Brilio.net - Bau mulut merupakan permasalahan yang sering dialami banyak orang. Tentu saja hal ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Padahal di masa pandemi seperti sekarang, menjaga imunitas tubuh agar tetap fit dan selalu memerhatikan kesehatan termasuk bagian mulut, menjadi sangat penting.

Maklum, mulut menjadi salah satu bagian tubuh yang bisa menjadi tempat berkembangnya berbagai macam bakteri. Penyebab mulut bau pun sangatlah beragam. Karena itu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Apalagi, selain dari sisi kesehatan, bau mulut juga bisa berpengaruh pada psikologis lho. Sebab, mulut yang bau bisa menurunkan rasa percaya diri. Nah sebaiknya kamu menyimak apa saja penyebab bau mulut yang harus kamu hindari.

1. Makan dan minum hidangan tertentu

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

5 Penyebab bau mulut © 2021 brilio.netcunningdental.com

Minum dan makan hidangan tertentu yang beraroma kuat bisa menjadi penyebab mulut bau. Misalnya saja kopi, bawang, petai, rempah rempah, ikan, dan juga jengkol. Akan tetapi, bau mulut yang disebabkan hal-hal tersebut akan cepat hilang sehingga tidak mengkhawatirkan.

Agar mulut bau ini cepat teratasi, kamu perlu menyikat gigi dan menggunakan obat kumur. Pastikan produk yang dipilih cukup andal sehingga hidangan penyebab mulut bau tidak lagi menjadi masalah. Kamu juga perlu membilas tenggorokan dengan menggunakan air putih. Karena itu, biasakan segera minum setelah makan.

2. Kebersihan mulut tidak terjaga

5 Penyebab bau mulut © 2021 brilio.netsmile-with-grace.com

Penyebab lain yang dapat menyebabkan mulut menjadi bau adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga. Sisa makanan yang menempel pada gusi, lidah, dan gigi dapat memicu pertumbuhan bakteri dan plak di mulut sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, kamu perlu sikat gigi secara teratur minimal 3 kali sehari.

Kamu juga bisa rutin membersihkan gigi dengan menggunakan dental floss atau benang gigi. Cara ini merupakan langkah manual untuk menghilangkan karang gigi. Akan tetapi, kamu perlu melakukan hal tersebut dengan hati hati. Jangan sampai gusi menjadi terluka dan menjadi penyebab mulut bau semakin buruk.

3. Kebiasaan merokok

5 Penyebab bau mulut © 2021 brilio.netbodyreport.net

Bau mulut juga bisa disebabkan kebiasaan merokok. Beragam zat kimia yang ada di dalam produk tembakau akan menyebabkan gigi menjadi kuning dan plak semakin melekat sehingga lebih sulit untuk dibersihkan. Selain itu, rokok juga dapat menyebabkan berbagai gangguan mulut sehingga bau menjadi lebih parah.

4. Mulut kering

5 Penyebab bau mulut © 2021 brilio.netfreshbreathclinic.com.au

Mulut kering (xerostomia) merupakan kondisi saat mulut tidak memproduksi air liur dalam jumlah banyak. Padahal air liur ini dapat membersihkan mulut dari sisa sisa makan sehingga tidak mengeluarkan bau yang yang tidak sedap. Mulut kering ini menjadi respons dari berbagai kondisi tubuh, salah satunya akibat obat tertentu atau masalah pada kelenjar ludah.

Kamu perlu segera ke dokter jika kondisi tersebut terus berlanjut. Dengan begitu, penyebab mulut bau akan segera ketahuan. Dokter akan memeriksa sebenarnya apa yang menjadi penyebab mulut kering. Setelah itu mereka akan memberikan resep agar masalah tersebut dapat segera teratasi dengan baik. 

5. Tanda ada gangguan pencernaan

5 Penyebab bau mulut © 2021 brilio.netmedicalnewstoday.com

Bau mulut juga bisa disebabkan adanya gangguan pencernaan. Sebab, lambung dan mulut memiliki satu jalur yang sama. Karena itu, sangat disayangkan apabila masalah lambung ini juga berdampak pada kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, kamu perlu menyembuhkan masalah pencernaan itu terlebih dahulu.

Salah satu masalah lambung yang paling sering terjadi dan berimbas pada bau mulut adalah GERD atau asam lambung. Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi bakteri H Pylori di lambung. Penderitanya akan merasakan sensasi terbakar di bagian ulu hati dan dada serta mulut menjadi pahit dan asam. Rasa itulah yang menjadi penyebab mulut bau.

Nah mulai sekarang, kamu harus menjaga kesehatan mulut dan gigi ya. Selain untuk kesehatan, mulut yang bersih dan sehat juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Kamu bisa mencari berbagai informasi di banyak situs seputar penyebab bau mulut. Kamu bisa mengikuti setiap tips dengan mudah sehingga bau mulut dapat dicegah dengan baik.

(brl/red)