewaris Facebook adalah sebuah kontak atau akun Facebook yang sudah didelegasikan oleh si pemilik akun utama untuk menjadi ahli waris akun Facebooknya jika si pemilik akun utama sudah tiada. Ibarat ahli waris yang sebenarnya, ahli waris akun Facebook bisa melakukan semua hal yang selama ini dilakukan si pemilik akun utama, seperti mengakses ke dalam akun, menghapus foto atau kiriman foto dari teman, membaca pesan di inbox bahkan bisa juga menghapus pertemanan di Facebook.

Bagaimana mengaktifkannya?

Loading...

Pertama-tama, kamu harus login ke akun Facebookmu.

Begini cara mewariskan akun Facebook kalau kamu meninggal nanti

Kalau sudah, kamu masuk ke menu Settings lalu kemudiah pilih Security.

Begini cara mewariskan akun Facebook kalau kamu meninggal nanti

Nah, sekarang kamu tinggal memasukkan nama salah satu keluarga, teman atau kerabat yang memang sudah kamu kenal secara dekat.

Begini cara mewariskan akun Facebook kalau kamu meninggal nanti

Setelah itu akan muncul popup yang menyatakan kesiapanmu untuk memberi hak waris kepada orang yang kamu pilih. Setelah tekan tombol "send" Facebook akan langsung memverifikasi terhadap orang tersebut.

Begini cara mewariskan akun Facebook kalau kamu meninggal nanti

Gampang kan?

Tapi bagaimana Facebook tahu kalau ada penggunanya yang telah tiada?

Begini cara mewariskan akun Facebook kalau kamu meninggal nanti

Sebenarnya Facebook nggak lantas secara tiba-tiba mewariskan akun pengguna yang telah meninggal kepada pewarisnya. Bagi kerabat atau keluarga terdekat bisa melaporkan kepergian pengguna tersebut di halaman Memorialization Request yang ada di menu Help. Setelah memasukkan nama orang yang meninggal disertai tanggal serta bukti kematiannya, Facebook lalu akan memroses data-data yang masuk, dan jika sesuai Facebook akan langsung menghubungi sang ahli waris.

Nggak susah kan? Kamu berencana mewarisi akun Facebookmu ke siapa?