Brilio.net - Banyak orang yang memanfaatkan Lebaran untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan. Disadari atau tidak, perilaku ini bisa mendatangkan penyakit lho. Konsumsi berlebihan saat Lebaran bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Belum lagi pola istirahat saat Lebaran menjadi tak menentu, hingga lupa memperhatikan keadaan tubuh. Padahal, asupan makanan yang masuk ke tubuh kita harus terkontrol secara baik.

Usai Lebaran, beberapa masalah kesehatan mulai mulai mengancam, dari penyakit ringan hingga gangguan kesehatan yang cukup berat. Tentunya penyakit tersebut sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Sedangkan kita pun tidak mau berbagai agenda usai Hari Raya batal, hanya karena menderita sakit.

Penasaran bukan dengan penyakit-penyakit tersebut? Nah, berikut ini brilio.net berikan daftar penyakit yang mengintai pasca Lebaran. Dikutip dari Liputan6.com pada Kamis, (13/6).

1. Flu dan Batuk

Loading...

waspadai penyakit pasca lebaran © 2019 brilio.net

foto: Freepik

Penyakit paling ringan yang rawan menyerang setelah Lebaran adalah flu dan batuk. Penyakit ini datang saat keadaan tubuh kurang fit. Flu dan batuk disebabkan oleh virus yang ada di udara kotor, bersalaman dengan orang lain, hingga tertular oleh tetangga. Minuman yang baik untuk mengatasi flu adalah madu dan teh.

2. Maag

waspadai penyakit pasca lebaran © 2019 brilio.net

foto: Freepik

Maag termasuk penyakit yang sering diidap karena mengonsumsi makanan yang tidak bersih, bisa juga diakibatkan karena telat makan. Kita harus mengatur jadwal makan agar kesehatan setelah Lebaran tetap terjaga. Selain telat makan, maag juga disebabkan oleh makanan pedas, asam dan juga makanan yang mengandung gas. Selama Lebara, usahakan tidak mengonsumsi jenis makanan tersebut agar potensi maag semakin rendah.

3. Diare

waspadai penyakit pasca lebaran © 2019 brilio.net

foto: Freepik

Pencernaan menjadi organ harus diwaspadai setelah Lebaran. Diare bisa diakibat karena kuman maupun makanan. Hampir sama dengan maag, diare juga bisa diakibatkan oleh makanan pedas dan berminyak. Gejala penyakit diare adalah muntah, mual, mulas dan nyeri perut disertai demam. Bila diare menyerang, siapkan oralit dan air putih untuk masa pemulihan.

4. Kelelahan

waspadai penyakit pasca lebaran © 2019 brilio.net

foto: Freepik

Jangan abaikan kondisi tubuh yang sedang kelelahan. Penyebab kelelahan adalah terlalu banyak kegiatan saat Lebaran. Jangan sampai memaksakan tubuh saat kelelahan. Sebaiknya cepat-cepat beristirahat agar tubuh kembali fit. Jagalah kesehatan tubuh dengan mengonsumi makanan sehat.

5. Penyakit kambuhan

waspadai penyakit pasca lebaran © 2019 brilio.net

foto: Freepik

Penyakit yang tak kalah menakutkan adalah penyakit kambuhan. Maksud dari penyakit kambuhan adalah penyakit yang pernah kita alami. Jika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan ketika Lebaran, bisa jadi penyakit itu datang kembali. Penyakit ini disebabkan kita tak pandai mengatur pola makan dan pola tidur saat Lebaran.

6. Hipertensi

waspadai penyakit pasca lebaran © 2019 brilio.net

foto: Freepik

Hipertensi menjadi salah satu potensi penyakit yang menakutkan setelah Lebaran. Mulailah waspadai makanan yang mengandung garam yang dapat memicu tekanan darah. Tekanan darah yang normal adalah 120/80mmHg. Jika tekanan darah melebihi angka tersebut, maka kamu terkena hipertensi.

7. Kolesterol

waspadai penyakit pasca lebaran © 2019 brilio.net

foto: Freepik

Mengonsumsi makanan yang berlebihan bisa membuat kadar kolesterol meningkat. Hal ini disebabkan hidangan makanan yang terbuat dari santan dan makanan yang digoreng dengan minyak. Jenis makanan tersebut memang menggugah selera seperti rendang, opor ayam, kue Lebaran dan sebagainya. Jadi, jangan sampai mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara berlebihan.