Brilio.net - Hingga saat ini, penyebaran virus corona masih mengkhawatirkan. Masyarakat pun diimbau untuk terus waspada dengan menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari.

Nah, baru-baru ini ramai kabar tentang air garam bisa mengatasi virus corona. Dilansir dari The Sun, seorang ahli virologi dari Edinburgh University mengatakan, berkumur air garam secara teratur bisa membantu mengatasi corona pada pasien positif.

"Upaya ini tampaknya efektif dalam mengurangi gejala dan lamanya penyakit ini," tulis Dr Sandeep Ramalingam, salah satu tim peneliti dalam Journal of Global Health.

Konsultan virologi di Royal Infirmary of Edinburgh melakukan penelitian lebih lanjut tentang hal ini. Dilakukan test kepada 66 pasien dengan infeksi hidung dan tenggorokan di Rumah Sakit Royal dan Rumah Sakit Umum Barat di Edinburgh.

Disebutkan bahwa sebanyak 32 pasien mengirigasi hidung dan berkumur dengan air garam 12 kali dalam sehari. Sedangkan 34 pasien lainnya hanya melanjutkan perawatan rutinnya saja.

Loading...

Saat dilakukan swab test kembali, ditemukan bahwa pasien yang berkumur air garam tersebut menunjukkan hasil yang baik atau positif.

"Dengan demikian, mungkin cara ini menawarkan upaya yang aman, efektif, dan terukur pada mereka yang terinfeksi covid-19," turup Dr Ramalingam.