Brilio.net - Di zaman modern, masih banyak masyarakat yang percaya hewan dapat membawa keberuntungan. Hewan ini dinilai membuka pintu rezeki dan menjauhkan malapetaka bagi pemiliknya. Hewan-hewan itu di antaranya, Ikan Koi, Naga, kucing dan lain sebagainya. Kamu termasuk salah satunya nggak?

Terlepas dari benar atau tidaknya hewan tersebut bisa memberi keberuntungan, brilio.net merangkum dari berbagai sumber hewan-hewan yang dianggap sebagai simbol keberuntungan, Minggu (15/11).

1. Kucing

6 Hewan keren ini diyakini membawa keberuntungan, kamu percaya?

Kamu pernah lihat patung kucing dengan salah satu kakinya bergerak maju mundur? Buat kamu patung ini rasanya sudah tak asing lagi di toko, restoran, wartel dan sebagainya. Sosok seekor kucing yang duduk tegak dengan salah satu kaki depannya terangkat bak mengajak orang mendekat.

Loading...

Di Jepang patung berbentuk kucing ini disebut Maneki Neko. Hampir semua Maneki Neko mengenakan kalung berwarna merah dengan bel kecil menggantung di bagian depannya. Sebenarnya aksesoris ini cukup umum dikenakan pada kucing-kucing peliharaan keluarga bangsawan di Zaman Edo. Selain itu, kalung merah dengan bel kecil ini juga sering menghiasi Jizo, patung-patung batu yang umumnya ditempatkan di sekitar kuil dan pemakaman dan merupakan pelindung anak-anak sakit.

2. Ikan Arwana

6 Hewan keren ini diyakini membawa keberuntungan, kamu percaya?

Kalau ngomongin Ikan Arwana jadi teringat sama pelawak papan atas Indonesia, Tukul Arwana. Ikan asli Indonesia ini dipilih masyarakat sebagai hewan peliharaan, karena selain membawa keberuntungan juga menunjukan tingkat sosial seseorang. Asal kamu tahu, ikan ini memiiki niai ekonomis yang sangat tinggi, dan hanya sedikit orang yang memeliharanya karena harganya bisa mencapai puluhan jutaan rupiah, wow.

3. Ikan Koi

6 Hewan keren ini diyakini membawa keberuntungan, kamu percaya?

Ikan Koi sudah umum di kalangan masyarakat Indonesia, selain sebagai ikan hias di rumah tentunya juga dipercaya membawa hoki buat pemiliknya. Ikan ini adalah jenis ikan karper Cyprinus carpio yang dipelihara untuk menghias rumah, berasal dari Tiongkok dan banyak tersebar di Jepang. Mereka berkerabat dekat dengan ikan mas, dan karena itu banyak orang menyebutnya ikan Mas Koi yang sebenarnya adalah Misnomer.

4. Katak

6 Hewan keren ini diyakini membawa keberuntungan, kamu percaya?

Sebagian orang mungkin tidak suka dengan katak, atau bahkan jijik melihatnya. Tapi, katak di Jepang sudah masuk dalam tradisi bagi masyarakat di sana. Bahkan, katak memiliki arti khusus bahkan istimewa bagi masyarakat di sana.

5. Tokek

6 Hewan keren ini diyakini membawa keberuntungan, kamu percaya?

Kamu tahu tokek kan, yang biasanya bersuara di malam hari. Sebagian orang percaya tokek membawa keberuntungan, asal mula tokek membawa keberuntungan bisa jadi karena hewan satu ini memiliki keunikan tersendiri baik dari corak tubuh bahkan sulitnya mendapatkan hewan satu ini.

6. Ikan Louhan

6 Hewan keren ini diyakini membawa keberuntungan, kamu percaya?

Sejak lama ikan yang satu ini identik dengan hoki, ikan yang memiliki ornamen tulisan Han di perutnya ini merupakan hewan yang memiliki nilai jual tinggi karena dianggap membawa keberuntungan. Apalagi jika memiliki corak yang sangat unik dan langka, harganya bisa melambung tinggi.