Brilio.net - Berbelanja di pasar tradisional memang memungkinkan kamu untuk melakukan tawar-menawar. Namun, tawar-menawar adalah sesuatu yang susah-susah-gampang. Butuh trik khusus biar kamu bisa menaklukkan si pedagang dan mendapatkan barang yang diidamkan.

Nah, jika kamu gemar berbelanja atau sekadar menemani ibu ke pasar tradisional harus menguasai seni tawar-menawar. Simak 7 tips dan trik tawar-menawar di pasar tradisional yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (28/11) :

1. Bandingkan harga

7 Tips jitu menawar di pasar ala ibu-ibu ini perlu kamu pelajari!foto: http://cdnimage.terbitsport.com

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kamu jangan langsung membeli di pedagang pertama. Biasakan untuk membandingkan harga dulu dengan penjual-penjual yang lain. Jangan sampai kamu mendapat harga yang terlalu tinggi. Seperti yang disampaikan Rini, ibu muda yang juga sering berbelanja di pasar tradisional.

"Bandingkan harga dengan pedagang lain, nanti yang paling murah baru diambil," kata Rini, ibu muda yang juga sering berbelanja di pasar tradisional.

2. Pakai bahasa daerah setempat

7 Tips jitu menawar di pasar ala ibu-ibu ini perlu kamu pelajari!

foto: bangaswi.files.wordpress.com

Sepertinya menguasai banyak bahasa daerah akan memberi keuntungan sendiri saat berbelanja di pasar tradisional. Jurus yang pertama adalah mengamati logat bahasa si pedagang. Nah, jika kamu juga kebetulan mengerti bahasanya maka saat menanyakan barang gunakan bahasa yang sama dengan si pedagang.

"Kalau di sini, nggak usak sok kota pakai Bahasa Indonesia. Malah biasanya dapat murah kalau mau nawar pakai Bahasa Jawa," tutur Rini, warga asli Yogyakarta ini.

3. Tawarlah 30% dari harga yang ditawarkan

7 Tips jitu menawar di pasar ala ibu-ibu ini perlu kamu pelajari!

foto: i.ytimg.com

Yang namanya penjual, ya ingin mencari keuntungan. Dan kamu sebagai pembeli juga jangan mudah percaya begitu saja. Di pasar tradisional itu tawar menawar sah-sah saja kan? Tawarlah harga mulai dari 50% dari harga yang ditawarkan.

"Biasanya nawar sampai harga tengah-tengah dari yang ditawarkan pedagang sama yang aku mau," kata Ilma, pegawai swasta di Yogyakarta.

4. Pura-pura pergi

7 Tips jitu menawar di pasar ala ibu-ibu ini perlu kamu pelajari!foto: youtube.com

Mungkin sudah banyak yang tahu dengan trik yang satu ini, ketika tawaranmu nggak disepakati sang pedagang, kamu bisa pura-pura pergi dan nggak jadi beli. Tentu dengan harapan si pedagang akan memanggilmu balik dan setuju dengan harga yang kamu tawar.

"Kalau nggak boleh Rp 30.000 ya sudah Bu," begitu kira-kira kalimat andalanmu sambil ngeloyor pergi.

5. Ambil banyak

7 Tips jitu menawar di pasar ala ibu-ibu ini perlu kamu pelajari!foto: http://jalansolo.com

Nah, tips selanjutnya jika kamu ingin belanja murah di pasar tradisional adalah dengan ambil lebih dari satu. Biasanya pedagang juga akan memberi potongan harga kalau kamu ambil banyak.

"Triknya, ambil banyak biar dapat harga lebih murah," tambah Ilma.

6. Janji jadi langganan

7 Tips jitu menawar di pasar ala ibu-ibu ini perlu kamu pelajari!foto: giphy.com

Ketika menawar dengan berbagai cara sudah nggak mempan lagi, sebenarnya kamu masih punya satu kesempatan lagi bilang saja akan jadi pelanggan setia di situ.

"Yakinkan ke pedagang, kalau kamu pasti akan langganan di situ kalau dapat murah," ujar Endah, ibu 2 anak yang berprofesi guru di Yogyakarta.

7. Datanglah pagi-pagi

7 Tips jitu menawar di pasar ala ibu-ibu ini perlu kamu pelajari!foto: http://assets.tabloidnova.com

"Biasanya kalau kamu jadi pelanggan pertama, bisa dikasih murah sama pedagang," jelas Endah lagi. Nah, biasanya kalau kamu adalah pelanggan pertama, si pedagang lebih mudah memberimu harga murah karena dianggap sebagai 'penglarisan' di hari itu. Biar setelah kamu beli, dagangan mereka jadi ramai pembeli.

(brl/fen)