Brilio.net - Jus memang minuman yang gampang dibuat dan juga didapatkan. Bahkan, banyak yang percaya satu cup jus bisa mengganti nutrisi untuk beberapa asupan gizi. Benarkah begitu? Kenyataannya kita masih mempunyai persepsi yang salah, baik dalam membuat ataupun meminum jus. Apakah kamu menyadarinya?

Berikut adalah kesalahan-kesalahan dalam membuat dan juga mengonsumsi jus yang harus kamu hindari sebagaimana dihimpun brilio.net dari Juicing with G, Selasa (16/2).

BACA JUGA: 15 Cara mengupas buah yang tepat, kamu pasti tak menduga sebelumnya

1. Selalu minum jus yang sama setiap hari

Tentu saja kebiasaan yang satu ini tidak bagus untuk metabolisme tubuh. Badan kamu juga membutuhkan asupan lain dari sumber makanan yang berbeda. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mencampurkan bahan-bahan lain dalam jus kamu seperti sayuran.

2. Langsung minum jus tanpa dikunyah

Meskipun tekstur jus sangat cair, kamu tidak boleh langsung menelannya. Tetap saja, kamu harus mengunyahnya secara pelan-pelan kemudian baru ditelan. Hal ini sesuai dengan proses pencernaan yang dimulai dari mulut.

3. Jarang menambahkan unsur sayuran

Banyaknya kandungan gula dalam buah harus diimbangi dengan sayuran. Makanya, jangan ragu untuk menambahkan daun-daun hijau dalam ramuan jus kamu.

4. Asal campur saat bikin jus

Meskipun harus ditambah dengan bahan lain, bukan berarti kamu main asal campur. Banyak sekali buah-buahan yang tidak boleh digabungkan dengan sayuran. Selain itu, terlalu banyak sayuran juga bisa membuat kamu muntah.

5. Soal bentuk blender atau juicer

Seringkali kita tertipu dengan iklan saat membeli kedua alat ini. Padahal, masing-masing alat biasanya fungsinya berbeda. Memang hal ini disesuaikan dengan bentuk buah dan tekstrunya. Oh ya, seringkali kita lupa untuk langsung membersihkan juicer setelah memakainya.

6. Berpikir bahwa jus bisa mengganti asupan makanan

Tidak semua jus seperti ini sifatnya, bahkan jarang. Itulah mengapa kamu tetap harus mengonsumsi makanan lain selain jus.

7. Minum jus tidak tepat waktu

Waktu yang paling tepat untuk meminum jus adalah ketika perut dalam keadaan kosong. Hal ini bisa memaksimalkan penyerapan nutrisi.

8. Bahan yang tidak fresh

Pilihlah bahan-bahan yang segar untuk jus yang terbaik. Jadi, jangan sampai kamu menyimpan buah atau sayurnya terlalu lama di dalam kulkas.

9. Pencucian yang tidak bersih

Karena buah dan sayur di dalam jus tidak dimasak, kamu harus ekstra hati-hati saat proses pencucian. Jangan sampai kandungan pestisida dan zat lainnya masih tinggi. Lebih baik cuci dengan air yang mengalir.

(brl/pep)

(brl/pep)