Brilio.net - Hampir setiap anak pasti ada waktunya meninggalkan rumah untuk merantau. Entah mereka melanjutkan sekolah atau bekerja. Memang sedih harus berpisah dengan keluarga yang sudah lama bersama kamu sejak lahir. Namun bagaimana lagi terkadang merantau menjadi alasan orang untuk belajar mandiri dan dewasa.

Nah, pernah nggak sih kamu tahu apa yang perasaan orangtuamu, terutama ibu di rumah? Kesepian atau malah senang karena jatah makan berkurang? Daripada penasaran mending kamu cek di bawah ini, hal-hal yang dirasakan ibu saat anaknya merantau. Dijamin akan membuatmu mewek deh.

1. Bingung mau sms dan telepon

10 Kondisi yang dialami ibu ketika anaknya merantau, duh bikin mewek! foto : brilio.net/Erina
Orangtua memang berbeda dengan kamu yang sudah akrab dengan teknologi. Jadi maklum jika orangtua terkadang memaksa kamu untuk mengajarinya menggunakan handphone. Itu semua tujuannya cuma satu supaya mereka bisa tetap berkomunikasi dengan anaknya saat jauh.

2. Merasa ada yang hilang di rumah

10 Kondisi yang dialami ibu ketika anaknya merantau, duh bikin mewek! foto : serinityvista.com
Rumah yang selalu ramai dengan celoteh anak-anaknya tiba-tiba saja sepi begitu saja. Sudah tidak ada anak yang merengek minta makan atau uang jajan. Tentu saja hal itu membuat ibumu sedih dan kesepian.

3. Terkadang merasa menyesal karena pernah mengomeli anaknya

10 Kondisi yang dialami ibu ketika anaknya merantau, duh bikin mewek! foto : paulgerald.com
Jika anak di rumah pasti sering menerima omelan dari ibunya. Tapi ketahuilah ibu mengomel itu karena beliau sayang banget sama kamu dan ingin yang terbaik. Bahkan saat kamu sudah pergi, di dalam rumah ibu pasti menyesal sudah pernah marah-marah dengan kamu.

4. Khawatir berlebih jika ada bencana di kota tempat anaknya merantau

10 Kondisi yang dialami ibu ketika anaknya merantau, duh bikin mewek! foto: brilio.net/erina
Ada gempa 5 SR di Yogyakarta dan ibumu di rumah langsung menelepon menanyakan kabarmu. Itu sudah pasti, mereka khawatir dengan keadaan anaknya. Meski gempa itu tak terlalu berasa di kamu namun bagi ibumu itu sudah cukup membuat jantungnya berdetak lebih kencang. Ibu hanya ingin tahu anaknya baik-baik saja.

5. Diam-diam ibu akan menabung

10 Kondisi yang dialami ibu ketika anaknya merantau, duh bikin mewek! foto : merdeka.com
Saat kamu memutuskan untuk pergi merantau, saat itu juga ibumu akan berusaha mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. Buat apa? Ya buat mengunjungi kamu di kota perantauan, memastikan kamu hidup dengan layak di kota itu.

6. Tiba-tiba membuat akun media sosial untuk tahu kegiatan anaknya

10 Kondisi yang dialami ibu ketika anaknya merantau, duh bikin mewek! foto : digitaltrends.com
Pernah nggak sih kamu merasa kesal saat tahu tiba-tiba ada permintaan pertemanan di Facebookmu? Dan saat dibuka ternyata dari ibumu sendiri. Tentu kamu akan kesal karena merasa privasimu di dunia maya terganggu.

Eitts jangan begitu, ibu hanya ingin tahu apa yang dilakukan anaknya di luar sana, tidak kurang dan tidak lebih. Bahkan kamu harus tahu ibu menghabiskan banyak waktu, tenaga dan merepotkan mas-mas warnet hanya untuk membuat akun Facebook saja lho.

7. Menyiapkan kata-kata pamungkas untuk tetangga

10 Kondisi yang dialami ibu ketika anaknya merantau, duh bikin mewek!

foto : gambarmenghibur.blogspot.com
Yang namanya tetangga pasti ada saja yang kepo. Tahu kamu keluar kota untuk merantau, pasti mereka akan merecoki ibumu dengan berbagai pertanyaan.

Wah anaknya kuliah di mana Bu? Kerja dimana? Gajinya berapa? Itu pertanyaan yang kerap dilontarkan. Dan ibumu akan menjawabnya dengan senyum kebanggaannya dan berkata bahwa kamu baik-baik saja di sana.

8. Beli handphone mahal hanya untuk video call denganmu

10 Kondisi yang dialami ibu ketika anaknya merantau, duh bikin mewek!

foto : fool.com
Telepon dan sms saja dirasa tidak cukup untuk ibumu. Mereka ingin melihat wajahmu apakah kamu di sana sehat-sehat saja. Oleh karena itu mereka rela keluar uang banyak hanya untuk membeli handphone mahal dengan fitur terbaru. Padahal hanya digunakan untuk sms, telepon dan video call doang.

9. Repot luar biasa saat kamu mengabarkan akan pulang

10 Kondisi yang dialami ibu ketika anaknya merantau, duh bikin mewek! foto : merdeka.com
Ibu mana yang tak senang saat tahu anak yang sudah lama pergi merantau tiba-tiba mengabari akan pulang? Tentu mereka akan repot luar biasa menyiapkan semuanya. Ibu akan memasakkan semua makanan favoritmu, membersihkan kamarmu hingga membelikan apa saja yang kamu mau.

10. Terkadang merasa kamu akan pergi selamanya

10 Kondisi yang dialami ibu ketika anaknya merantau, duh bikin mewek! foto : rinduku.wordpress.com
Seiring dengan sibuknya pekerjaan atau tugas kuliah terkadang kamu lupa untuk pulang. Dan di rumah akan ada ibu yang merasa sedih luar biasa. Terkadang ibu merasa kamu tak akan kembali. Belum lagi jika kamu pergi untuk menikah, rasanya peran beliau selama ini sebagai ibu terhenti begitu saja. Anak yang paling disayanginya sudah punya keluarga sendiri. Dan tiba-tiba rasa takut akan menyergap mereka karena takut ditinggalkan.

Nah buat kamu yang merantau dan masih punya ibu, sudahkah kamu menelepon atau sms ibumu hari ini? Karena satu sms atau panggilan saja sudah cukup mengobati rasa rindu dari seorang ibu di rumah yang menantikan anaknya.