Brilio.net - Beruntungnya bagi cewek-cewek yang punya jadwal menstruasi yang teratur, yaitu 28 hari. Berbeda dengan cewek-cewek yang memiliki jadwal 'bulanan' nggak lancar atau nggak teratur, kadang 30 hari bahkan sampai 2 bulan sekali. Padahal normalnya bulanan adalah 28 hari sekali.

Jika kamu termasuk cewek dengan jadwal bulanan yang berantakan, maka 13 hal ini pasti pernah kamu rasakan seperti dilansir brilio.net dari Lifehacks, Selasa (17/11):

1. Sulit membuat rencana

foto: giphy.com
Saat punya rencana untuk camping bareng sahabat atau naik gunung bareng, kamu jadi sering merasa ragu dan was-was. Jangan-jangan 'tamumu' akan datang pas kamu sedang liburan. Makanya kamu selalu siap membawa bekal ketika hendak liburan outdoor.

2. Mengalami kelelahan

foto: giphy.com
Ketidakseimbangan hormon dan jadwal bulanan yang lebih panjang membuat bebanmu juga meningkat. Kamu kadang akan merasa cepat kelelahan dan seperti merasakan PMS setiap hari.

3. Lebih beresiko kanker

foto: http://www.ekrhp.com
Jika bulananmu selalu hadir 3 bulan sekali bahkan lebih, sebaiknya kamu bisa periksa ke dokter. Hal itu untuk mengecek dan memastikan kondisi rahim, kesehatan 'miss V' dan kondisi badanmu.

4. Bisa juga berpengaruh pada kesuburan

foto: http://ak-hdl.buzzfed.com
Selain lebih beresiko kanker, cewek dengan jadwal bulanan nggak teratur bisa jadi mempengaruhi kesuburan setelah menikah. Masalah kesuburan nantinya akan berpengaruh terhadap kehamilan.

5. Kehidupan seks juga terganggu

foto: giphy.com
Kamu bisa jadi 3 bulan sekali mengalami mens, dan biasanya juga periodenya menjadi lebih lama. Jika mens yang normal cuma 5-7 hari, kamu yang haidnya tidak lancar bisa lebih dari 10 hari. Belum lagi kram perut dan nyeri yang kamu rasakan. Tentu saja ini juga akan berpengaruh ke kehidupan seks kamu setelah menikah nanti.

6. Sering 'bocor'

foto: giphy.com
Saking nggak bisa di deteksi kehadirannya, kamu juga sering lalai untuk mempersiapkan pembalut. Nggak jarang pula bulananmu tiba-tiba datang disaat tak terduga.

2 dari 2 halaman



7. Perubahan suasana hati

foto: giphy.com
Kamu akan menjadi lebih moody dibanding cewek lain dengan jadwal bulanan yang teratur. Karena ketidakstabilan hormon, suasana hati dan emosi kamu mudah sekali berubah.

8. Bisa jadi gejala penyakit lain

foto: www.ahligizi.info
Masalah haid yang tidak lancar justru akan menutupi gejala masalah kesehatan lain seperti gangguan tiroid, sindrom ovarium, kista atau polip di rahim. Makanya, sebaiknya kamu segera periksakan ke dokter jika mengalami haid yang tidak teratur.

9. Kamu sudah sering melakukan pengobatan

foto: http://fajar.co.id
Meskipun sudah sering berkonsultasi ke dokter, kamu merasa belum sepenuhnya lega. Hal itu karena masalah ketidakteraturan ini masih berulang lagi dan lagi.

10. Bahkan ke pengobatan alternatif

foto: giphy.com
Kamu pun akan menerima banyak nasihat dari orangtua atau saudara seputar cara alami melancarkan haid. Dan kamu pun pasti pernah mencoba untuk datang ke pengobatan alternatif.

11. Sering merasa stres

foto: cdn1.lockerdome.com
Stres benar-benar bisa mengganggu hidup kamu. Hormon yang nggak stabil, suasana hati yang tak menentu sering bikin kamu stres sendiri.

12. Jadi abai sama tanda menstruasi


foto: giphy.com
Kamu sering merasakan PMS namun setelah ditunggu-tungu ternyata haid pun nggak kunjung datang. Akhirnya kamu menjadi sering mengabaikan tanda-tanda bulanan lagi.

13. Lebih beresiko anemia

foto: giphy.com
Jika terlalu sering menstruasi tidak lancar atau sekali menstruasi periodenya lebih lama bisa membuat tubuh kamu kehilangan sel-sel darah merah. Sehingga kamu lebih rentan terkena anemia.

(brl/fen)