Brilio.net - Pemerintah Indonesia terus melakukan upaya terbaik untuk mengurangi penyebaran virus corona atau Covid-19. Selain memberikan aturan untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah, pemerintah juga menyediakan layanan rapid test Covid-19 bagi setiap penduduknya.

Selama ini tes dilakukan di beberapa rumah sakit rujukan pemerintah  dan hanya pada kalangan tertentu saja. Namun kini siapapun bisa melakukan tes untuk berjaga-jaga terinfeksi virus corona.

Dilansir brilio.net dari dream.co.id, Senin (21/4), kini, ada layanan tes Covid-19 drive-thru yang digelar Siloam Hospitals Group dan Lippo Malls Indonesia. Tes ini bakal digelar di beberapa area, yaitu Puri (Jakarta Barat), Kemang (Jakarta Selatan), dan Meikarta (Cikarang).

Layanan rapid test Covid-19 ini juga memberikan konsultasi gratis bersama dokter umum Siloam Hospitals secara online setelah hasil tes didapat. Untuk bisa melakukan Rapid Test Covid-19 di mobil ini biayanya Rp 489.000.

layanan rapid test Covid-19 drive thru di Indonesia Istimewa

Loading...

foto: Siloam Hospitals

Periode rapid test tersebut mulai dari 17 hingga 30 April 2020 pukul 08.00-10.00 WIB. Untuk lokasi teparnya di Jl. Puri Abadi (Gate 9, sebelah Lippo Mall Puri), akses masuk Kemang Village dari Jl. Antasari, dan lapangan terbuka Meikarta Convention Center (Maxx Box Orange County).

"Drive thru Rapid Test COVID-19 memungkinkan masyarakat untuk mengikuti skrining COVID-19 dengan lebih cepat, mudah, dan aman karena meminimalisir kontak fisik antara pemeriksa dengan yang diperiksa. Anda tetap berada di dalam mobil tanpa perlu keluar dari kendaraan," ujar Caroline Riady, Deputy President Director Siloam Hospitals Group dikutip brilio.net dari dream.co.id.

Bagi masyarakat yang berminat, pendaftaran dipermudah dengan melalui WhatsApp, kemudian melakukan pembayaran dengan OVO/QRIS. Sistem rapid test ini akan dilakukan di dalam mobil masing-masing. Semua dilakukan contactless seperti imbauan pemerintah.

Hasil tes akan dikirimkan melalui WhatsApp di hari yang sama, sehingga masyarakat bisa segera pulang tanpa harus lama menunggu. Jika hasil positif, maka akan diminta untuk menjalankan PCR Swab Test; jika negatif, maka akan diminta mengikuti tes kembali setelah 7-10 hari,” tambah Caroline.

Tak hanya itu saja, Siloam Hospitals juga telah mengoperasikan dua rumah sakit khusus rujukan Covid-19, yaitu Siloam Hospitals Kelapa Dua dan Siloam Hospitals Mampang.