Brilio.net - Industri penerbangan Indonesia di awal tahun 2016 harus menerima kenyataan pahit berada di deretan daftar maskapai penerbangan dengan kategori tingkat keamanan yang sangat buruk. Pada tahun 2015, berbagai masalah penerbangan memang dihadapi Indonesia mulai dari penundaan penerbangan karena bencana alam seperti erupsi gunung berapi, pelayanan maskapai yang tidak sesuai jadwal hingga koper penumpang yang dibongkar paksa.

Survei yang dilakukan AirlineRatings memang sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat, hal ini dikarenakan hasil survei memperlihatkan 10 maskapai tidak aman di dunia, bahkan 9 di antaranya berasal dari Indonesia.

Seperti dilansir brilio.net dari Independent, berikut 10 maskapai yang masuk kategori sebagai maskapai paling tidak aman di dunia, Kamis (7/1):

1. Batik Air

2. Bluewing Airlines

Loading...

3. Citilink Aviation

4. Kal-Star

5. Lion Air

6. Sriwijaya Air

7. TransNusa

8. Trigana Air Service

9. Wings Air

10. Xpress Air

Dari 10 maskapai yang paling tidak aman di dunia, hanya Bluewing Airlines yang tidak berasal dari Indonesia. Survei yang dilakukan AirlineRatings ini dilakukan dari 407 maskapai yang ada diseluruh dunia.

Berbagai faktor yang dinilai di antaranya sertifikasi keamanan dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional, catatan kecelakaan serta skandal keamanan yang pernah dialami maskapai tersebut.

Hal ini tentu menjadi rapor merah bagi industri penerbangan nasional. Apakah kamu sering menggunakan daftar maskapai yang ada di atas.