Brilio.net - Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 sudah keluar. Ada yang bersuka cita karena berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) idamannya, namun juga ada yang harus gigit jari karena tidak diterima.

Ada berbagai faktor yang membuat kamu gagal dalam mengikuti ujian masuk PTN, salah satunya berasal dari diri kamu sendiri. Berikut brilio.net kumpulkan hal-hal yang bisa membuat kamu tidak lolos dalam ujian masuk PTN dan bagaimana cara mengatasinya.

1.Sering menunda waktu belajar dan suka Sistem Kebut Semalam (SKS)

Yang namanya ujian masuk PTN itu pelajaran yang diujikan merupakan kumpulan materi dari kelas X hingga XII SMA. Hanya keajaiban yang bisa membuat kamu bisa menghafalkan materi sebanyak itu dalam semalam. Idealnya kamu harus belajar materi ujian masuk PTN sejak masuk kelas XII SMA.

2. Terlalu condong ke latihan soal tanpa memahami materi

Loading...

Ini juga kesalahan besar, jika kamu hanya mengerjakan soal saja itu jatuhnya akan ke hafalan. Kamu harus paham materi soal tersebut, karena sebenarnya soal ujian masuk PTN itu tidak banyak berubah setiap tahun, hanya angkanya saja yang dirubah, rumus dan materinya tetap sama.

3. Hanya mengerjakan soal yang menurut kamu gampang

Kamu mungkin sudah merasa paling pintar karena berhasil mengerjakan beberapa soal. Padahal tanpa kamu sadari yang kamu kerjakan itu sebenarnya soal yang gampang. Kamu tidak tahu masih banyak soal yang lebih sulit dan kamu cenderung mengabaikannya.

Solusinya kerjakan semua soal apapun itu dan jika tidak mengerti segera minta bantuan kepada orang lain yang lebih mengerti.

4. Asal-asalan dalam memilih jurusan

Memilih jurusan itu penting juga karena setiap jurusan memiliki passing grade (tingkat) masing-masing. Passing grade (Nilai kelulusan) tersebut merupakan nilai tolak ukur kemampuanmu apakah kamu bisa diterima di jurusan tersebut atau tidak. Sebagai contoh, kemampuanmu hanya berada di angka 40 tapi kamu memaksakan diri untuk masuk jurusan dengan passing grade 60, itu sama saja kamu nekat, ujung-ujungnya kamu sendiri yang rugi.

5. Terlalu menyepelekan sesuatu

Informasi mengenai jadwal pendaftaran, try out dan kesehatan mungkin sering kamu anggap sepele. Padahal itu termasuk hal krusial, gak mau dong kamu jatuh sakit saat tes karena kelelahan belajar. Selain itu hal-hal kecil seperti meminta doa restu ke orangtua dan beramal bisa menjadi nilai positif kamu untuk tenang selama mengerjakan sesuatu.