Brilio.net - Keangkeran selalu menjadi cerita misteri di tengah masyarakat. Bahkan tiap-tiap sudut tempat selalu menyisakan cerita-cerita kelenik yang dipercayai oleh masyarakat sekitarnya. Memang, karena budaya Timur mengajarkan kita untuk menghargai alam non inderawi manusia. Mereka dianggap sama seperti kita, memiliki sosialitas dan tempat tinggal. Bahkan, mereka dipercaya juga bisa berinteraksi dengan kita.

Lingkungan kita selalu terdapat tempat-tempat yang identik dengan tempat bersemayam makhluk dari alam non inderawi tadi. Apa saja tempat-tempat identik angker itu, berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/12).

1. Kuburan

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Praktis, secara sepontan kita akan menganggap bahwa kuburan adalah tempat yang angker. Bagaimana tidak, kuburan adalah tempat dipendamnya jasad-jasad manusia yang telah meninggal. Jasad yang dipendam adalah badani, sedangkan ruhaninya dipercaya masih hidup di alam non inderawi. Sehingga kuburan dianggap sarangnya ruh-ruh dari manusia yang telah meninggal tadi.

Loading...

Salah satu warga yang mengontrak rumah bersama teman-temannya di dekat kuburan, Sarifa (21), mengaku seringkali dirinya mendengar suara-suara tangis dan tawa di sekitar kuburan. Selain itu sering pula embusan angin yang cukup kencang seakan berasal dari daerah kuburan.

2. Rumah kosong

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Rumah yang tidak berpenghuni juga menyisakan anggapan bahwa rumah tersebut angker. Kita menduga-duga bahwa dahulu penghuninya pergi lantaran di rumah tersebut sering diganggu makhluk halus. Atau, kita menduga bahwa rumah tersebut bekas terjadinya kejahatan kriminal seperti perampokan atau pembunuhan. Anggapan-anggapan ini semakin mempertakut diri kita dan semakin kuat pikiran kita untuk mengatakan bahwa tempat ini identik angker.

Salah seorang warga yang rumahnya di kampung berdekatan dengan rumah kosong, Angga (26), mengaku tidak pernah berani untuk mengunjungi tempat tersebut dari sore sampai pagi hari.

3. Bangunan kuno

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Bangunan lama tidak selalu tidak berpenghuni. Bangunan lama bisa jadi karena peninggalan kuno atau memang desain yang sengaja dipadankan dengan desain kuno. Kesannya tentu saja angker sebab hal itu mengasosiasikan bangunan kuno tersebut memiliki sejarah panjang. Kesan historisitas ini yang memunculkan prasangka paranoid.

Yuni (26) yang ngekos di salah satu bangunan yang desainnya khas bangunan Belanda mengaku agak takut untuk pergi ke kamar mandi di waktu malam hari. "Radak ngeri," ujarnya kepada brilio.net Rabu (16/12).

4. Pohon beringin

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Pohon apa yang sangat rindang, memiliki akar besar yang bisa merembet jauh, dan batang yang cukup kuat dan terkesan berisi, kalau bukan pohon beringin. Pohon ini selain dianggap sebagai lambang kesejahteraan, juga dianggap sebagai lambang keangkeran. Lho bagaimana bisa? Sebab pohon ini ketika sudah berusia sangat lama, saking teduhnya bisa kelihatan gahar dan ngeri. Apalagi pohon ini juga banyak ditumbuhi tumbuhan merambat juga di batang-batangnya.

5. Jembatan

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Konon dulunya, masyarakat Jawa percaya bahwa setiap jembatan itu butuh tumbal untuk menjaga kekuatan konstruksinya. Sehingga dulu orang meninggal yang akibat kecelakaan di jembatan dianggap sebagai tumbal dari jemabatan itu. Itulah mengapa jembatan dianggap sangat angker. Jembatan juga pernah dijadikan judul film bergenre horor untuk mengasosiasikan keangkeran, seperti Si Manis Jembatan Ancol.

6. Gedung sekolah atau kampus

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Gedung sekolah atau kampus juga tidak kalah mengerikan. Gedung sekolah dan kampus identik dengan tempat yang luas dan berada di pinggiran masyarakat. Sekolah atau kampus juga merupakan bangunan yang cukup lama bertahan, sehingga memiliki historisitas. Di sana banyak juga sudut-sudut yang remang dan sering dijadikan sebagai tempat melanggar aturan, seperti ngumpet ketika bolos jam pelajaran atau bahkan merokok. Toiletnya juga sering terlihat kotor karena sering dipakai banyak orang. Pemandangan ini ketika malam hari akan semakin bertambah mengerikan. Dan itulah mengapa di sekolahan atau kampus selalu memiliki legenda angker masing-masing.

