×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Lagu daerah Indonesia ini sukses dikenal hingga mancanegara

View Image

0

BRILIO » Musik

4 Lagu daerah Indonesia ini sukses dikenal hingga mancanegara

Lagu Ampar-Ampar Pisang saat dibawakan orkestra luar negeri di Wina, Austria. (foto: YouTube Bennisimo1).

Mempunyai nilai seni tinggi.

(brl/swh)

10 / 09 / 2016

Brilio.net - Sejak kecil, anak-anak Indonesia sudah dikenalkan dengan lagu-lagu nasional dan daerah. Tidak heran jika mereka hafal syair lagu-lagu tersebut. Namun sayang, saat sudah remaja dan beranjak dewasa, banyak yang meninggalkan lagu asli Indonesia yang diwariskan secara turun temurun. Alasannya, karena lagu itu ketinggalan zaman dan tidak modern.

Padahal, banyak lagu asli Indonesia yang kemudian terbukti mempunyai nilai seni tinggi dan dihargai secara global. Banyak lagu-lagu yang dulunya hanya dinyanyikan anak-anak, kini disajikan dengan sebuah orkestra di sebuah pertunjukan kelas dunia dan juga oleh musisi ternama.

Berikut lagu-lagu yang pernah dilagukan di sejumlah belahan dunia oleh musisi terkenal, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (10/9):


1. Ampar-Ampar Pisang.
Lagu yang terinspirasi dari rutinitas masyarakat Kalimantan Selatan ini diciptakan oleh Hamiedan AC. Lagu ini banyak dinyanyikan dalam acara-acara yang berskala nasional. Nadanya yang bersemangat membuat lagu ini mengalirkan nuansa gembira dan banyak disukai masyarakat di luar Indonesia.

Bahkan sejumlah orkestra luar negeri pernah menyanyikan lagu ini. Seperti sebuah pertunjukan di Wina, Austria, bertajuk From Indonesian Folk berikut ini:

 

2. Anak Kambing Saya.
Lagu asal NTT ini banyak dinyanyikan anak-anak saat bermain. Namun siapa sangka, lagu asli yang banyak dihafal anak kecil Indonesia ini rupanya juga dihafal oleh siswa sekolah musik Ryulgok, Pyongyang, Korea Utara.

“Mana di mana anak kambing saya, Anak kambing tuan ada di pohon waru, Mana di mana jantung hati saya, Jantung hati tuan ada di kampung baru”. Mereka lancar menyanyikannya.

Berikut videonya buat kamu:

 

3. Potong Bebek Angsa.
Satu lagi lagu asal NTT yang sudah melanglang buana ke negara lain. Ia adalah “Potong Bebek Angsa” yang pernah dinyanyikan di Festival Paduan Suara Internasional Singapura oleh orkestra paduan suara Zechariah Goh.

“Sorong ke kiri, sorong ke kanan; La la la la la ...” adalah syair andalan dari lagu ini. Lihat nih, bagaimana lagu potong bebek angsa dinyanyikan dengan cara yang modern :

 

4. Soleram.
Lagu daerah asal Riau ini mengisahkan tentang persahabatan. Lagunya yang merdu dan mendayu-dayu membuat tidak hanya orang Indonesia yang menyukainya. Sejumlah musisi asing pernah menyanyikan lagu ini seperti Miriam Makeba, penyanyi asal Afrika, dan juga Rony Marton bersama Triobab di Ibu Kota Republik Ceko, Praha.

Lihat nih bagaimana lagu Soleram dinyanyikan oleh grup music Triobab yang beranggotakan Dana Houdkova, Krystyna Skalicka dan Rejka Balcarova, di Praha Ceko pada 10 September 2009:

Nah, terbukti lagu-lagu Nusantara yang bergaung di pusat kesenian dunia itu telah #BikinKerenIndonesia. Maka kamu jangan pernah gengsi untuk menyanyikannya. Justru kamu kudu semangat memperkenalkan kekayaan lagu Indonesia ke manca negara.

Lagu-lagu itu bisa membuat kamu bangga lho sebagai orang Indonesia. Kebanggaan itu juga bisa muncul saat kamu mengunjungi telkomsel.com/bikinkerenindonesia

Di sini kamu bisa share beragam kekayaan Indonesia lewat akun Instagram atau Twitter-mu sekaligus berkesempatan dapetin hadiah menarik. Yuk, ikutan #BikinKerenIndonesia sekarang juga!

 

 

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    22%

  • Ngakak!

    11%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    11%

  • Marah

    11%

  • Love

    11%

MORE
Wave more