Brilio.net - Siapa yang tak ingin memiliki tubuh langsing dan seksi? Tal hanya wanita saja, pria juga menginginkan tubuh ideal. Tak heran jika banyak cara yang dilakukan orang untuk bisa mewujudkan. Mulai dari berolahraga secara rutin, mengonsumsi obat pelangsing yang sebenarnya tidak dianjurkan, dan juga melakukan diet ketat.

Berbicara mengenai diet, sangat disayangkan karena beberapa orang menjalankan diet dengan cara yang salah. Diet sebenarnya mengatur pola makan yang lebih sehat, bukan justru membuat kamu merasakan lapar. Misalnya jika terbiasa makan makanan yang manis dan berlemak, maka selama diet kamu harus mengurangi jenis makanan tersebut.

Lakukan diet sehat maka akan membuat badan kamu menjadi lebih sehat dan ideal. Memang banyak aturan khusus yang perlu kamu lakukan, tidak semudah mengonsumsi obat. Selama diet kamu tidak perlu menyiksa diri dengan mengurangi porsi makan secara drastis, mengonsumsi makanan yang tidak enak, ataupun membuat diri sendiri kelaparan.

Berikut ini ada beberapa cara diet sehat yang bisa kamu lakukan, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (5/8).

1. Tidak membiarkan perut kelaparan.

Cara diet sehat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Diet sehat pertama adalah memastikan bahwa kamu tidak merasa lapar sepanjang hari. Hal ini akan memperburuk kesehatan kamu, di mana kamu akan merasakan pusing dan merusak pencernaan.

Untuk mengatasinya, selalu sediakan bekal sehat di dalam tasmu. Makanan porsi kecil tapi bergizi tinggi seperti telur rebus, greek yoghurt atau pisang dapat memenuhi kebutuhan tubuh kamu seketika tanpa meninggalkan kalori yang berlebihan.

2. Pentingnya asupan nutrisi.

Cara diet sehat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selama diet tubuh tetap harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Tubuh setidaknya membutuhkan 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari guna memenuhi nutrisi yang Anda butuhkan.

Kamu bisa memilih makanan sehat seperti sayur, buah-buahan, roti dan beberapa jenis makanan sehat lainnya untuk dikonsumsi dalam porsi yang tidak berlebihan pula. Bila perlu jadikan buah dan sayur sebagai camilan di sore hari.

3. Mengunyah dengan benar.

Cara diet sehat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Banyak orang makan dengan sangat cepat, kebiasaan ini tidaklah benar. Kamu perlu mengunyah dengan benar makanan agar mudah dicerna. Oleh sebab itu, mengunyah dengan benar dapat membantu kamu merasa kenyang dan tidak makan berlebihan.

Cara mudahnya, kamu bisa mengatur durasi makan. Sebagai contoh, beri waktu 15 menit untuk menghabiskan makanan kemudian berhenti beberapa saat. Cara ini akan sangat efektif dan membuat kamu jauh lebih sehat.

4. Kurangi makan garam.

Cara diet sehat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jika biasanya kamu senang makan-makanan asing seperti kentang goreng, selama diet coba hindari makanan satu ini. Pasalnya sodium yang berlebihan bisa membuat tubuh kesulitan untuk memproses metabolisme lemak.

Bila perlu jika kamu jika kamu memasak sesuatu tak perlu menggunakan garam terlalu berlebihan. Dengan mengurangi konsumsi garam, maka tekanan darah akan terkontrol dengan baik.

5. Perbanyak minum air putih.

Cara diet sehat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jangan biarkan tubuh merasa dehidrasi sepanjang waktu, kamu harus perbanyak minum air mineral. Memang dengan banyak minum akan membuat kamu terus-terusan ingin ke toilet, namun ini adalah salah satu cara hidup sehat.

Cobalah untuk meminum air paling tidak 2 liter sehari dengan membiasakan diri membawa botol minum.

6. Olahraga secara rutin.

Cara diet sehat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Rasanya percuma jika kamu telah melakukan banyak hal untuk diet, namun tidak diimbangi dengan olahraga secara rutin. Jika kamu tidak begitu sibuk, lakukan olahraga rutin pagi dan juga sore atau pilih salah satunya.

Ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk tetap bergerak, misalnya turun naik tangga, berjalan kaki, melakukan gerakan-gerakan kecil dan masih banyak lainnya lagi.

7. Tidur cukup.

Cara diet sehat © 2020 brilio.net



foto: freepik.com

Istirahat cukup menjadi yang harus kamu perhatikan. Percuma kamu menjalani diet jika kamu tidak mengatur pola tidur dengan baik. Agar tubuh mendapatkan regenerasi maksimal, perbaiki gaya hidup kamu dengan tidur yang cukup, misalnya 6 hingga 8 jam sehari.

8. Sarapan tinggi protein.

Cara diet sehat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sarapan menjadi yang sangat penting sebelum memulai aktivitas. Jika kamu sering sarapan sereal atau roti, cobalah ganti dengan makanan yang tinggi protein seperti telur dan susu. Meningkatkan konsumsi protein di pagi hari akan membuat kamu tidak ngemil sepanjang waktu.

9. Konsumsi apel.

Cara diet sehat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Apel menjadi salah satu makanan yang sangat dianjurkan bagi mereka yang menjalani diet. Sebuah apel memiliki kurang dari 200 kalori dengan kandungan protein dan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh untuk menahan nafsu makan. Konsumsi apel paling tidak dua kali sehari sebagai cara diet sehat.