Brilio.net - Indonesia itu kaya, termasuk makanannya. Setuju, guys? Tapi ada makanan yang hanya sedap kalau dibungkus atau dimasak menggunakan daun. Kira-kira makanan apa saja, ya?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (9/9), berikut daftar makanan dibungkus atau dimasak dengan daun yang bakal bikin kamu menelan ludah kuat-kuat. Siap-siap, guys!

1. Lontong

Siapa yang tak tahu lontong? Makanan ini bisa dijadikan pengganti nasi. Lontong berbahan dasar beras ini dibungkus daun pisang dan dikukus di atas air mendidih selama beberapa jam. Banyak sajian menu menggunakan lontong, ada lontong sayur, lontong balap, sampai dijadikan campuran di dalam rujak cingur atau soto.

2. Ketupat

Ketupat memiliki tekstur dan rasa mirip lontong, hanya saja dibungkus dengan daun kelapa muda yang dianyam. Ketupat sering hadir saat peringatan hari raya Idul Fitri umat Islam. Namun tak jarang ada yang menjualnya sehari-hari, misalnya di Yogyakarta, yang dijadikan menu ketupat sayur, yaitu ketupat dan sayur lodeh nangka muda atau gori.

3. Pepes

Pepes merupakan menu favorit di masyarakat Indonesia, mulai dari pepes nasi, ayam, teri, ikan, bahkan jamur. Pepes sendiri merupakan istilah untuk teknik memasak makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang, tentunya setelah makanan itu dicampur bumbu khusus. Aroma olahan bahan pepes dan daun pisang bercampur jadi satu, membuat kamu tak bisa menahan lapar sedikit pun!

4. Kue atau jajanan tradisional

Banyak sekali kue tradisional Indonesia yang dibungkus menggunakan daun. Mulai daun pisang seperi nagasari (dari masyarakat Jawa pada umumnya), barongko (Sulawesi Selatan) arem-arem (area Jawa Timur dari Madiun, Magetan, Ngawi, dan area Jawa Tengah seperti Solo, dan Yogyakarta), serabi solo (Solo, Jawa Tengah), getuk pisang (Kediri, Jawa Timur), lemper (sebagian besar masyarakat Jawa), dan sebagainya.

Kemudian ada yang dibungkus daun jagung kering (klobot), yaitu wajik kletik (Blitar, Jawa Timur). Ada pula kue clorot dari Purworejo (Jawa Tengah) yang dibungkus daun kelapa muda, yang dibentuk seperti cone es krim. Kamu bisa menemui semua ini di pasar tradisional atau toko-toko kue yang menyediakan jajanan tradisional, guys.

5. Pecel

Makanan khas dari Kediri, Blitar, Madiun, dan Ponorogo (semuanya berada di Jawa Timur) ini, memang menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Bumbu kacang khasnya, lauk-pauknya termasuk rempeyek, sayuran segarnya, plus wadah daun pisang yang dibentuk kerucut atau pincuk, menjadi penggugah selera makan banyak orang. Mungkin kamu juga?


2 dari 3 halaman


6. Tempe

Kalau kamu pergi ke pasar membeli tempe, coba deh, kamu bandingkan kemasan tempe yang dibungkus plastik dengan yang dibungkus daun. Lebih menggoda mana? Sekalipun terkesan lebih higienis yang dibalut plastik, tempe dengan daun pisang atau bahkan daun jati, lebih sedap lho, aromanya. Cobain deh, kalau tak percaya!

7. Gudeg

Makanan khas Yogyakarta ini memang paling mantap kalau disajikan dengan wadah daun pisang. Perpaduan rasa gudeg yang gurih dan enak dengan aroma daun pisang, menambah cita rasa dan mendongkrak hasrat orang untuk segera menyantapnya. Cobain gih, guys!

