×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Abu Hurairah sangat banyak hafal hadis, ternyata ini penyebabnya

View Image

0

BRILIO » News

Abu Hurairah sangat banyak hafal hadis, ternyata ini penyebabnya

"Tidak ada satu pun sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadis, kecuali aku."

26 / 06 / 2015

Brilio.net - Abu Huraiah pernah dites mengenai hafalan hadisnya oleh Marwan Ibnu Hakam. Ketika itu Marwan meminta Abu Hurairah menyampaikan hadis yang telah didapatnya dari Rasulullah SAW yang kemudian dicatat oleh seorang juru tulis tanpa sepengetahuannya. Satu tahun berlalu, Marwan meminta kembali Abu Huraiah membacakan apa yang pernah disampaikannya tahun lalu. Tak satu kata pun yang terlupa disampaikan oleh Abu Hurairah.

Abu Hurairah pun menuturkan mengenai dirinya sendiri, seperti dikutip brilio.net dari buku 60 Orang Besar di Sekitar Rasulullah, "Tidak ada satu pun sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadis, kecuali aku."

Abu Hurairah memiliki stock hadis yang bahkan lebih banyak daripada mereka yang lebih dulu berislam dan berinteraksi lebih lama dengan Nabi Muhammad.

Diceritakan, Abu Hurairah bisa punya sangat banyak hafalan dikarenakan dirinya tak memiliki sawah ladang maupun perniagaan yang harus diurus sehingga punya waktu luang yang banyak dibanding sahabat lain. Dengan 'kelebihan waktu' ini, meskipun bukan seorang penulis, Abu Hurairah menuliskan hadis yang dihafalnya.

Di samping itu, dirinya yang termasuk terlambat memeluk Islam merasa harus mengejar ketertinggalan mengenai pemahaman agama tersebut sehingga semakin tumbuhlah semangat belajar dalam dirinya dengan mengikuti semua majelis Rasulullah. Semenjak bertemu Nabi Muhammad, dirinya benar-benar mengoptimalkan kebersamaan dengan Rasul meskipun hanya 4 tahun namun mampu menngambil banyak hadis untuk dihafal. Dirinya berpisah dengan beliau hanya ketika waktu istirahat/tidur.

Loading...

Selain pada dasarnya Abu Hurairah memiliki kelebihan dalam hal daya ingat, Rasul sebagai orang yang sangat dekat dengan-Nya juga pernah mendoakannya agar diberkahi hafalannya oleh Allah. Dari situ lelaki penyayang kucing ini berpikir untuk menjaga teks-teks Islam agar dapat diturunkan ke generasi berikutnya karena menganggap hal ini sebagai sebuah tanggung jawab. Sebab ia tak mau menjadi penyembunyi kebenaran dan kebaikan serta kikir ilmu yang kelak mendapat balasan.

PERLU JUGA KAMU BACA:

Kisah Nabi Zakaria, tak henti-hentinya berdoa akhirnya dikaruniai anak

Ini asal usul nama Muhammad

Bukan Khadijah cinta pertama Muhammad, tapi ini lho wanita itu

Di zaman Muhammad SAW, imsak ditandai selesainya bacaan Qur'an 50 ayat

Undian yang menyelamatkan ayah Muhammad SAW

Pemuda ini lebih memilih Muhammad daripadanya orangtuanya sendiri

Sejarah dikumandangkan adzan bermula dari mimpi sahabat nabi

Hukuman dari Nabi kepada mereka yang lari dari tanggung jawab





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more