1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Fadila Adelin 16 November 2015 15:10

7 Trik sederhana biar liburanmu bisa irit, tapi tetap menyenangkan!

Sedikit budget untuk liburan bukan berarti nggak bisa senang-senang.

Brilio.net - Siapa sih yang nggak mau pergi liburan tapi uang juga tetep aman? Pasti mau banget kan! Banyaknya tujuan berwisata kadang membuat kita bingung menentukan pilihan, apalagi kalau masalahnya ada di keuangan.

Memiliki sedikit budget untuk liburan bukan berarti nggak bisa senang-senang, lho. Liburan kan tujuannya buat bersenang-senang, bukan hanya membuang-buang uang. Nah kali ini Senin (16/11) brilio.net bakal kasih kamu tujuh trik jitu biar liburanmu bisa ngirit.

1. Berangkat malam, menghemat booking hotel

foto: Brilio.net/Fadila Adelin
Kalau tujuan liburanmu itu memang jauh dan lumayan membutuhkan waktu yang cukup lama. Kamu bisa mengakalinya dengan berangkat malam hari. Kenapa? Itu artinya kamu sudah menghemat biaya penginapan semalam karena tidur di perjalanan. Saat kamu sampai di tujuan pada pagi atau siang hari, kamu bisa langsung jalan-jalan dulu setelah itu baru check in di penginapan. Pengen mandi? Manfaatkan kamar mandi pom bensin atau rumah makan.

2. Pilih hostel bukan hotel

foto: Brilio.net/Fadila Adelin
Menginap di hotel pastinya lebih nyaman dibanding dengan hostel yang berbentu dormitory atau asrama. Tapi demi mengirit biaya menginap, kenapa nggak coba saja menginap di hostel? Kalau kebetulan pergi beramai-ramai, tinggal di hostel malah makin seru lho.

3. Jangan pernah lewatkan sarapan gratis

foto: Brilio.net/Fadila Adelin
Nah, yang satu ini jangan sampai dilewatkan. Biasanya penginapan akan menyediakan sarapan gratis. Di sini kamu harus pintar-pintar manfaatkan sarapan yang ada, kalau perlu sarapan sampai kenyang. Saat jalan-jalan kan kamu bakal butuh tenaga!

4. Gunakan transportasi umum

foto: Brilio.net/Fadila Adelin
Daripada naik taksi untuk perjalanan jarak jauh yang sudah pasti mahal, lebih baik mencoba kendaraan umum yang ada di daerah tersebut. Menggunakan transportasi umum akan membuat kamu lebih irit sekaligus menambah pengalaman.

5. Hindari beli air mineral bermerek terkenal

foto: ylki.or.id
Air mineral adalah satu hal yang paling sering kamu beli ketika lagi liburan. Tentu ini wajar banget karena memang manusia lebih bisa menahan lapar daripada haus. Nah, meski begitu bukan berarti kamu nggak bisa irit untuk hal yang satu ini. Kamu bisa mengakalinya dengan membeli air minum kemasan yang mereknya nggak terkenal. Dijamin lebih murah!

6. Jangan bawa banyak uang di dompet

foto: Brilio.net/Fadila Adelin
Walaupun kamu membawa kartu ATM saat liburan, setidaknya jangan bawa uang tunai yang banyak di dalam dompet. Dengan adanya uang yang banyak kamu bakal tergoda untuk membeli macam-macam. Sedangkan kalau uang pas-pasan pasti kamu bakal mikir-mikir lagi kalau mau beli sesuatu.

7. Jangan ragu menawar

foto: Brilio.net/Fadila Adelin
Setiap traveling, pasti ada saja teman yang titip oleh-oleh, atau memang kamu yang berinisiatif untuk membeli barang kenangan untuk keluarga atau teman dekat. Kalau kamu memang mau membeli cinderamata, jangan lupa dibatasi jumlah dan budgetnya ya biar liburan kamu tetap seru dan irit. Nah, sebagai turis kamu biasanya dikasih mahal jadi jangan ragu untuk menawar.

(brl/pep)

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?