Brilio.net - Media sosial kini seakan menjadi nyawa kedua bagi seseorang. Rasanya nggak betah banget jika sehari saja tanpa menggunakan media sosial. Facebook, Twitter, Instagram, Path dan media sosial lainnya punya peran sendiri dalam keseharian.

Salah satu perilaku yang sering dilakukan oleh pengguna media sosial adalah mengunggah foto dirinya sendiri. Tapi ada juga orang yang enggan mengunggah foto dirinya sendiri ke media sosial. Lalu apa sebenarnya alasan yang membuat mereka enggan mengunggah foto dirinya sendiri ke media sosial?

Berikut brilio.net rangkum 7 alasan kenapa orang enggan menampilkan foto dirinya di media sosial, Rabu (17/11):

1. Kurang percaya diri

6 Sebab tak terduga temanmu ogah unggah fotonya di media sosial! foto: molto.co.id
Meskipun media sosial banyak dipakai sebagai media eksistensi diri, nyatanya nggak semua orang akan punya tingkat eksistensi diri yang sama. Merasa kurang percaya diri menjadi salah satu alasan kenapa orang ogah unggah foto diri sendiri ke media sosial.

"Bisa jadi itu terjadi karena dia merasa ada kekurangan tertentu yang membuat dirinya tak percaya diri," terang Olivia Lewi Pramesti, dosen Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

2. Trauma dengan pengalaman masa lalu

6 Sebab tak terduga temanmu ogah unggah fotonya di media sosial! foto: brilio.net/nata
Harus disadari jika mengunggah foro diri di media sosial bisa menimbulkan dampak, salah satunya bisa memicu cyber crime. Tak memandang posisi, kejahaan di media sosial bisa menimpa orang biasa maupun kalangan artis atau pejabat.

"Kejahatan di media sosial, baik yang dialami sendiri atau yang dialami temannya juga bisa membuat seseorang menjadi enggan mengunggah foto dirinya di media sosial," ungkap Olivia.

3. Tidak sepenuhnya percaya dengan media sosial

6 Sebab tak terduga temanmu ogah unggah fotonya di media sosial! foto: giphy.com
Ada kecenderungan orang tidak begitu saja percaya dengan media sosial. Menurut Olivia, orang yang tidak sepenuhnya percaya dengan media sosial menganggap apa yang ada di media sosial kebanyakan hanya tipuan dan kepura-puraan belaka. Maka dari itu, orang yang cukup idealis ini akhirnya memutuskan untuk tidak mengunggah foto dirinya di media sosial.

4. Karakter yang cenderung introvet

6 Sebab tak terduga temanmu ogah unggah fotonya di media sosial!

foto: giphy.com
Orang yang cenderung introvet atau tertutup akan merasa enggan untuk menampilkan wajah dirinya sendiri. Selain enggan untuk pamer wajah diri, orang seperti ini juga tidak ingin segala aktivitas pribadinya diketahui banyak orang.

5. Fotografer

6 Sebab tak terduga temanmu ogah unggah fotonya di media sosial! foto: radiodfm.com
sepertinya sudah menjadi karakter fotografer untuk tidak menampilkan foto dirinya. Tanpa ada aturan, hampir semua fotografer memilih mengunggah hasil jepretannya daripada dirinya sendiri. Ya, barangkali cara itulah yang menjadi media untuk menampilkan kemampuan berfotonya.

6. Karena alasan agama

6 Sebab tak terduga temanmu ogah unggah fotonya di media sosial! foto: himawanlivepage.wordpress.com
Ada juga orang yang tidak memposting foto wajahnya di media sosial karena alasan agama. Bisa jadi karena memercayai aliran agama tertentu, menampilkan foto diri itu dilarang karena dapat mengundang hasrat lawan jenis.

"Selfie atau pasang foto kata Ustaz Felix memang nggak boleh, buat jaga diri saja. Saya berani foto diri tapi harus dari jauh," terang Pratiwie (23), karyawan di perusahaan distributor di Yogyakarta.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa orang enggan mengunggah foto pribadinya ke media sosial. Kalau alasan kamu atau orang terdekatmu tak unggah foto dirinya ke media sosial apa?