Brilio.net - Hidup sehat merupakan bagian dari tujuan hidup kita. Sebab, kesehatan itu tidak tergantikan dan sangat mahal harganya. Yang pasti kesehatan bukanlah semata-mata anugerah yang hanya didapatkan oleh orang-orang tertentu. Kesehatan adalah attitude atau tingkah laku, atau pola hidup.

Orang yang tidak gampang sakit bukan berarti dianugerahi kekuatan lebih oleh Tuhan, melainkan mereka memiliki rahasia yang bisa kita pelajari. Nah, berikut ini adalah 5 rahasia dari orang yang jarang mendapatkan sakit, sebagaimana dikutip brilio.net dari Mobilelikes, Selasa (29/9)

1. pH yang simbang

5 Rahasia dari orang yang tak pernah sakit


Mari kita ingat-ingat kembali pelajaran kimia semasa SMA. pH adalah singkatan dari potensial hidrogen. Indikator pH terbentang dari 1 sampai 14 dan pada dasarnya hanya mengukur seberapa asam atau basa suatu benda. Air berada di angka 7, artinya air terdiri dari kadar yang seimbang antara asam dan basa. Benda-benda lain yang sangat asam (mendekati angka 1) atau sangat basa (mendekati angka 14) akan sangat korosif (merusak). Itulah kenapa, tubuh kita harus selalu berada dalam kadar pH yang seimbang (berkisar di angka 7).

Dalam kenyataan, tubuh kita akan menjaga kadar pH optimum di angka 7,4 (basa netral). Tubuh kita akan mencoba dan mengatur hal ini. Sehingga, misalnya, ketika kita makan makanan tertentu yang sangat asam, tubuh kita akan mencoba dan mengembalikan keseimbangan dengan menarik mineral tertentu dari tempat lain (seperti tulang misalnya) untuk melawan keasaman.

Itu artinya, untuk mendapatkan pH tubuh yang simbang tanpa mengorbankan apa yang ada dalam tubuh, kita mesti teratur memakan makanan yang pH-nya seimbang, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

2. Hidrogen peroksida

5 Rahasia dari orang yang tak pernah sakit


Cairan ini memang bisa digunakan sebagai pemutih pakaian dan semir rambut. Tapi sebenarnya cairan ini tidak benar-benar berbahaya, kecuali jika kita menelannya. Tentu saja tergantung pada konsentrat yang kita gunakan dan spesifikasi penerapannya.

Kita bisa menggunakannya dengan mencampurkan hidrogen peroksida ke dalam bak mandi, kemudian mencelupkan kepala kita ke dalam bak mandi sembari meniup-niupkan hidung kita di dalam bak mandi itu sehingga keluar gelembung udara untuk membersihkan oksigen dalam tubuh kita.

Satu hal yang pasti, hidrogen peroksida memiliki kapasitas untuk membunuh bakteri. Cairan ini akan bekerja sebagai antiseptik. Kita bisa menggunakannya untuk banyak hal yang berbeda. Infeksi-infeksi gangren yang kebal terhadap metode pengobatan lain sering kali dapat disembuhkan dengan hidrogen peroksida ini.

Jadi ada beberapa manfaat dalam menggunakan hidrogen peroksida karena efektivitasnya melawan bakteri. Seperti penyakit jamur di kaki, infeksi sinus, luka dan gigitan, dan lain lain. Tapi sekali lagi, pastikan untuk tidak menelan itu dan kita akan baik-baik saja.

3. Mandi air dingin

5 Rahasia dari orang yang tak pernah sakit


Metode mandi air dingin ini sering dilakukan oleh tim olahraga profesional, di mana mereka turun ke pantai di tengah musim dingin mengenakan celana pendek dan berendam di dalam air. Fungsi dari metode yang menyiksa seperti ini adalah untuk mempromosikan aliran darah ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan penyembuhan supaya proses penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat terutama setelah mereka melakukan kegiatan olahraga yang berat.

Kita bisa menirunya dengan mandi air dingin di pagi hari setelah bangun tidur. Kedengarannya memang berat dilakukan, apalagi kita baru saja menyamankan diri kita dengan tidur yang hangat. Tetapi bukan ide yang buruk jika kita berani melakukannya, karena mandi air dingin di pagi hari benar-benar akan membantu kita beraktivitas seharian.

Pernapasan dalam yang terjadi ketika menyiramkan air ke tubuh kita akibat shock dingin akan membuat kita tetap hangat serta bisa melancarkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Pada gilirannya, jantung kita akan mulai berdegup lebih cepat sehingga aliran darah mendapat cukup dorongan untuk mengalir ke seluruh tubuh. Ini merupakan langkah awal dengan metode alami untuk mengembalikan energi untuk memulai hari kita.

Di samping itu, ada manfaat lain dari air dingin sebagai lawan air panas. Air panas memiliki kecenderungan untuk mengeringkan kulit kita, sedangkan air dingin akan memperkerut kutikula dan pori-pori sehingga mencegah terlalu banyak kotoran masuk ke kulit. Mandi air dingin juga dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh.

4. Diet rendah kalori

5 Rahasia dari orang yang tak pernah sakit


Diet rendah kalori secara sederhana dapat dilakukan dengan mengurangi asupan kalori dalam makanan kita sehari-hari. Kita harus senantiasa mengecek informasi nilai gizi yang tertera dalam makanan kita. Sembari kita menghitung sebarapa besar jumlah kalori atau seberapa banyak gula yang kita telah konsumsi.

Seakan sudah menjadi steriotip di dalam kebudayaan kita bahwa makanan-makanan yang memiliki rasa kuat seperti manis dan gurih adalah masakan yang enak dan wajib kita konsumsi. Memang benar, stereotip terkadang berdasarkan pada kebenaran. Tapi belakang ini kita temui bahwa pembuktian ilmiah di bidang kesehatan bahwa kalori dapat mengakibatkan diabetes dan penyakit jantung.

Menurunkan asupan kalori kita berarti kita telah menjalani hidup sehat. Sesederhana itu. Dengan cara itu kita berkesempatan menghindari penyakit jantung atau diabetes. Selain itu juga, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa menurunkan asupan kalori bahkan bisa mengurangi kesempatan untuk mengidap penyakit Alzheimer.

5. Ragi

5 Rahasia dari orang yang tak pernah sakit


Pernahkah kita mendengar sesuatu yang disebut Saccharomyces cerevisiae? Ya, itu merupakan jamur yang bersel satu yang sering digunakan dalam produksi bir. Ya, itu merupakan jamur baik yang baik bagi tubuh. Tapi tunggu dulu, jangan melompat ke kesimpulan bahwa bir sangat bagi bagi tubuh. Karena kandungan alkohol bir tentu memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh. Barangkali bir zero alkohol adalah solusi terbaik.

Ragi mengandung segala macam kebaikan mineral seperti selenium, protein, Vitamin B kompleks, dan kromium. Sementara ragi lain seperti ragi roti, ragi gizi, atau ragi torula sebenarnya sangat rendah kandungan kromiumnya. Kromium sebenarnya merupakan mineral penting yang membantu mengatur tingkat gula darah kita. Vitamin B kompleks membantu tubuh memecah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi.

Ragi diduga membantu mengurangi kolesterol. Juga kadar kromnya bermanfaat dalam sebagian penurunan berat badan. Ragi juga membantu menghilangkan jerawat, menurunkan risiko kanker kulit, juga flu biasa.