Brilio.net - Saat ini, gangguan tidur dinilai sebagai sesuatu yang biasa bagi masyarakat modern. Tapi nyatanya, hal ini bisa berdampak serius lho. Seperti brilio.net lansir dari Lifehack, Selasa (26/7), The Sleep Foundation menyatakan tiap tahunnya ada 100.000 tabrakan mobil, 76.000 kecelakaan dan 1.500 kematian di Amerika Serikat, yang disebabkan oleh kurang tidur atau yang disebut sleep deprivation.

Nah, kali ini brilio.net bakal ngasih kamu penjelasan tentang sinyal-sinyal apa saja yang menunjukkan jika kamu kurang tidur atau mengalami sleep deprivation. Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Bertambahnya berat badan

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa berat badan yang naik akibat dari kurang tidur. Orang yang kurang tidur bisa makan 300 lebih kalori per hari daripada orang yang bisa tidur semalaman.

2. Gangguan konsentrasi

Kebanyakan orang menyadari jika mereka cenderung kurang mampu berkonsentrasi jika sudah larut malam. Ini karena ketika kamu menjalani hari tanpa tidur bisa mengurangi fungsi otak sebanyak 32%.

3. Gangguan emosional

Beberapa studi menyebutkan kurang tidur bisa juga mengurangi kontrol emosi dan juga kemampuan kamu untuk mengatasi stres.

4. Ingatan memburuk

Kurang tidur juga memengaruhi kemampuan kamu untuk mengingat bahkan untuk hal-hal yang sepele, seperti misal di mana kamu menyimpan kunci atau dompet. Hmm, perlu diwaspadai nih guys!

Kamu nggak nyangka kan? KLIK NEXT untuk mengetahui sinyal lainnya.

2 dari 2 halaman

5. Menurunnya sistem kekebalan

Bila kamu kurang tidur, maka hal ini berpengaruh juga pada fungsi imun tubuhmu. Karena itu, jika kamu kurang tidur, biasanya bakal lebih rentan kena infeksi seperti flu atau pilek biasa. Hal ini tentu bisa mengurangi kualitas hidup kamu dong!

6. Mengurangi umurmu

Kurang tidur secara kronis bisa membuat umurmu berkurang lho. Dalam sebuah studi menunjukkan wanita yang kurang dari lima jam tidur per malam, hidupnya lebih pendek dari yang mendapat tidur cukup. Hal ini dikarenakan adanya stres kronik diakibatkan oleh kurang tidur.

7. Penyakit jantung

Kurang tidur bisa menjadi faktor yang berkontribusi terhadap penyakit jantung. Hal ini lantaran ada hubungan kurang tidur dengan berat badan dan meningkatkan kadar tekanan darah.

8. Cidera dan kecelakaan

Dari data statistik yang dikutip dari Sleep Foundation, kecelakaan seringkali disebabkan pengemudi tidak fokus, kurang konsentrasi atau kurang memperhatikan. Hal itu tidak lain karena kurang tidur.

Nah, dari 8 kondisi itu apakah ada yang pernah kamu alami? Coba deh kamu cek lagi siklus tidurmu. Ada beberapa hal simpel bisa kamu lakukan untuk mengurangi kadar gangguan tidur. Misalnya menertibkan diri sendiri untuk tidur 7-8 jam per hari, jaga tempat tidurmu agar sejuk, dan kurangi cahaya di kamarmu. Kamu juga bisa mandi air hangat agar relaks otot-ototmu. Jangan lupa hindari konsumsi kafein, gula dan makanan berat berlebihan sebelum tidur.