Cendana (22) seorang mahasiswa salah satu kampus negeri di Jogja mengaku dirinya sering mendapati penampakan yang aneh ketika berkegiatan di kampus saat malam hari. "Di lantai 2 sering terdengar bunyi-bunyian langkah sepatu," ujar dia kepada brilio.net Rabu (16/12).

7. Perkebunan

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Perkebunan juga sering diidentikkan dengan tempat-tempat angker. Banyak masyarakat yang masih menganggap bahwa kebun baik di siang maupun malam kerap dijadikan pos-pos pembegalan orang-orang yang melintas menggunakan kendaraan bermotor. Banyak pula korban begal yang mati disabet benda-benda tajam. Selain begal, kebun juga sering dijadikan tempat perkosaan yang juga berakhir pembenuhan. Sangat wajar jika mesyarakat menganggap bahwa arwah dari korban-korban itu tidak terima dan terus gentayangan di sekitar kebun itu.

8. Pabrik

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Pabrik juga banyak dianggap angker karena tempat semula yang kemudian dibangun pabrik adalah alas atau kebun yang cukup luas dan dianggap sebagai sarang makhluk halus. Sehingga para hantu itu tidak terima dan akan terus menghantui. Banyak pula anggapan bahwa kecelakaan kerja di pabrik adalah tumbal dari makhluk-makhluk halus yang terusik adanya pabrik. Arwah dari korban kecelakaan kerja itu juga akan gentayangan. Hal ini semakin menambah komposisi angkernya pabrik saja.

Niam (23), salah satu karyawan sering mendengar mitos-mitos angker di pabrik kayu tempat ia bekerja. Mitosnya, dipabrik itu sering dijumpai orang yan sangat pendiam dan selalu bekerja setiap larut malam. Ia menghormatinya meskipun belum pernah menjumpainya sendiri. "Aku yang penting berhati-hati dan selalu berdoa aja," terangnya kepada brilio.net Rabu (16/12).

9. Stasiun dan terminal

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Salah satu tempat umum yang angker adalah stasiun. Stasiun lebih sering diasosiasikan sebagai tempat angker dibanding tempat pemberhentian kendaan umum lain. Dahulu kala, pada masa kolonial, masyarakat jawa dipaksa secara ganas untuk mengerjakan rel spanjang jawa untuk keperluan tambang dan transportasi. Banyak dari mereka yang kemudian meninggal karena siksaan dan kelelahan. Sejarah ini sekarang menjadi stigma bahwa stasiun adalah tempat angker yang telah menelan banyak korban.

Selain stasiun, beberapa terminal juga tempat angker. Terutama terminal-terminal yang hanya beroperasi di pagi hingga sore hari. Malam harinya terasa mencekam karena sepi. Di beberapa terminal juga sering terjadi tindak kriminal, seperti pencopetan, perkelahian, perkosaan, bahkan pembunuhan. Wajar saja jika tempat ini sering dianggap angker.

10. Rumah sakit

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Ada salah satu tempat di rumah sakit yang dirasa sangat mengerikan, yaitu kamar jenazah. Kamar jenazah adalah tempat di mana jasad-jasad meninggal di rumah sakit yang belum teridentifikasi di simpan untuk sementara. Belum lagi ruang-ruang pasien yang sebelumnya ada pasien yang meninggal di sana. Jelas sekali bahwa rumah sakit identik dengan tempat mengerikan.

11. Hotel

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Sama seperti bangunan mengerikan lain, hotel juga banyak menyimpan mitos angker. Kita sama-sama telah mendengar mitos yang mengatakan bahwa ruang dengan angka 13 di hotel adalah tempat angker. Bahkan beberapa hotel sengaja melewatkan angka 13 dalam urutan kamarnya, untuk menghindari stigma keangkeran di hotel.

Beberapa bulan lalu, Junaidi (52), mengaku pernah dihantui di salah satu hotel dekat stasiun di Cirebon. Penampakan manusia tanpa ekspresi, suara-suara klakson mobil, dan suara orang bersenda gurau ia alami dengan inderanya sendiri. "Kalau nggak percaya coba buktikan sendiri," pungkas dia kepada brilio.net melalui layanan story telling, Sabtu (21/11).

12. Sungai

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Sudah banya manusia meninggal karena tenggelam di sungai. Selain sungai memiliki potensi membahayakan seperti banjir dan longsor, beberapa subbudaya di Indonesia juga masih banyak menganggap sungai sebagai tempat sakral. Layaknya masyarakat pagan Mesir dan India yang menganggap sakral sungai Nil dan Gangga. Sakral karena dipercaya ada penghuni atau penjaganya, oleh sebab itu tempat ini layak diidentikkan sebagai tempat yang angker.

