Brilio.net - Mendikbud Anies Baswedan pernah mengungkapkan keindahan Yogyakarta. Dia menilai Kota Gudeg ini memiliki sesuatu tak dimiliki kota lain. "Setiap sudut Jogja itu romantis," kata Anies Baswedan beberapa waktu lalu.

Suasana masyarakat yang istimewa ditambah dengan kebudayaan yang kental membuat orang dengan mudahnya jatuh cinta dengan Yogyakarta. Keindahan Yogya pun bisa dinikmati lewat wisata budaya, sejarah, kuliner bahkan wisata belanja.

Namun, jika ingin merasakan romantisnya Yogyakarta dengan cara berbeda, kamu bisa menikmati dari ketinggian lho. Berikut rekomendasi brilio.net lokasi yang bakal menyuguhkan romantisme di Yogyakarta?

1. Puncak Nglanggeran

foto: brilio.net/Fadila Adelin

Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gunung dengan ketinggian 700 mdpl tersebut dengan mudah bisa kamu daki, bahkan untuk kamu yang bukan seorang pendaki.

"Untuk mendaki saya cuma butuh satu jam, turunnya bisa lebih cepat paling cuma setengah jam," ujar Yoga salah satu penikmat Gunung Nglanggeran.

2. Embung Sriten

foto: brilio.net/Fadila Adelin

Embung Sriten merupakan waduk buatan dengan lokasi tertinggi di Yogyakarta, yaitu 896 mdpl. Tapi kamu tidak usah khawatir karena untuk mencapai puncaknya kamu bisa menggunakan motor atau mobil hingga sampai parkiran. Dari atas kamu bisa melihat indahnya pemandangan Yogyakarta dan sekitarnya.

3. Kalibiru

foto: wisatayogyakarta.com

Kalibiru adalah wisata yang saat ini sedang booming di Yogya, terletak di Kabupaten Kulonprogo. Wisata yang paling hits dan diminati adalah berfoto di atas rumah pohon dengan latar belakang bukit-bukit serta Waduk Sermo dari ketinggian. Keren abis! Tapi kamu harus siap mengantre ya, karena biasanya sangat ramai apalagi saat weekend.

4. Puncak Becici

foto: brilio.net/Fadila Adelin

Mirip dengan Kalibiru, Puncak Becici juga menawarkan pemandangan keren dari atas rumah pohon. Bedanya Puncak Becici memiliki tiga rumah pohon yang bisa kamu panjat. Terletak di daerah Dlingo, Bantul, wisata ini bisa kamu jadikan alternatif untuk menikmati Yogyakarta dari ketinggian.

5. Bukit Bintang

foto: brilio.net/Fadila Adelin

Bukit Bintang sebenarnya terletak di perbatasan antara Bantul dan Gunungkidul. Bukit Bintang ini juga merupakan salah satu wisata malam yang diminati di Yogyakarta. Dari atas sana kamu bisa menikmati jagung bakar atau roti bakar sambil melihat kerlap-kerlip lampu malam Yogyakarta.


6. Suroloyo

foto: pegipegi.com

Puncak Suroloyo ini terletak di Kulonprogo. Puncak ini terkenal dengan keindahan sunrise-nya. Di pendopo yang sudah disediakan kamu bisa melihat keindahan Kabupaten Kulonprogo dari sela-sela kabut yang menghiasi langit Suroloyo.

7. Mangunan

foto: swaragamafm.com

Mangunan ini sebenarnya adalah kebun buah yang terletak di Bantul. Lokasi ini lebih populer dikunjungi karena gardu pandangnya yang menghadirkan pemandangan indah Sungai Oya yang berkelok.

2 dari 2 halaman


8. Candi Ijo

foto: brilio.net/Tony Febrianto

Candi yang terletak di Kabupaten Sleman ini merupakan candi tertinggi di Yogyakarta. Selain candinya yang indah berada di tanah berumput hijau, dari kawasan Candi Ijo juga menawarkan pemandangan indah Kota Yogyakarta. Biasanya para muda-mudi menghabiskan waktu menikmati sunset di candi ini.

9. Gunung Kukusan

foto: brilio.net/Fadila Adelin

Secara administratif Gunung Kukusan termasuk di Kabupaten Magelang. Namun banyak orang mengunjungi tempat ini lewat Kebun Teh Nglingo di daerah Kulonprogo. Kalau cuaca sedang cerah kamu bisa memandang Yogya dan sekitarnya dari puncaknya. Kamu bahkan bisa melihat delapan puncak gunung di Jawa Tengah lho!

10. Watulumbung
 

foto: brilio.net/Fadila Adelin

Watulumbung ini sebenarnya adalah nama sebuah tempat dengan wisata kafe bambu yang berada di perbukitan di daerah Kretek, Bantul. Di sana banyak berjejer kafe dengan interior bambu, kamu bisa mengunjungi salah satunya dan menikmati kopi sambil memandang sunset dari ketinggian.

11. Bukit Parangendog

foto: brilio.net/Fadila Adelin

Kalau merasa Parangtritis sudah terlalu mainstream, tidak ada salahnya kamu mengunjungi Bukit Parangendog yang lokasinya tidak jauh dari Parangtritis. Dari atas bukit ini kamu bisa melihat magisnya deburan ombak pantai selatan tersebut.

12. Pulau Cemeti

foto: brilio.net/Fadila Adelin

Pulau Cemeti sebenarnya adalah bagian dari wisata Taman Sari. Di reruntuhan bangunan ini kamu bisa melihat suasana Kota Yogya dari ketinggian. Dari ketinggian itu kamu bisa melihat dengan jelas suasana jalanan Yogyakarta yang mulai padat kendaraan.

13. Abhayagiri

foto: tripadvisor.com

Kalau berniat mengunjungi Abhayagiri artinya kamu harus menyiapkan kocek yang lebih, karena tempat ini adalah sebuah restoran yang terletak di daerah Prambanan. Restoran yang berada di ketinggian ini memang menawarkan suasana yang indah dan romantis khususnya jika kamu mengunjungi saat malam hari.

14. Ratu Boko

foto: brilio.net/Ahada Ramadhana

Masih di sekitar Prambanan, kamu bisa mengunjungi reruntuhan Istana Ratu Boko. Dari atas sana kamu bisa melihat pemandangan Yogya yang indah khususnya saat sunset tiba.

15. Embung Nglanggeran

foto: brilio.net/Fadila Adelin

Selain Puncak Nglanggeran, masih ada embung di kawasan yang sama. Walaupun tidak setinggi puncak Nglanggeran, dari embung ini kamu bisa mendapat pemandangan yang menakjubkan lho! Apalagi kalau kamu datang pada saat sunset, pantulan cahaya matahari di atas air embung akan membuatmu terpesona.