Brilio.net - Siapa bilang China hanya dikenal lewat tembok raksasa yang mengular. Ternyata China juga menyimpan wisata religi bagi muslim dunia. Buktinya, banyak masjid bersejarah di Negeri Tirai Bambu itu. Maklum, Islam bukanlah agama yang tergolong baru di China. Islam masuk ke China sejak zaman Dinasti Tang (618-907). Hal ini disebabkan hubungan diplomatik antara Dinasti Tang dengan kekhalifahan Islam yang dimulai pada 651 masehi.

Tak heran jika banyak pemeluk Islam di China. Saat ini pemerintah China sedang gencar menyasar turis muslim yang diantaranya menawarkan paket-paket wisata muslim. Guna lebih mudah mengundang turis muslim asing, pemerintah setempat juga mulai memberikan perhatian pada makanan halal.

Saat ini populasi umat Islam di China berkisar 28 juta jiwa yang terdiri dari banyak etnis seperti Hui, Uygur, Kazakhs, Sala dan lainnya. Tidak heran jika banyak masjid bersejarah berdiri kokoh di sana. Bahkan keberadaan masjid berusia tua bisa ditemui di sejumlah kota di China seperti Beijing, Fujian, Gansu, Guangdong, Hainan. Mau tahu beberapa masjid bersejarah di China? Berikut kisah 7 masjid bersejarah yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber.

Masjid Niujie

masjid © 2016 brilio.net

Masjid yang berdiri sejak 996 masehi ini menjadi masjid tertua di Beijing. Wisatawan yang ingin mengunjunginya bisa melakukan perjalanan ke Xuanwu, di mana masjid ini berada.

Masjid Dongsi

masjid © 2016 brilio.net

Dibangun antara tahun 1447 dan 1450. Masjid Dongsi dikenal juga dengan nama Masjid Faming dan terletak di Jalan Dongsi Nan, Distrik Dongcheng Beijing.



Masjid Qingjing

 

masjid © 2016 brilio.net

Terletak di tengah jalan Tumen, Distrik Quanzhou masjid yang juga dikenal dengan nama Ashab ini dibangun pada 1009 masehi dan merupakan masjid tertua yang berarsitektur Arab.


Masjid Huaisheng

masjid © 2016 brilio.net

Masjid yang berusia lebih dari 1.500 tahun ini berada di kawasan Yuexiu, Guangdong.


Masjid Nanguan

masjid © 2016 brilio.net

Ada sejumlah masjid di Yinchuan, Ibukota Provinsi Ningxia, namun yang paling terkenal adalah masjid Nanguan.


Masjid Tongxin

masjid © 2016 brilio.net

Ini merupakan masjid yang dibangun pada masa Dinasti Ming. Masjid ini menggabungkan antara arsitektur China dengan Arab.

Masjid Xiaotaoyuan

 

masjid © 2016 brilio.net



Ini merupakan masjid terbesar di Shanghai yang dibangun pada 1971. Bagi umat muslim yang ingin mengetahui kemegahan rumah ibadah yang dimiliki umat Islam China perlu mengunjungi masjid ini.