Brilio.net - Alat musik gitar memang sangat populer dan disukai banyak kalangan, baik tua maupun muda. Alat musik ini dapat menghasilkan berbagai musik populer yang tentunya sudah tidak asing di telinga kita.

Bagi pencinta musik tentunya sudah paham bahwa alat musik gitar mampu menghasilkan berbagai genre musik mulai dari musik dangdut, pop, jazz, rock, indie, metal, dan yang lainnya tidak pernah lepas dari pengaruh gitar.

Gitar tak hanya sebagai alat untuk menghibur saja, namun juga memberikan kesan keren bagi si pemainnya. Lihat saja musisi yang memegang gitar ketika berada di sebuah konser, mereka terlihat begitu keren dan memesona bukan? Tak hanya musisi saja, orang biasa ketika bisa memainkan gitar akan terlihat sangat keren.

Melihat hal itu, tak heran jika orang berlomba-lomba ingin tahu cara bermain gitar. Banyak pula yang ingin bermain gitar semahir Jimmy Hendrix agar kelihaiannya saat bermain gitar diakui banyak orang.

Bagi mereka yang begitu hobi bermusik dan memiliki keinginan kuat untuk bisa memainkan gitar, tak tanggung-tanggung terkadang mereka berani merogoh kocek dalam.

Nah bagi kamu pemula dan ingin bisa memainkan alat musik gitar, kamu nggak perlu khawatir beberapa cara bermain gitar berikut ini terbilang cukup mudah diikuti. Kamu nggak perlu waktu lama agar bisa mahir bermain gitar. Hal ini tentunya diimbangi dengan latihan yang rutin ya.

Bagaimana caranya? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Senin (4/11).

1. Pelajari kunci dasar.

Cara bermain gitar bagi pemula pixabay

foto: pixabay.com

Sebelum kamu belajar memetik gitar, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui kunci dasar dalam bermain gitar. Biasanya gitar memiliki 6 senar, mulai dari senar yang ada bagian paling bawah hingga paling atas sendiri.

Selain itu, ada dua jenis gitar yang sering dimainkan oleh banyak orang, yakni gitar elektrik dan akustik. Meski keduanya memiliki nada yang hampir mirip, ada perbedaan dari kedua jenis gitar ini salah satunya pada bagian tuningnya.

Cara bermain gitar bagi pemula pixabay

foto: Instagram/@tsabab_dj

Berikut kunci dasar yang perlu kamu ketahui:

- Senar 1 hasilkan nada E’
- Senar 2 hasilkan nada B
- Senar 3 hasilkan nada G
- Senar 3 hasilkan nada G
- Senar 4 hasilkan nada D
- Senar 5 hasilkan nada A
- Senar 6 hasilkan nada E

2. Tentukan posisi gitar yang pas dan nyaman.

Cara bermain gitar bagi pemula pixabay

foto: pixabay.com

Setelah mengenal kunci dasar, kamu juga perlu ketahui cara memegang dan bermain gitar bermain gitar dengan posisi yang benar. Pertama, posisikan gitar yang membuat kamu merasa nyaman memegangnya. Sebagai pemula, kamu bisa memangku gitar, dekatkan badan gitar ke dada dan perut.

Pastikan kamu memilih posisi gitar yang nyaman. Pasalnya, jika kamu tidak nyaman dengan posisi duduk, maka bisa membuatmu tidak fokus saat belajar cara bemain gitar.

Langkah-langkah menentukan posisi nyaman sebagaimana brilio.net lansir dari liputan6.com, Senin (4/11):

- Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung dan bahumu.
- Dekatkan badan gitar ke perut dan dada. Lalu pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri membentuk huruf V—ibu jari di bagian belakang dan 4 jari sisanya di depan.
- Tahan badan gitar dengan bantuan kaki kananmu. Kemudian, coba tekan-tekan senar secara asal, mulai dari pelan hingga cepat untuk melatih keseimbangan.
- Cobalah terus posisi memegang gitar ini setiap 5 menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Pada awal-awal, punggung dan bahumu mungkin akan terasa sakit. Tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa.

3. Mempelajari cara tuning atau menyetel senar gitar.

Cara bermain gitar bagi pemula pixabay

foto: pixabay.com

Ketika kamu sudah mendapatkan posisi yang nyaman, tahap selanjutnya adalah menyetel senar gitar. Pasalnya jika tidak setel, senar biasaya tidak mengeluarkan suara yang merdu. Belajar tuning perlu kamu lakukan agar gitar bisa menghasilkan suara petikan yang merdu.

