Brilio.net - Musisi memang kerap menyelipkan protesnya melalui karya-karya lagunya. Mereka menyuarakan ketidaksukaannya kepada para penguasa atau pemerintah, yang kerap kali tidak memihak rakyat kecil namun hanya pada para pemilik uang dan pengusaha kaya semata.

Nah, berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/8), 5 musisi yang pernah berurusan dengan para penguasa karena lagunya yang dianggap berani melawan dan mengkritisi kekuasaan.

1. Iwan Fals.

musisi pemberani © 2016 brilio.net

Iwan Fals memang dikenal sebagai salah satu musisi Indonesia yang berani. Ia beberapa kali keluar masuk penjara karena lagu-lagunya yang kerap mengkritisi pemerintah Orde Baru, di bawah kepemimpinan Soeharto.

Loading...

Bahkan di tahun 1989 saat Tour 100 Kota untuk mempromosikan album Mata Dewa miliknya dibatalkan secara sepihak oleh aparat keamanan tanpa alasan yang jelas.

2. Superman is Dead.

musisi pemberani © 2016 brilio.net

Superman is Dead (SID) band punk rock asal Bali mengaku semakin ditekan oleh berbagai pihak, termasuk para pengusaha kaya dan oknum pemerintah, karena terang-terangan masih mendukung gerakan Bali Tolak Reklamasi (BTR). Hal yang ditakutkan trio punk rocker asal Kuta itu benar-benar terjadi pada konsernya, di salah satu pensi SMA, pada Sabtu 20 Agustus 2016.

Intel, aparat, dan tentara memenuhi venue dan memastikan tak ada satu pun band atau penonton yang menyuarakan atau memakai atribut BTR. Serasa hidup di era Orde Baru dimana kebebasan berekspresi benar dikekang dan pembodohan dikekalkan.

3. Slank.

musisi pemberani © 2016 brilio.net

Tahun 2008 Slank sempat akan berurusan dengan DPR. Mereka digugat karena DPR yang merasa tersinggung dengan lagu yang berjudul Gossip Jalanan. Para wakil rakyat kala itu geram ketika mendengar lagu ini dan menuduh bahwa ini penghinaan kepada lembaga negara.

Kasus ini pun menguap begitu saja dengan sendirinya. Namun kesulitan Slank tak berhenti di situ, mereka membuat konser besar namun dipersulit perizinannya oleh polisi dengan alasan keamanan.

4. Bimbo.

musisi pemberani © 2016 brilio.net

Grup musik asal Bandung ini berdiri sekitar tahun 1967. Personel Bimbo yang terdiri atas tiga bersaudara kakak beradik Sam Bimbo, Acil Bimbo, dan Jaka Bimbo rupanya pernah mengalami pencekalan karena lagunya.

Salah satunya karena lagu yang berjudul Tante Sun yang membuat pemerintah pada paruh era 70an merasa terhina. Bimbo dituduh menghina dan menyindir istri pejabat melalui lagu tersebut.

5. Elpamas.

musisi pemberani © 2016 brilio.net

Kelompok musik Rock asal Malang, Indonesia ini dibentuk pada tahun 1983. Banyak lagunya bertemakan kritik sosial yang diusung oleh Elpamas dan membuat mereka harus berurusan dengan pemerintahan. Terutama lirik Pak Tua yang masih dikenal oleh masyarakat hingga kini.

Lagu yang diciptakan oleh Elpamas bersama Iwan Fals yang memainkan nama samaran Pitat Haeng ini menceritakan seorang penguasa yang sudah tua tapi belum mau pensiun. Tak lain lagi lagu ini ditujukan kepada Soeharto yang kala itu menjabat sebagai presiden dengan periode cukup lama. Lagu ini klipnya dicekal oleh TV lantaran liriknya yang menyinggung. Pun begitu album ini laris di pasaran dan laku hingga 5 juta keping.