×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jangan asal minum, ini kesalahan umum orang dalam mengonsumsi susu

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

Jangan asal minum, ini kesalahan umum orang dalam mengonsumsi susu

Susu dipercaya mendatangkan manfaat kesehatan.

(brl/pep)

28 / 06 / 2016

Brilio.net - Minuman susu sudah nggak asing bagimu, kan? Bisa jadi kamu penggemar minuman satu ini. Seperti kamu tahu, susu dipercaya mendatangkan manfaat kesehatan, salah satunya kesehatan tulang karena kandungan kalsiumnya. Tapi tahukah kamu minum susu bisa jadi keliru?

Nah, berikut ini dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (28/6), kesalahan orang dalam minum susu. Kenapa, ya?

1. Mencampur susu dengan teh.

salah minum susu Istimewa

Foto: monster-bego.blogspot.com

Minuman teh susu memang paling enak dibuat bersantai tapi ternyata punya efek nggak bagus, lho. Sebagaimana dikutip dari ScienceDaily, peneliti dari Charite Hospital, University of Berlin, Jerman menyatakan teh memang berfungsi meningkatkan aliran darah dan kemampuan arteri berelaksasi. Tapi kalau dicampur susu, maka bisa menghambat efek perlindungan dari teh.

Selain itu susu mengandung protein kasein yang bisa menurunkan sejumlah komponen yang terdapat dalam teh, semisal catechin yang sangat bermanfaat untuk melawan penyakit jantung.

2. Minum obat pakai susu.

salah minum susu Istimewa

Foto: webmd.com

Kamu yang sedang sakit dan minum obat, jangan pernah meminumnya menggunakan susu. Dikutip dari everyday HEALTH, alasannya karena beberapa obat punya kandungan tetrasiklik yang akan bereaksi dengan susu. Hal ini akan membuat kalsium justru akan mengikat antibiotik sehingga obat nggak bisa terserap tubuh.

3. Minum susu setelah makan jeruk.

salah minum susu Istimewa

Foto: harvestberry.wordpress.com

Kalau kamu habis makan jeruk, jangan langsung minum susu. Sebagaimana dikutip dari People.cn, minum susu setelah makan jeruk bisa memengaruhi penyerapan nutrisi asam buah dalam jeruk yang bertemu dengan protein dalam susu. Hal ini bisa membuat gangguan pencernaan, seperti kembung bahkan diare.

4. Mengonsumsi susu dan cokelat.

salah minum susu Istimewa

Foto: prod.thestoryofchocolate.com

Dikutip dari HEALTH InfoNIAC, susu dikenal mengandung kalsium yang baik, sedangkan cokelat mengandung asam oksalat yang menghambat penyerapan kalsium. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2008, cewek yang makan satu porsi atau lebih cokelat setiap hari memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah dibandingkan cewek yang konsumsi cokelatnya jarang.

Kalau susu bercampur cokelat dipadukan jelas bisa menghambat penyerapan kalsium.Kalau sampai terhambat, bisa terjadi pembentukan kristal yang mengiritasi lambung dan membentuk batu ginjal. Untuk penderita batu ginjal dengan banyak kandungan oksalat dalam tubuh, nggak boleh mengonsumsi susu dengan cokelat. Mereka justru harus mengurangi jumlah makanan yang mengandung oksalat, seperti cokelat, bayam, brokoli, dan kedelai. Sebaliknya, mereka justru harus meningkatkan konsumsi makanan dan minuman berkalsium tinggi.

Well, guys... kamu pernah mempraktikkan yang mana, nih? Mulai sekarang stop, ya. Mending kamu minum susu yang pasti-pasti aja. Apalagi sekarang lagi ibadah puasa, kamu wajib menjaga kesehatan biar semangat terus beraktivitas.

Nah, untuk membantu menjaga kesehatanmu selama Ramadan, Minum Bear Brand pas sahur, ya. Bear Brand berisi 100% susu murni dan tanpa penambahan bahan pengawet. Kalau kesehatanmu terjaga, puasa jadi lancar, aktivitas sehari-hari juga berjalan mulus, plus kamu bisa banyak berbuat kebaikan.

Nggak perlu muluk-muluk kalau mau berbuat kebaikan. Yuk, ikutan #BerbagiKemurnian bareng Bear Brand dan raih kesempatan menangin THR Rp 10 juta! Mau tahu caranya? Baca di sini, yuk!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    43%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    43%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    14%

  • Love

    0%

MORE
Wave more