8. Nasi bakar

Walaupun terdengar aneh, faktanya beberapa waktu belakang menu ini menjadi favorit banyak orang. Nasi bakar merupakan nasi yang sudah dicampur dengan sayuran dan daging ayam yang telah diolah sendiri sebelumnya. kemudian dibungkus mirip lontong dan  dipanggang. Aromanya guys ... harum! Kamu pasti menelan air liur kuat-kuat, deh!

9. Nasi/ sego jamblang

Jenis menu ini berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Menu yang sudah ada semenjak zaman penjajahan Belanda ini, biasanya tersedia disertai sambal goreng, semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar, dan sebagainya. Lebih khasnya lagi, sego jamblang disajikan di atas daun jati. Mengapa daun jati? Sebab kalau dibungkus daun pisang kurang bisa bertahan lama. Daun jati memiliki pori-pori yang bisa membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

10. Burasa

Kalau lontong dan ketupat terasa tawar seperti nasi, maka burasa rasanya lebih gurih dan beraroma khas. Makanan yang juga dibungkus daun pisang lalu diikat tali ini, sering disajikan saat hari raya Idul Fitri umat muslim di Sulawesi Selatan. Penyajiannya bisa bersama opor atau coto Makassar.

3 dari 3 halaman


11. Nasi Kucing

Kamu yang asli Yogyakarta atau pernah mampir ke kota ini, pasti tahu nasi atau sego kucing. Porsinya yang sekepal tangan orang dewasa dan berlauk sambal teri inilah yang disebut-sebut menjadi dasar namanya. Nah, nasi ini juga dibungkus daun pisang. Aromanya lebih khas. Kamu pasti bisa membayangkan kenikmatan nasi kucing deh, guys! Buruan cobain beserta lauk gorengan seperti sate usus, sate telur puyuh, ceker ayam, atau tempe tepung.

12. Nasi Jinggo

Ada nasi kucing di Yogyakarta, ada nasi jinggo di Bali. Nasi jinggo mungkin lebih "meriah" dibandingkan nasi kucing. Sama-sama murah dan merakyat, nasi jinggo yang dibungkus atau disajikan di atas daun pisang dilengkapi dengan sambal goreng, tempe, serundeng, dan ayam suwir. Tapi perlu kamu tahu, guys, nasi jinggo biasanya juga menjadi hidangan dalam upara religius seperti ngaben, yaitu upacara umat Hindu di Bali yang tergolong upacara Pitra Yadnya (upacara yang ditunjukkan kepada Leluhur). Hmmm ..., tampaknya menggoda lidah dan perut banget ya, guys!

13. Buntil

Buntil merupakan makanan tradisional di masyarakat Jawa yang berisi parutan kelapa dicampur teri dan bumbu-bumbu, kemudian 'dibungkus' daun pepaya. Setelahnya direbus di dalam santan. Menu yang bisa disantap 'isi' dan 'bungkus'nya ini cocok untuk lauk makan siang kamu, lho.

14. Tapai

Tapai adalah makanan yang dibaut dari singkong atau bisa juga dari beras ketan yang direbus kemudian diberi ragi, dan dibiarkan semalam atau bisa lebih hingga 'matang'. Dalam proses pembuatannya, tapai menggunakan daun pisang. Tapai ini selain bisa dimakan langsung, juga bisa dibuat campuran es campur, lho. Segarrrr ....

15. Bothok

Jenis lauk satu ini terkenal di masyarakat Indonesia. Dapat dikatakan, bothok mirip proses pembuatan pepes, yakni sama-sama dikukus dan dibungkus daun pisang. Hanya saja isinya lebih berisi bahan-bahan dasar dari sayuran, misalnya bothok tempe dan tahun bercampur petai cina, atau bothok daun sembukan. Tapi ada juga yang menggunakan udang sebagai campuran dalam bothok. Pembeda bothok dari pepes adalah campuran parutan kelapa muda, guys. Hmmm ... makan siang kapan, ya? Pasti kamu buru-buru berburu bothok, deh!

Kalau kamu, ada makanan favorit yang berbungkus atau dimasak dengan daun?