Tanpa pakai minyak zaitun, trik MUA bersihkan spons makeup kotor ini simpel cuma 1 langkah

Tanpa pakai minyak zaitun, trik MUA bersihkan spons makeup kotor ini simpel cuma 1 langkah

Brilio.net - Banyak orang yang tidak menyadari jika jerawat, beruntusan, hingga iritasi di wajahnya tak hanya disebabkan oleh bakteri serta radikal bebas lainnya. Pasalnya, berbagai permasalahan kulit wajah tersebut juga bisa disebabkan oleh makeup yang kadaluarsa atau alat makeup yang jarang dibersihkan. Padahal, menjaga kebersihan alat makeup adalah hal yang penting, karena dapat membuat wajah tetap sehat dan hasil riasan jadi lebih optimal.

Salah satu alat makeup yang sebaiknya rutin dibersihkan adalah spons makeup. Alat makeup yang satu ini menjadi alat makeup favorit banyak orang, khususnya para beauty enthusiast dan MUA. Pasalnya, spons makeup akan membuat riasan jadi cepat merata dan mudah menempel pada wajah. Terutama untuk meratakan foundation, concealer, shading, liquid blush, hingga bedak agar tidak terlalu dempul.

Penggunaan berbagai produk makeup cair tersebut biasanya akan meninggalkan residu di spons makeup. Residu yang tidak dibersihkan, apalagi dalam waktu yang lama akan membuat spons kotor dan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Bahkan sel kulit mati, sebum, dan kotoran pada wajah bisa menjadi tempat tinggal bakteri yang dapat menyebabkan wajah mudah berjerawat dan mengalami iritasi kulit.

Seperti dilansir dari Journal of Applied Microbiology, mengungkapkan bahwa sekitar 70-90% alat makeup terkontaminasi oleh mikroba. Di antara berbagai jenis alat makeup, spons makeup adalah yang paling banyak mengandung mikroba berbahaya. Karena itulah menjaga spons makeup agar tetap bersih adalah hal yang sangat penting.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk membersihkan spons makeup kotor adalah dengan menggunakan air sabun dan campuran minyak zaitun. Cara ini memang efektif untuk membersihkan spons makeup yang kotor, namun kandungan kimia dalam sabun yang digunakan akan merusak spons makeup jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, sehingga kamu perlu memakai sabun yang lebih gentle atau aman, seperti sabun pencuci piring. Tak hanya itu saja, penggunaan minyak zaitun juga dapat membuat spons makeup jadi terasa berminyak jika tak dibilas dengan baik.

Solusi lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan meniru trik yang dibagikan oleh seorang MUA melalui akun TikTok pribadinya @lailaayusabrinaa pada 3 November 2022. Dalam video yang berdurasi 1 menit 27 detik tersebut sang MUA membersihkan spons makeup kotor yang simpel hanya dengan 1 langkah saja, yaitu hanya dengan merendamnya menggunakan air panas dan campuran sabun pencuci piring.

"Sebuah tutorial membersihkan spons make up," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @lailaayusabrinaa, Kamis (15/2).

Trik MUA bersihkan spons makeup kotor Berbagai sumber

foto: TikTok/@lailaayusabrinaa

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES