Brilio.net - Lebaran hampir tiba, itu artinya jutaan manusia segera meninggalkan perantauannya kembali ke kampung halamannya alias mudik.

Bagi yang dari arah Jakarta dan sekitarnya menuju ke Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur, ada dua alternatif rute mudik yaitu lewat jalur pantai utara (Pantura) dan jalur pantai selatan (Pantan) yang keduanya pasti bikin capek apalagi kalau jarak yang ditempuh kelewat jauh.

Nah, ternyata di sepanjang Pantan, terdapat sejumlah tempat wisata eksotis yang menarik dikunjungi. Brilio.net, Jumat (10/7) pilihkan 7 destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi.

1. Kawah Putih Bandung

7 Destinasi wisata di sepanjang jalur Pantai Selatan
Bandung terkenal dengan suhunya yang sejuk. Buat kamu yang lelah dan kepanasan karena perjalanan jauh, bisa lah ngadem sebentar di kawah putih yang terletak sekitar 46 kilometer dari kota Bandung. Suhu di sini berkisar antara 8-22 derajat Celsius

2.Tempat wisata di Ciamis

7 Destinasi wisata di sepanjang jalur Pantai Selatan
Di Ciamis, Jawa Barat, kamu bisa pilih tempat-tempat indah yang bisa kamu kunjungi untuk melepas lelah dan menyegarkan pikiranmu. Sebut saja Pantai Pangandaran atau di Grand Canyon.

3. Baturraden, Purwokerto

7 Destinasi wisata di sepanjang jalur Pantai Selatan
Memasuki wilayah Jawa tengah, nggak ada salahnya kamu mampir ke Baturraden, Purwokerto. Tempatnya sejuk karena merupakan daerah pegunungan. Untuk yang ingin berbuka puasa, kamu bisa nyobain mendoan anget khas Banyumas lho

4. Benteng Pendem, Cilacap

7 Destinasi wisata di sepanjang jalur Pantai Selatan
Benteng peninggalan Belanda ini adalah salah satu tempat wisata andalan di Cilacap. Dinamakan Benteng Pendem karena memang benteng ini agak terkubur oleh tanah agar tidak terlihat oleh pihak musuh.

5. Pantai-pantai di sepanjang Yogyakarta

7 Destinasi wisata di sepanjang jalur Pantai Selatan
Memasuki Yogyakarta, kamu akan disuguhi pantai-pantai indah yang membentang dari Kabupaten Kulon Progo sampai puncaknya di Kabupaten Gunung Kidul yang terkenal akan keindahan pantai-pantainya. Pernah ke Pantai Indrayanti? Kalau belum, cobain deh

6. Wisata Indah di Pacitan.

7 Destinasi wisata di sepanjang jalur Pantai Selatan
Di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, kamu bisa pilih sendiri tempat-tempat indah yang bisa kamu kunjungi. Saking banyaknya tempat indah di sana, mulai dari Goa Gong, Pantai Klayar, Pantai Banyu tiban, bahkan Green Canyon versi Pacitan juga ada.

7. Kawasan Wisata Batu

7 Destinasi wisata di sepanjang jalur Pantai Selatan
Kawasan wisata Batu, Malang, merupakan tempat yang cocok untuk melepas lelah. Di sini mempunyai pemandangan alam dan tempat wisata yang indah seperti Jawa Timur Park 1 dan 2 hingga Batu Night Spectacular (BNS). Selain itu hawanya juga sejuk karena berada di pegunungan.

KLIK JUGA:

15 Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 1)

Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 2)

24 Meme skripsi yang akan membuatmu meringis

20 Rasa rindu ini hanya dimengerti kamu yang pernah tinggal di Jogja

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting

15 Hal ini pasti pernah kamu rasakan ketika merantau ke ibu kota

19 Foto bayi hewan yang menggemaskan