Brilio.net - Perkembangan teknologi membuat segala sesuatu semakin mudah dicari dan terhubung antara satu dengan yang lainnya. Perkembangan komunikasi sosial juga ikut berubah. Kebutuhan untuk menampilkan dan menyebar informasi profesi kita atau hanya sekadar berbagi informasi atau pemikiran, dapat dilakukan melalui web pribadi

Web pribadi atau yang lebih dikenal personal blog merupakan sebuah blog yang kita kelola sendiri setiap harinya. Dari blog inilah yang sekarang menjadi penghubung untuk berkomunikasi antara si pemilik dengan pengunjung yang memiliki ketertarikan yang sama.

Sebelum membuat web pribadi, nggak ada salahnya poin-poin di bawah ini kamu jadikan sebagai panduan. Berikut 10 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat web pribadi, yang brilio.net rangkum (25/11) dari berbagai sumber.

1. Pastikan tema sesuai passion

8 Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat web pribadifoto: pinterest.com

Loading...

Tema berarti gambaran secara besar isi dari sebuah web. Tema juga mewakili isi dari konten-konten yang ada dalam sebuah website pribadi. Jika tema sesuai dengan passion atau hobi si pemilik, maka otomatis membuat konten dalam website pribadi akan menjadi hal yang menyenangkan. Karena selain hobi bisa terdokumentasi dengan baik, sang pemilik juga dapat berbagi mengenai apa yang disukainya dengan pengunjung.

2. Pemilihan nama domain adalah yang paling krusial

8 Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat web pribadifoto: sibertama.com

Nama domain bagaikan alamat. semakin simple semakin mudah dicari. Selain itu orang lain juga akan dengan mudah mengingatnya. "Huruf dalam nama domain Maksimal 15-20 huruf. Yang pasti, mudah diingat dan mudah dilafalkan," terang Aditya, pria yang sudah berkecimpung dalam dunia blogger sejak 2010 kepada brilio.net (25/11).

3. Memilih menggunakan CMS siap pakai juga bukan dosa besar

8 Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat web pribadi

foto: shutterstock.com

Content management system atau disingkat CMS merupakan web engine yang sudah siap pakai. Jadi kamu yang nggak paham tentang ilmu membuat website, CMS bisa kamu jadikan alternatif. Karena segalanya yang kamu butuhkan tentang web pribadi ada pada CMS. Ada banyak sekali CMS yang tersedia di pasaran, seperti Weebly, Joomla, Blogspot, Drupal, dan Wordpress. Asyiknya lagi kebanyakan dari mereka tersedia secara gratis.

4. Desain simple dan minimalis sangat memudahkan pengunjung

8 Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat web pribadifoto: pinterest.com

Desain yang baik adalah desain yang memudahkan pengunjung, bukan mempersulit. Memudahkan di sini dalam arti pengunjung bisa dengan mudah membaca isi yang disampaikan dalam web pribadi tersebut. "Alangkah lebih baik lagi jika web pribadi yang dibuat bisa tampil dengan baik di segala platform. Baik dalam bentuk PC, Smartphone, atau Tablet," tutur Aditya.

5. Konten orisinil bisa jadi nilai lebih

8 Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat web pribadifoto: lifehack.org

Mengisi konten memang gampang-gampang susah. Ini juga berkaitan dengan passion yang kita punya. Kalau tema dari web pribadi kita sesuai dengan apa yang menjadi hobi kita, maka kita akan dengan mudah membuat kontennya. Konten orisinil juga akan dengan mudah ditemukan oleh search engine.

6. Pilih-pilih jasa hosting bisa menekan biaya

8 Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat web pribadifoto: sibertama.com

Jasa hosting itu bagaikan ibu kos bagi mahasiswa. Ada banyak aspek yang bisa jadi bahan pertimbangan seperti harga, fasilitas yang didapatkan, layanan 24 jam, ukuran hosting dan besar kuota. "Salah satu ciri jasa hosting yang baik adalah cepat tanggap dalam melayani pelanggan. Karena hidup web kita ada di tangan si penyedia jasa hosting," ungkap Aditya, pria yang sekarang sedang mengembangkan sebuah startup.

7. Iklan bisa jadi pendapatan tambahan

8 Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat web pribadi

foto: designz23.com

Ketika pengunjung web pribadimu sudah banyak, kamu bisa mempertimbangkan untuk memasang iklan. Tapi pastikan iklan nggak mengganggu pengunjung web pribadimu.

8. Walaupun hanya website pribadi, faktor keamanan juga penting

8 Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat web pribadifoto: digitalgossips.com

Walaupun bukan web perbankan atau web jual beli, tapi akan sangat tidak menyenangkan jika web pribadi kita dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. "Faktor keamanan ini juga ada kaitannya dengan jasa hosting tadi, semakin bagus jasa hosting semakin bagus pula keamanan yang ditawarkan," tuturnya.