Brilio.net - Kamu percaya nggak sih kalau ada hewan yang mampu berjalan di atas air? Ini bukan sebuah adegan film fiksi loh, tapi di dunia nyata. Kedengarannya memang tidak mungkin. Akan tetapi para ilmuwan sudah bisa menjawabanya. Setidaknya di dunia ini ada tujuh hewan yang mampun melakukan hal tersebut. Spesies apa sajakah? Berikut daftarnya sebagaimana dihimpun oleh brilio.net dari Oddee, Senin (18/4):

 

1. Kadal basilisik

hewan berjalan  Oddee



Hewan ini sering dikenal dengan sebutan Kadal Yesus Kristus. Kenapa kok bisa seperti itu ya? Mungkin karena kemampuan yang tidak biasaa saat berjalan di atas air. Kadal jenis ini ternyata bisa berjalan dengan kecepatan 15 kaki setiap detik. Wahhh! Coba lihat aksinya di video di bawah ini:

 

2. Tokek Brazil jenis pygmy

hewan berjalan  Oddee



Tubuhnya yang mungil dari tokek ini ternyata membuat spesies ini lihai dalam berjalan di atas air. Bahkan para ahli berpendapat kemampuannya berjalan di atas air di atas rata-rata. Hewan ini berhabitat di hutan Amazon.

3. Anggang-anggang

hewan berjalan  Oddee



Serangga ini bukanlah spesies biasa. Ya karena kemampuannya berjalan di atas air. Bentuk kakinya yang seperti dayung itulah yang membuat dia bisa berjalan di atas air. Selain itu, memang sifat kakinya yang hidrofobik.

4. Fishing spider

hewan berjalan  Oddee



Mirip dengan tokek, ukuran tubuhnya yang kecil membuat spesies ini mampu berjalan di atas lain. Selain itu, laba-laba jenis ini dilengkapi dengan rambut yang sifatnya hidrofobik. Rambut inilah yang benar-benar menjaganya benar-benar kering saat di air dan bisa mengapung.

5. Lumba-lumba

hewan berjalan  Oddee



Benar nggak sih lumba-lumba bisa berjalan di atas air? Memang hal ini beda kasus dengan hewan lainnya. Berdasarkan riset dari ahli, lumba-lumba melakukan hal ini demi kesenangan pada saat sirkus, contohnya. Bukan sebagai bagian dari evolusi ataupun pertahanan diri.

6. Burung Grebe

hewan berjalan  Oddee



Baik spesies Western dan Clark dari burung ini, ternyata mampu berjalan di atas air. Uniknya, mereka melakukan hal ini saat sedang kawin. Biasanya dalam melakukan hal tersebut, mereka akan mengambil sebanyak 22 langkah di atas air. Spesies ini sebenarnya hidup di darat, mereka di air hanya untuk proses perkawinan.

7. Burung storm petrel

hewan berjalan  Oddee



Burung yang satu ini memang tidak berjalan di atas air dalalm arti sesungguhnya. Melainkan agak sedikit melayang di atas permukaan air. Memang burung ini melakukan hal tersebut untuk mencari makan.