Brilio.net - Suka nongkrong di Starbucks sambil ngerjain tugas atau sekadar ngobrol bareng teman-teman? Kalau iya, berarti kamu harus tahu nih rahasia gimana saat kamu memesan minuman atau makanan kesukaanmu biar bisa dilayani dengan cepat. Ya, cara ini brilio.net rangkum dari Cosmopolitan berdasarkan informasi yang diposting Baristalife, komunitas barista online, Kamis (21/1). Simak, yuk!

1. Memesan makanan terlebih dahulu
Dengan melakukan ini, kamu akan menghemat waktu dalam menunggu pesanan makanan di proses. Makanan yang dipesan lebih awal memungkinkan barista untuk bergerak cepat membuatnya. Jika kamu memesan minuman pertama, barista sering menganggap kamu tidak ingin memesan makanan dan memberitahu berapa nominal yang harus dibayar meski kamu belum selesai memesan. Jadi, memesan makanan pertama lalu minuman akan membuat keduanya siap dalam waktu yang sama.

2. Tentukan apa ukuran cup minuman yang kamu inginkan pada awal pesanan, bukan di akhir

10 Cara rahasia biar nggak nunggu lama saat order di Starbucks

Mengatakan ukuran yang kamu inginkan sebelum kamu memesan menu lainnya, cara ini membuat barista supaya tak ada pertanyaan lagi. Barista akan mengambil cup dan menulis pesanan kamu saat kamu harus pergi sekalipun. Alih-alih meminta 'caramel macchiato dengan dua pompa tambahan ukuran venti', kamu seharusnya mengatakan 'venti caramel macchiato dengan dua pompa tambahan'. Pesanan minuman kamu akan ditulis dengan benar dan kamu tak harus mengulanginya lagi.

3. Tentukan di awal perintah jika kamu ingin minum es
Jika kamu tidak melakukan ini, barista akan menyajikan minuman kamu secara panas. Contohnya, jika kamu hanya mengatakan coffee latte, maka barista akan membuat secangkir coffee latte yang panas. Jadi jika ingin pesan minuman dingin, kamu seharusnya mengatakan 'iced coffee latte'.

4. Nyatakan ekstra yang kamu pilih sebelum nama sebenarnya dari minuman yang dipesan

10 Cara rahasia biar nggak nunggu lama saat order di Starbucks

Jika kamu ingin latte dengan tambahan susu kedelai dan satu tembakan, maka katakan nama tambahan sebelum nama minuman. Jadi, pesanan kamu adalah 'grande hot soy milk extra shot latte'.

Jika seseorang memesan 'venti white mocha with a triple shot, nonfat milk and no whip', barista tidak bisa langsung membuatkannya untukmu karena mereka tidak mengetahui jenis susu apa yang akan digunakan. Tapi jika kamu langsung memesan 'venti triple nonfat no whip white mocha', barista bisa mengantisipasi minuman yang kamu inginkan dan membuatkan dengan cepat.

5. Order kopi biasa atau teh ketika kamu sedang terburu-buru

10 Cara rahasia biar nggak nunggu lama saat order di Starbucks

Jika kamu sedang terburu-buru, pesanlah kopi atau teh biasa. Mudah bagi barista untuk membuat kopi atau teh biasa, karena mereka bisa melakukannya saat kamu membayar. Kamu nggak perlu harus menunggu lama, deh!

6. Ketahui ukuran reguler yang tersedia

10 Cara rahasia biar nggak nunggu lama saat order di Starbucks

Pesanan reguler menurut kamu bisa saja berarti 'tall', sementara bagi barista bisa berarti 'grande'. Jadi, lebih baik untuk mengetahui ukuran yang sesuai (tall, grande, venti) sehingga kamu bisa mendapatakan pesanan yang kamu inginkan.

7. Jangan membuat barista terburu-buru ketika memesan beberapa minuman 10 Cara rahasia biar nggak nunggu lama saat order di Starbucks

Jika kamu memiliki pesanan dalam jumlah banyak dan besar, biarkan barista tahu beberapa perintah yang kamu inginkan dan berikan waktu sekitar 20 detik untuk satu minuman ditulis di cangkir atau cup.

8. Order langsung ke bagian kasir
Jika sudah menentukan pesanan, sebaiknya kamu langsung menuju ke bagian kasir agar makanan atau minuman yang kamu pesan bisa diproses dengan cepat. Selain itu agar tidak membuat antrian yang panjang karena terlalu lama menunggumu memilih menu.

9. Tentukan apakah kamu ingin makanan kamu hangat atau tidak
Sebagian besar makanan di Starbucks dipanaskan atas permintaan. Jadi jika kamu tidak meminta untuk dihangatkan, maka kamu tidak akan mendapatkan makanan hangat. Buatlah pesanan secara jelas untuk menghemat waktumu di kemudian hari.

10. Katakan pada barista bagaimana mengeja nama kamu

10 Cara rahasia biar nggak nunggu lama saat order di Starbucks
Cara ini bermanfaat karena jika nama kamu adalah Elisa dan barista menulis Eliza, kamu bisa berpikir kalau minuman yang kamu pesan bukan milikmu ketika kamu dipanggil.