Belajar cara tuning senar gitar itu penting karena bisa membuat telingamu terbiasa mendengar nada yang tepat.

Cara menyetel senar gitar:
- Ketahui nama-nama senar. Dari atas (yang paling tebal) ke bawah (yang paling tipis) urutannya adalah E, A, D, G, B, dan E'.
- Atur tuner (putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau menginginkan nada yang tinggi, kencangkan senar gitarmu. Tapi jika kamu menginginkan nada rendah, putar tuner-nya sampai senar mengendur dengan tepat.

4. Belajar memetik gitar.

Cara bermain gitar bagi pemula pixabay

foto: pixabay.com

Belajar memetik gitar perlu kamu pelajari agar nada yang dimainkan bisa terdengar indah dan merdu. Pada tahap ini kau perlu menggunakan 5 jarimu.

Letakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Kemudian jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1. Lakukan secara perlahan hingga kamu bisa memetiknya dengan baik.

Setiap kunci gitar memiliki cara sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda. Ketika kamu memainkan kunci A, maka kamu hanya perlu menekan senar A-D-G-B-E bagian bawah. Tentu untuk kunci A, AM atau B maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.

5. Melatih memori otot tangan.

Cara bermain gitar bagi pemula pixabay

foto: pixabay.com

Saat awal mencoba bermain gitar, jari-jari akan terasa sangat sakit dan mengeras pada setiap ujung jari. Namun hal itu tidak masalah, terus berlatih, lama-kelamaan kamu akan terbiasa.

Ketika bermain gitar, pastikan kamu konsentrasi pada setiap petikan dan kuncinya. Hal ini dilakukan agar kamu bisa dengan menghapalkan setiap kunci dan fokus pada nada yang dihasilkan.

6. Awali dengan bermain satu lagu dengan kunci yang mudah.

Cara bermain gitar bagi pemula pixabay

foto: pixabay.com

Supaya kamu tidak bosan dalam berlatih, maka pilihlah satu lagu dengan kunci yang sangat mudah atau menggunakan kunci dasar. Jika kamu sudah menguasai satu lagu, maka untuk tahap selanjutnya akan dengan mudah memahami dalam bermain gitar.

7. Belajar melodi.

Cara bermain gitar bagi pemula pixabay

foto: pixabay.com

Belajar melodi memang bukan perkara mudah, tahap ini bisa dikatakan sangat sulit. Dilansir brilio.net dari liputan6, pada tahap ini kamu mulai belajar melodi dan membaca not.

Berikut ini ada 3 langkah yang bisa kamu lakukan saat belajar melodi:

- Cari tahu melodi gitar dengan membaca tabulasi. Tabulasi adalah proses menempatkan sebuah data dalam bentuk tabel yang isinya not-not untuk memudahkan kamu dalam belajar melodi.
- Pahami scale. Ini adalah cara untuk mencari melodi dalam lagu. Kalau kamu sudah paham tentang scale, kamu bakal mudah menebak melodi pada lagu. Scale yang paling umum dan mudah dipahami adalah pentatonic scale.
- Kalau kamu sudah mengenali tabulasi dan scale, tahap terakhir cara bermain gitar untuk pemula adalah belajar berimprovisasi. Cara ini membutuhkan feeling yang bagus, pendengaran, dan insting yang kuat dalam menentukan nada. Kamu bisa berlatih dengan mendengar sebuah lagu, kemudian menyusun nada yang sesuai dengan alur dalam satu melodi.

Tahap ini memang lebih rumit dari langkah sebelumnya. Proses terpenting dalam belajar melodi adalah feeling, skill, dan improvisasi dalam menghubungkan not demi not. Sehingga dengan cara itu, kamu bisa menciptakan harmoni yang indah.

8. Berlatih secara rutin.

Cara bermain gitar bagi pemula pixabay

foto: pixabay.com

Setelah kamu mengenal semuanya dengan baik, tahap selanjutnya adalah dengan rajin latihan. Cara ini terbilang cukup penting karena jika tidak terus diasah, maka kemampuan kamu dalam bermain gitar tidak akan berkembang, bisa saja kamu lupa dengan apa yang telah kamu pelajari sebelumnya.