"Sungai adalah misteri yang tidak pernah selesai ditaklukan manusia, kita hanya bagian kecil dari sefase aliran yang lalu dan kemudian disusul aliran baru yang lain," kata pecinta olahraga arung jeram Nathanael (26) kepada brilio.net, Rabu (16/12).

13. Pantai

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Tradisi pesisir sangat menghargai dan menghormati keberadaan pantai. Selain pantai adalah sumber mata pencaharian, pantai juga memendam potensi energi yang bisa membahayakan manusia. Seretan ombak yang terlalu kuat untuk ditaklukan, bahkan terpaan badai tsunami yang banyak menelan korban manusia. Di Pantai Parangtritis Jogja, terdapat salah satu legenda pantai yang masih ramai dipercayai, yaitu legenda Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong. Di kedalaman samudera terdapat kerajaan jin yang menjaga kesakralan pantai. Pada periode-periode tertentu, di pantai tersebut sering diadakan ritual untuk tujuan melestarikan pantai dan menjaga keamanan masyarakat.

14. Goa

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Tempat yang menjurus ke dalam perut bumi ini sepanjang sejarah umat manusia selalu diposisikan sebagai tempat yang penuh misteri. Di samping sebagai tempat mengamankan diri, goa adalah tempat untuk bertapa menghindari dari hiruk pikuk dunia. Indonesia memiliki ratusan ribu bahkan jutaan goa. Goa-goa itu selalu disakralkan oleh masyarakat sekitarnya. Beberapa goa juga merupakan tempat pembuangan jasad-jasad pembunuhan.

15. Mal

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Keramaian mal bukan berarti tidak menyimpan mitos mistik. Mal memiliki banyak ruang-ruang yang ketika malam hari akan sangat sepi. Bangunan yang besar ketika sepi akan terkesan menyeramkan. Ditambah lagi ada banyak kasus orang bunuh diri di mal.

16. Sumur

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Lobang kecil yang bertujuan untuk menembus sumber air di perut bumi ini merupakan tempat yang sempurna untuk menyembunyikan kejahatan. Di masa kolonial dan awal pemerintahan negeri ini, sumur sering dijadikan sebagai tempat pembuangan jenazah yang telah dibunuh. Fakta ini memperkuat kesan menyeramkan dari sumur.

17. Gunung dan hutan

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Gunung dan hutan adalah satu paket yang menyimpan banyak kisah misteri. Banyak kisah meninggalnya pendaki karena dibingungkan dan dibutakan penglihatannya oleh makhluk halus. Di Jawa, gunung diibaratkan pusat kerajaan makhluk halus. Beberapa jalur pendakian diabadikan dengan nama pasar setan atau jembatan setan, sebab keangkeran tempat tersebut.

Bagas (21), seorang penggiat alam mengaku setiap kali berkegiatan di gunung diperlukan tata kerama yang baik dan menghormati kearifan lokal setempat. "Supaya kegiatan kita lancar tanpa gangguan dari penghuni lain di sana," tuturnya kepada brilio.net Rabu (16/12).

18. Gedung perkantoran

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Berikutnya ada gedung perkantoran. Praktis, kebanyakan gedung perkantoran beroperasi sesuai jam kerja, yakni pagi hingga petang. Selepas itu gedung tersebut akan tampak sepi dan hanya dijaga beberapa orang saja.

Salah satu pegawai kantoran, Gufron (26), mengaku sering melihat beberapa penampakan di kantornya ketika malam hari. "Seperti suara anak kecil sedang bermain, kadang juga sosok perempuan berbaju putih dan berambut panjang."

19. Jalan tol dan terowongan

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Sering terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan tol dan terowongan. Kecelakaan tersebut disebabkan kelalaian pengendara, namun ada juga yang memiliki cerita lain dari penyebab kecelakaan-kecelakaan itu. Di antaranya adalah dibuat pandangan meleng, melihat bayangan melintas, seolah-olah menghindari sesuatu padahal kosong.

Alfan (23), salah seorang pengendara yang pernah mengalami kecelakaan di jalan tol mengaku masih percaya bahwa beberapa jalanan itu ada penghuninya.

20. Mobil ambulans dan keranda jenazah

20 Tempat ini identik dengan kemunculan hantu, kamu pernah mengalami?

Mobil ambulans juga terkesan menyeramkan sebab sering digunakan sebagai pengangkut jenazah. Selain itu, tentu saja, keranda jenazah. Di beberapa daerah, keranda jenazah di letakkan di masjid-masjid sehingga ketika malam hari banyak penduduk mengaku melihat hal-hal aneh dari keranda tersebut.