film Korea tentang perang berbagai sumber foto: imdb.com

Escape from Mogadishu diadaptasi dari peristiwa nyata saat dua wakil kedutaan dari Korea Selatan dan Korea Utara terjebak perang saudara di Somalia pada akhir 1980-an hingga awal 1990-an.

Film ini mengisahkan upaya dan kerja sama dari dua kedutaan untuk bisa melarikan diri dari konflik tersebut. Kerja sama tersebut menjadi hal yang menakjubkan di tengah kondisi negara yang punya hubungan diplomatik kurang akur.

2. Rampant (2018).

film Korea tentang perang berbagai sumber foto: imdb.com

Rampant merupakan film Korea tentang perang yang mengisahkan bentrokan antara pangeran yang diasingkan Lee Chung (Hyun Bin) dan menteri Perang Joseon Kim Ja-joon (Jang Dong-gun). Mereka berseteru di tengah wabah zombi yang membuat semua kota mencekam.

Lee Chung diculik keluarga Qing yang kuat yang punya rencana untuk mengangkatnya sebagai Putra Mahkota baru. Saat Lee Chung bertanding dengan Kim Ja-Joon, Menteri Perang Joseon, serangan zombi tanpa henti mengancam untuk memusnahkan seluruh wilayah.

3. The Battleship Island (2017).

film Korea tentang perang berbagai sumber foto: imdb.com

The Battleship Island merupakan film Korea tentang perang yang mengisahkan peristiwa di penghujung Perang Dunia II, pulau kecil bernama Hashima (Battleship Island) yang terletak di pesisir Nagasaki. Pulau tersebut menjadi tempat 400 orang Korea ditawan dan dikerja paksakan. Lee Gang-ok, sang musisi, putrinya So-hee, Choi Chil-sung seorang gangster, Park Mu-young sang prajurit rahasia dan Mallyon sang wanita pemberani.

Ketika rahasia kelam tentang Pulau Hashima terungkap, para orang Korea merencanakan cara meloloskan diri yang dramatis dari pulau tersebut. Film mengisahkan salah satu periode penjajahan Jepang atas Korea Selatan.

4. Operation Chromite (2016).

film Korea tentang perang berbagai sumber foto: imdb.com

Operation Chromite merupakan film Korea tentang perang yang mengisahkan kondisi setelah pasukan Korea Utara menaklukkan Korea Selatan pada 1950, Jenderal Amerika Douglas MacArthur (Liam Neeson) mengirim delapan anggota dari Markas Liaison Korea. Pasukan tersebut dipimpin oleh seorang Letnan Angkatan Laut Korea Selatan (Lee Jung-Jae) dengan misi rahasia.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui apa yang ada di balik Korea Utara dalam rangka Operasi "sinar X". Operasi tersebut harus berhasil agar MacArthur dapat meluncurkan Operasi Pendaratan Incheon. Film tersebut merupakan sebuah versi yang di-fiksionalisasi-kan dari operasi intelijen militer/CIA bersejarah "Trudy Jackson", sebagai bagian dari Operasi Chromite.

5. Northern Limit Line (2015).

film Korea tentang perang berbagai sumber foto: imdb.com

Northern Limit Line merupakan film Korea tentang perang, mengisahkan saat Kopral Park Dong-hyuk baru saja menjadi anggota Angkatan Laut Republik Korea ditugaskan di kapal patroli PKM 375. Di tengah hingar bingar Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama Jepang dalam penyelenggaraan Piala Dunia FIFA, 2002, Korea Utara mengerahkan kapal pukat ikan dengan mata-mata untuk melintasi Garis Batas Utara yang menjadi garis demarkasi laut. Kapal PKM 357 akhirnya menangkap seluruh penumpang mata-mata tersebut hingga akhirnya dibebaskan atas instruksi pemerintah.

Sebulan kemudian, kejadian pengintaian yang dilakukan Angkatan Laut Rakyat Korea berulang kali masuk dalam perairan Korea Selatan. Situasi semakin memanas hingga 29 Juni 2002, Pertempuran Yeonpyeong kedua dimulai dengan serangan mendadak terhadap PKM 357 oleh kapal patroli Korea Utara. Film ini mengisahkan kisah heroik para prajurit laut yang turut menjadi korban dalam pertempuran tersebut.

6. The Long Way Home (2015).

film Korea tentang perang berbagai sumber foto: imdb.com

The Long Way Home merupakan film Korea tentang perang saat dua negara serumpun Korea mengalami perseteruan yang semakin panas. Film ini menampilkan latar Jang Nam-bok, seorang petani biasa dan sederhana sebelum Perang Korea meletus. Dia kemudian ikut wajib militer yang sudah ditetapkan Korea Selatan dan ditugaskan untuk membawa sebuah dokumen rahasia. Namun sial, serangan tentara Korea Utara yang tiba-tiba membuatnya kehilangan dokumen tersebut.

Sementara itu, Kim Young-kwang, seorang tentara Korea Utama di bagian kru tank menemukan dokumen rahasia tersebut saat dia menjadi satu-satu orang yang selamat dari bom. Nam-bok dan Young-kwang kemudian bertemu dan sama-sama terjebak dalam perang yang tidak mereka inginkan.