drama Korea pulang kampung berbagai sumber foto: imdb.com

My Liberation Notes mengisahkan tentang tiga saudara kandung Yeom Chang-hee (Lee Min-ki), Yeom Mi-jung (Kim Ji-won), dan Yeom Ki-jung (Lee El). Mereka bertemu dengan Pak Goo (Son Seok-koo) sebagai orang asing misterius yang pindah ke lingkungan mereka. Pak Goo adalah seorang pemabuk dan memiliki banyak beban serta rahasia.
 
Drama ini berlatar di Desa Sanpo, tempat di mana biasanya arus orang yang pergi ke tempat lebih tinggi daripada yang pindah ke tempat lain.

Kepribadian yang berhati-hati dan preferensi untuk menjaga dirinya sendiri, membuat Pak Goo menjadi bahan pembicaraan di kota, bahkan membuat Mi-jung yang pemalu, bungsu dari tiga bersaudara, tertarik untuk mendekatinya.
 
Dalam drama ini, tiga saudara tersebut sudah lama bekerja di Seoul dan ingin kembali menikmati kehidupan desa yang menjadi kampung halaman mereka.

2. Hometown Cha-Cha-Cha (2021).

drama Korea pulang kampung berbagai sumber foto: imdb.com

Hometown Cha-Cha-Cha merupakan rekomendasi drama Korea kisah pulang kampung yang dilakukan Hong Du-sik yang bosan dengan pekerjaannya di kota.

Drama Korea ini dimulai saat Yoon Hye-jin, seorang dokter gigi yang datang dari kota memutuskan untuk membuat klinik gigi di desa pelabuhan bernama Gongjin. Rencana tersebut berhasil terlaksana setelah Hye-jin tanpa sengaja bertemu Du-sik dan meminta bantuannya.

Sejak pertemuan itu, mereka menjalin interaksi yang intens hingga mereka menjalin hubungan asmara. Selain menampilkan kisah cinta antara dua karakter utama tersebut, drama ini juga menampilkan suasana desa modern yang ada di pinggir pelabuhan. 

Warga desa sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan menjadi buruh harian di pelabuhan di desa tersebut. Selain itu, drama ini juga menampilkan suasana guyub warga-warganya.

3. Eccentric! Chef Moon (2020).

drama Korea pulang kampung berbagai sumber foto: imdb.com

Eccentric! Chef Moon merupakan rekomendasi drama Korea kisah pulang kampung yang dilakukan Moon Seung-mo, seorang koki hebat yang pindah ke desa Seoha. Kepindahan tersebut terjadi setelah kematian mendadak orang tuanya karena sebuah kebakaran.

Kepindahan tersebut awalnya berlangsung dengan datar dan seolah tanpa ekspresi. Namun, kehidupannya kemudian berubah saat dia bertemu dengan Yoo Yoo-jin, seorang perancang busana yang hilang ingatan dan dikenal di desa Seoha sebagai seorang yang eksentrik.

4. When the Weather is Fine (2020).

drama Korea pulang kampung berbagai sumber foto: imdb.com

When the Weather is Fine merupakan rekomendasi drama Korea kisah pulang kampung yang bercerita tentang Mok Hae-won, seorang pemain cello yang berhenti dari pekerjaannya di Seoul dan kembali ke Desa Bookhyun, di Provinsi Gangwon. Desa tersebut merupakan tempat tinggalnya saat dia masih sekolah menengah.

Di desa tersebut, dia kemudian bertemu dengan Im Eun-seob yang punya toko buku. Mereka kemudian saling bertukar pikiran dan mengisahkan kehidupan masing-masing yang rumit dan pahit. Mereka kemudian menemukan kecocokan satu sama lain dan saling jatuh cinta untuk bisa berdamai dengan masa lalu mereka.

5. Forest (2020).

drama Korea pulang kampung berbagai sumber foto: imdb.com

Forest merupakan rekomendasi drama Korea kisah pulang kampung yang mengisahkan Kang San-hyeok, anggota dari 119 tim, penyelamat khusus yang kembali ke kampung halamannya. Dia tampan dan pintar, tapi dia tidak ingat masa kecilnya.

Sementara itu, Jung Young-jae merupakan seorang residen bedah yang antusias. Kang San-hyeok dan Jung Young-jae bertemu di hutan misterius. Meski tidak mau, mereka harus hidup bersama di hutan misterius tersebut. Tinggal di sana, mereka menemukan kesenangan kecil. Kang San-hyeok dan Jung Young-jae segera mengungkap rahasia tentang diri mereka dan hutan.