Brilio.net - Wanita hamil harus pintar-pintar dalam memilih asupan yang memenuhi kebutuhan gizi mereka. Ada beberapa makanan yang memberikan manfaat kesehatan baik bagi ibu maupun si bayi. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi selama kehamilan adalah air kelapa.

Sementara mitos bahwa mengonsumsi air kelapa hijau dapat membuat rambut anak menjadi lebat sebenarnya nggak ada korelasinya juga. Justru mengonsumsi air kelapa sebenarnya baik karena dapat membantu mengatasi kekurangan cairan dan elektrolit yang terjadi ketika ibu mual dan muntah selama trimester pertama. (BACA: 8 Mitos pada ibu hamil yang perlu kamu tahu)

Namun, selain manfaat tersebut, masih banyak manfaat lain yang dapat dinikmati ibu hamil ketika rutin mengonsumsi air kelapa. Dilansir brilio.net dari Boldsky, Jumat (25/12) berikut ini manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil ketika mengonsumi air kelapa secara rutin. Yuk, simak!

1. Menjaga asupan cairan harian

Air kelapa nggak bikin rambut bayi lebat, tapi bagus buat ibu hamil

Loading...

foto: teignfitness.co.uk

Wanita hamil membutuhkan lebih banyak cairan untuk mengisi kebutuhan bayinya yang belum lahir. Air kelapa menyediakan tingkat cairan tambahan yang dibutuhkan oleh tubuh wanita hamil. Selain itu, air kelapa juga membantu meningkatkan volume darah dalam tubuh.

2. Memasok elektrolit

Air kelapa nggak bikin rambut bayi lebat, tapi bagus buat ibu hamil

foto: drinkbai.com

Selain air, wanita hamil juga membutuhkan banyak elektrolit. Hal ini akan membantu tubuh untuk tetap terhidrasi. Air kelapa memiliki natrium, kalsium, dan kalium yang menghantarkan muatan listrik ke dalam tubuh. Ini akan membantu mempertahankan tingkat cairan dalam tubuh.

3. Mencegah hipertensi

Air kelapa nggak bikin rambut bayi lebat, tapi bagus buat ibu hamil

foto: boldsky.com

Banyak wanita menderita hipertensi selama masa kehamilan. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan untuk ibu dan bayinya yang belum lahir. Mengonsumsi air kelapa dapat memberikan efek relaksasi pada hipertensi. Air kelapa juga memudahkan tingkat tekanan darah.

4. Menjaga berat yang sehat

Air kelapa nggak bikin rambut bayi lebat, tapi bagus buat ibu hamil

foto: boldsky.com

Air kelapa mengandung lemak dan nol kolestrol. Jadi, tidak ada risiko masalah berat badan bila wanita hamil meminum air kelapa. Mengonsumsi air kelapa setiap hari justru membantu berat badan yang sehat selama masa kehamilan.