Brilio.net - Banyak cerita deh kalau ngomongin aktivitas masyarakat di jalanan Indonesia. Contoh kondisi lalu lintas. Mobil-mobil parkir sembarangan di sana-sini, angkot ngetem di tengah jalan, belum lagi pengguna motor yang suka selonong boy di jalanan.

Ditambah lagi yang suka melanggar peraturan lalu lintas tuh, kalau nggak jadinya macet yaudah kecelakaan deh! Keki kan jadinya? Kapan sih orang Indonesia bisa punya kesadaran untuk tertib di jalanan?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (23/10), berikut ini 18 kesalahan yang orang Indonesia harus berhenti melakukannya waktu di jalan mulai dari sekarang!

1. Buang sampah di tengah jalan. Tahu kan ada penemuan revolusioner yang diberi nama tempat sampah?

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

2. Meludah sembarangan. Iyuh, ntar kalau nginjek ludah orang baru kapok deh!

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

3. Nyetir pelan kayak siput. Oh plis?!

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

4. Motongnya nggak kira-kira,, jek! Makanya nggak heran banyak banget kecelakaan, belum lagi macet. Duh!

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

5. Lampu kuning = gas poollll!  Nah, kebiasaan banget nih!

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

6. Nyetir sambil main HP.

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

7. Nyetir di tengah-tengah. Ini mau ke kanan apa ke kiri sih sebenarnya?

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

8. Nggak pakai sabuk pengaman. Hellow??

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

9. Nembak sim. Hmm.., ya gitu deh!

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

10. Nyetir pelan... tapi di jalur kanan. Lha, ini sih nggak tahu diri

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

11. Nyalip mobil dari bahu jalan. Ujung-ujungnya motong sembarangan...

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

12. Lampu merah tetap ngeloyor. Kelar cerita!

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

13. Naik motor di atas trotoar. Sabar napa? Nggak bisa ngantri/nunggu lampu merah?

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

14. Nyeberang bukan di zebra cross atau tangga penyeberangan. Duh, plis deh!

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

15. Nggak pernah pakai lampu sein kalau mau belok. Menurut ngana???

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

16. Ada juga yang seinnya ke kanan, eh malah beloknya ke kiri. Kelar!

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

17. Ngobrol antara sesama pengguna motor. Duh, pinggirin motornya aja bisa lho kalau mau curhat...

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

18. Nggak pakai helm saat naik motor. Ya dikira nyawa ada 10 biji apa ya?

18 Kesalahan orang Indonesia di jalanan yang mesti diinsyafi

(brl/swh)