Brilio.net - Kini, smartphone sudah menjadi benda yang wajib dibawa bahkan teman di segala suasana. Jika kamu di kampus atau kantor terus handphone ketinggalan pasti panik. Pokoknya mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, handphone nggak lepas dari genggaman. Bahkan lampu kamar sudah dimatikan masih saja asyik scrolling media sosial sampai kepo mantan meski ngantuk berat. Ups! Kamu ngalamin kayak gini juga nggak?

Kalau iya, kamu perlu perhatikan laporan dari New England Journal of Medicine dikutip brilio.net, Rabu (29/6), menyatakan bahwa main handphone di ruangan gelap bisa membahayakan kesehatan. Gordon Plant, dokter mata Moorfields Eye Hospital di London menjelaskan sinar menyilaukan yang kuat dari ponsel dapat menyebabkan beberapa pengguna smartphone berisiko kehilangan penglihatan dan menjadi buta. Risiko ini bisa dialami oleh orang-orang yang membaca dan bermain smartphone di ruangan gelap sambil berbaring di sisi tempat tidur.

Plant menambahkan ketika seseorang berhenti bermain smartphone dan bangun untuk melakukan aktivitas lain, mereka mungkin akan kehilangan penglihatan secara tiba-tiba. Untungnya, menurut laman Health kondisi ini hanya berlangsung sementara selama beberapa menit tanpa risiko kerusakan permanen. Hal ini mirip dengan kemampuan mata untuk beradaptasi ketika berpindah dari ruangan yang sangat terang ke ruangan yang sangat gelap.

Temuan lain dikemukakan Profesor Li Li, direktur Rumah Sakit of Ophthalmology yang menemukan semakin banyak pasien berumur 20-40 tahun berobat ke dokter dengan keluhan penyakit mata degenerasi makula. Sebagian besar dari mereka punya kebiasaan bermain smartphone di ruangan gelap.

Degenerasi makula adalah suatu keadaan di mana makula mengalami kemunduran sehingga terjadi penurunan ketajaman penglihatan dan kemungkinan akan menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan sentral. Padahal makula adalah bagian vital dari retina yang memungkinkan mata melihat secara detail.

Loading...

"Setelah lampu mati, layar ponsel terlihat sangat terang dalam kegelapan. Dengan melihat dari jarak dekat maka energi tinggi menyinari mata langsung, dan akan merusak makula mata. Gejala awalnya mata kering tapi gejala yang lebih serius adalah katarak dan kehilangan penglihatan alias buta," katanya.

Jadi mulai dari sekarang, bijaklah memakai smartphone dan kurang-kurangi mainan HP di ruangan gelap ya. Kesehatanmu, lho!