Brilio.net - Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang kerap menghampiri berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Pada dasarnya orang sudah banyak mendengar betapa bahayanya penyakit ini dan bukan menjadi rahasia lagi bahwa seseorang harus selalu waspada. Darah tinggi dapat terjadi ketika tekanan darah yang mengalir di dalam tubuh seseorang menjadi lebih tinggi dan di atas tekanan darah normal yang dianjurkan.

Tekanan darah tinggi sering kali muncul tanpa gejala dan membuat seseorang tak menyadari hal itu. Tak sedikit dari mereka tidak mengetahui bahwa mereka sedang dilanda tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian mengatakan bahwa tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan pembuluh darah arteri rusak, khususnya di ginjal dan mata.

Tak hanya itu saja, seperti yang sudah banyak diketahui orang, bahwa tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan store, serangan jantung, dan berbagai masalah pembuluh darah lainnya yang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh seseorang. Oleh karenanya sangat penting bagi seseorang untuk menjaga kesehatan tubuhnya agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya dan mematikan lainnya.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi. Mengingat seseorang yang kerap tak bisa mengontrol selera makannya, sehingga mereka tak memperdulikan dampak makanan tersebut untuk kesehatan tubuhnya. Bagi kamu yang tak ingin terserang penyakit, terutama tekanan darah tinggi, ada baiknya untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini yang dipercaya dapat mengontrol tekanan darah tinggi.

Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (4/4).

Loading...

1. Pisang.

mengontrol tekanan darah tinggi istimewa

foto: pixabay.com

Siapa sangka buah yang terasa enak dan mudah dijumpai ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Pisang mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh seseorang yang menderita hipertensi.

2. Kentang.

mengontrol tekanan darah tinggi istimewa

foto: pixabay.com

Mengonsumsi kentang juga bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Pasalnya di dalam kentang mengandung kalium dan megnesium tinggi. Kedua mineral tersebut dapat menurunkan tekanan darah. Jika biasanya kamu menikmati kentang dengan digoreng dan menaburkan sedikit garam, kali ini coba mengonsumsinya dengan direbus atau dibakar saja.

3. Bayam.

mengontrol tekanan darah tinggi istimewa

foto: pixabay.com

Bayam memang dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Di dalam bayam terdapat kandungan kalori, tinggi serat, serta terdapat kalium, folat, magnesium. Di mana kandungan tersebut sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kamu bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara, di masak maupun dijus.

4. Alpukat.

mengontrol tekanan darah tinggi istimewa

foto: pixabay.com

Hampir semua orang menyukai buah lezat satu ini. Kandungan asam oleat di dalam alpukat sangat membantu untuk mengurangi tekanan darah tinggi serta kadar kadar kolestrol. Alpukat juga kaya akan vitamin A,K, B dan E serta sarat dengan serat.

5. Biji bunga matahari.

mengontrol tekanan darah tinggi istimewa

foto: pixabay.com

Biji bunga matahari kerap dijadikan cemilan oleh seseorang, rasanya yang enak memang cocok dijadikan teman ngemil untuk menghabiskan waktu bersama. Kandungan vitamin E, asam folat, protein dan serat yang ada di dalam biji bunga matahari ternyata dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu saja, biji bunga matahari juga merupakan sumber magnesium yang baik.

6. Wortel.

mengontrol tekanan darah tinggi istimewa

foto: pixabay.com

Kebanyakan orang hanya mengenal wortel sebagai jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Namun wortel tak hanya memiliki fungsi itu saja. Wortel juga bisa mengatasi tekanan darah tinggi serta membantu menjaga tekanan darah normal dengan mengatur fungsi jantung dan ginjal. Kamu bisa mengonsumsimnya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Buah berry.

mengontrol tekanan darah tinggi istimewa

foto: pixabay.com

Buah-buah yang masuk dalam kelompok berry, terutama buah blueberry memiliki senyawa flavonoid yang mana kandungan tersebut dapat mencegah tekanan darah tinggi dan mampu menurunkan darah tinggi dengan baik. Kamu bisa mengonsumsinya baik secara langsung maupun dijus.

8. Cokelat.

mengontrol tekanan darah tinggi istimewa

foto: pixabay.com

Siapa sangka coklat dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada seseorang. Cokelat mengandung flavonoid, di mana kandungan tersebut memiliki peran aktif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu yang cukup ampuh adalah dark chocolate. Di mana para peneliti menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi dark chocolate, seseorang yang menderita tekanan darah tinggi akan cepat sembuh.

9. Jeruk.

mengontrol tekanan darah tinggi istimewa

foto: pixabay.com

Selain mudah di dapat, jeruk juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh seseorang, salah satunya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara di makan langsung atau dijus. Disarankan untuk membuatnya sendiri, jangan membeli jus jeruk kemasan.