drama Korea Baeksang Arts Awards  berbagai sumber foto: imdb.com

Setelah berhasil meraih beberapa penghargaan lokal dan internasional, Squid Game kembali memenangkan penghargaan Baeksang Arts Awards ke-58 pada 2022. Capaian ini menjadi catatan penting untuk drama Korea survival tersebut, bahwa tayangannya tidak hanya populer, melainkan juga menarik minat para kritikus film di Korea Selatan.

Squid Game menceritakan 456 orang putus asa yang mempertaruhkan nyawanya mengikuti serangkaian permainan demi meraih hadiah 45,6 miliar won atau setara Rp 555 miliar. Semua peserta tersebut harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan yang sebenarnya mereka sudah pernah mainkan saat masa kecil. Squid Game berhasil menjadi serial terlaris dan membuat banyak orang berlangganan Netflix di 90 negara.

2. Beyond Evil (2021).

drama Korea Baeksang Arts Awards  berbagai sumber foto: imdb.com

Pada 2021, Beyond Evil berhasil membawa pulang Baeksang Arts Awards ke-57 sebagai drama Korea terbaik dan beberapa penghargaan lainnya. Beyond Evil merupakan drama Korea psikopat yang mengisahkan dua orang polisi pemberani dan tak pernah kenal kata takut dalam kamus hidupnya. Lee Dong-sik (Shin Ha-kyun) dipertemukan dengan Detektif Han Joo-won (Yeo Jin-goo) baru saja pindah ke kantor yang sama.

Mereka pun kemudian terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan berantai yang dilakukan seorang psikopat di sebuah kota kecil yang sudah terjadi 20 tahun lalu dan mengubah kehidupan Lee Dong-sik. Saat mereka mencoba untuk mengungkapkan siapa pelaku pembunuhan tersebut, mereka harus melihat banyak sisi tersembunyi dari orang-orang yang terlibat. Misteri demi misteri membawa mereka pada sebuah kesimpulan yang tak pernah mereka duga.

3. The World of the Married (2020).

drama Korea Baeksang Arts Awards  berbagai sumber foto: imdb.com

The World of the Married berhasil meraih Baeksang Arts Awards ke-56 pada 2020 untuk kategori aktris terbaik. Hal ini membuat drama Korea ini tidak hanya populer ditonton banyak orang, melainkan juga menarik perhatian banyak kritikus. The World of the Married merupakan drama Korea yang mengisahkan motif balas dendam dengan bumbu berbagai konflik pernikahan.

Drama ini mengisahkan kehidupan Ji Sun-woo (Kim Hee-ae), seorang dokter kedokteran keluarga yang dihormati dan direktur asosiasi di Family Love Hospital di Gosan, Korea Selatan. Dia menikah dengan seorang calon direktur Lee Tae-oh (Park Hae-joon) yang amat dicintainya. Namun, Sun-woo berpikir keluarganya sempurna sampai dia mengetahui bahwa Tae-oh berselingkuh dengan wanita lain bernama Yeo Da-kyung (Han So-hee).

4. When the Camellia Blooms (2019).

drama Korea Baeksang Arts Awards  berbagai sumber foto: imdb.com

When the Camellia Blooms merupakan drama Korea pemenang Baeksang Arts Awards ke-56 2020 sebagai pemenang. Pada masa ini When The Camellia Blooms merupakan drama Korea terbaik yang borong perhargaan dengan membawa pulang 29 piala dari 60 nominasi. Pencapaian ini membuat drama When The Camellia Blooms menempati urutan ketiga sebagai drama yang meraih penghargaan terbanyak.

When the Camellia Blooms mengisahkan kehidupan Dong-baek (Gong Hyo-jin) yang menjalankan sebuah bar restoran bernama Camellia di Ongsan. Dia selalu menjadi sasaran gosip karena menjadi seorang ibu tunggal dan menyajikan minuman keras untuk pria. Terlepas dari semua gosip yang tidak perlu tersebut, petugas polisi Hwang Yong-sik (Kang Ha-neul) jatuh cinta dengan Dong-baek.

5. The Light in Your Eyes (2019).

drama Korea Baeksang Arts Awards  berbagai sumber foto: imdb.com

The Light in Your Eyes merupakan drama Korea pemenang Baeksang Arts Awards ke-55 2019 dengan kategori aktris terbaik. The Light In Your Eyes berkisah saat Kim Hye-ja (Han Ji-min) dapat melakukan perjalanan waktu dengan jam tangan ajaib yang ditemukannya di pantai. Namun, setiap kali dia menggunakannya, dia menua dengan cepat. Ketika Hye-Ja menggunakan arloji untuk menyelamatkan ayahnya dari kematian saat kecelakaan, dia bangun keesokan harinya sebagai seorang wanita berusia 70-an.

Sebelum perubahan yang luar biasa ini terjadi, Hye-ja bertemu dengan Lee Joon-ha (Nam Joo-hyuk), yang juga seorang calon jurnalis seperti Hye-Ja, dan jatuh cinta padanya. Bagaimana nasib hubungan Joon-ha dan Hye-Ja yang terlihat cukup tua? Drama ini menampilkan kisah cinta yang diuji melampaui ketertarikan fisik.

6. Stranger (2017).

drama Korea Baeksang Arts Awards  berbagai sumber

foto: imdb.com

Stranger merupakan drama Korea pemenang Baeksang Arts Awards ke-54 2018 sebagai drama terbaik. Stranger menceritakan Hwang Shi-mok (Cho Seung-woo), seorang jaksa yang tidak memiliki empati setelah menjalani operasi otak saat kecil. Dia kemudian bekerja sama dengan seorang letnan polisi berhati lembut Han Yeo-jin (Bae Doo-na) untuk memecahkan pembunuhan.

Yeo-jin dikenal memiliki kemampuan sebagai criminal profiler yang penuh prediksi jitu. Saat mereka menyelidiki untuk menemukan pelakunya, mereka menemukan korupsi yang terjadi di dalam sistem peradilan yang mereka percayai. Drama ini menampilkan beragam teka-teki detektif yang coba diungkap dua karakter utama.