Brilio.net - Kamu pasti pernah mengalami hari yang buruk. Bikin mood kamu kacau dan merasa apa pun yang kamu lakukan selalu keliru. Nah, ketika hal semacam itu terjadi, jangan biarkan dirimu larut terus menerus. Kalau kamu menyayangi dirimu sendiri, jangan pernah katakan hal berikut, seperti yang dikutip brilio.net dari yourtango.com. Selasa (17/3):

1. "Duh, aku seharusnya..."
Menyesal telah membuat kesalahan? Boleh. Tapi jangan berlebihan, ya. Terlalu menyesali kesalahanmu hanya akan mengurangi fokus dan waktumu untuk merancang rencana perbaikan diri dan situasi yang ada.

Lagi pula, setiap manusia pasti membuat kesalahan. Dari kesalahan itulah kita bisa belajar sesuatu yang tepat dan lebih baik. Jangan salahkan dirimu sendiri!

2. "Itu mustahil"
Setiap kali kamu mengatakan ini, maka kamu akan benar-benar tidak bisa melakukan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Siapa pun boleh berharap dan mengusahakan harapannya itu.

Kita tidak akan pernah tahu kalau-kalau hal yang kita anggap mustahil itu justru terjadi. Mungkin memang bukan saat ini, tapi suatu hari.


3. "Aku tidak punya waktu bersantai"
Kalau kamu sering bilang seperti ini, artinya kamu sudah mensugesti diri sendiri dan dunia bahwa kamu memang tidak punya waktu untuk bersantai. Please, terlalu sibuk juga tidak bagus untuk mood dan kesehatan fisikmu.

Kamu manusia yang juga punya batas kemampuan fisik dan mental. Sesekali jadwalkan rekreasi, spa dan massage, menonton basket, atau melakukan apa pun yang bikin kamu riang.

4. "Itu sudah terlambat"
Kalau kamu harus menunda cita-citamu untuk menjadi pemusik dengan menekuni kuliah kedokteran atas permintaan orangtuamu, jangan berkecil hati. Selalu ada kesempatan kalau kamu memang mau.

Kamu masih bisa menjalani kedua hal tersebut sekarang ini. Dan lihatlah hal yang menakjubkan jika kamu menggabungkan musik dan dunia medis sebagai profesimu.

5. "Aku tidak pantas menerimanya"
Kata-kata adalah doa. Apa yang kamu ucapkan bisa saja semesta akan mendukungmu. Kalau perkataanmu jelek, jangan marah kalau hidupmu sial melulu.

Mulai sekarang cobalah untuk berpikir positif. Sering katakan hal yang positif. Dan rasakan semesta akan memberikan kejutan-kejutan yang mungkin selama ini tidak pernah kamu duga. Dan ingat bahwa setiap orang itu berharga dan berhak mendapatkan apa yang dia inginkan. Asalkan, dia mau berusaha dan tak lupa berdoa.

6. "Dia punya semua yang kuinginkan"
Tidak akan pernah ada habisnya jika kamu membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain. Stop it! Itu hanya akan buang-buang energimu saja.

Setiap orang sudah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga kamu. Kamu bukan hanya punya kelemahan, tapi juga kelebihan yang bisa kamu manfaatkan semaksimal mungkin. Look at yourself, guys! Kamu pasti lebih bisa cemerlang dari temanmu.

7. "Aku benci bentuk tubuhku"
Sebanyak kamu mengeluhkan bentuk fisikmu, sebanyak itu pula kamu mencaci Tuhan dalam hal penciptaan fisik manusia. Kamu seharusnya bersyukur masih dianugerahi kelengkapan fisik.

Seharusnya kita juga belajar dari mereka yang difabel tapi ternyata bisa menjadi motivator. Fisik bukan penghalang kita untuk berprestasi dengan jalan kita sendiri lho, guys!

8. "Ah, aku mah apa atuh"
Jangan suka merendahkan diri sendiri saat orang lain memuji kehebatanmu. Tapi eits, jangan pula merasa berbangga hati hingga kamu sombong.

Tapi benar lho, guys, kalau kamu dapat apresiasi dari orang lain, pasti senang buka kepalang, dong? Apalagi kalau pujian itu datang dari senior atau bos terkiller. Terima saja semua itu sebagai motivasi kamu bertindak lebih baik lagi ke depannya. Dengan begitu, rasa percaya dirimu juga akan terbangun.

9. "Aku terlihat jelek hari ini"
Pikiran negatif semacam ini akan membuatmu tidak percaya diri tampil di depan orang lain untuk kesempatan selanjutnya. Efeknya? Kamu tidak akan berkembang.

Mau jadi manusia gua yang kudet abis? Yakinlah, tidak ada yang sempurna. Siapa sangka juga kalau orang sekaliber Tom Cruise bisa semenakjubkan sekarang padahal dia dulu penyandang disleksia? Kamu bisa seperti dia dengan caramu sendiri, lho!

10. "Dia benar tentangku"
Berhenti memperhatikan omongan miring orang lain tentangmu. Ingatlah, orang lain hanya menilai kulit luarmu saja. Tanpa peduli isi hatimu. Itu artinya dia sama sekali tak memahami siapa kamu. Berhentilah hidup menuruti standar penilaian orang lain atau kamu akan selalu tertekan selama hidupmu. Seperti pepatah Indonesia bilang, anjing menggonggong kafilah berlalu.

Nah, guys, jangan biarkan dirimu patah karena pikiran dan perkataan negatif seperti di atas, ya. Fokuskan diri pada hal positif. Dengan begitu kamu akan selalu bersemangat dan bisa meraih apa pun yang kamu inginkan. Keep spirit, ya!