Brilio.net - Camilan adalah salah satu pilihan terbaik untuk menaikkan perasaan. Mulai dari yang rasanya manis sampai gurih, selalu bikin ketagihan.

Di balik rasanya yang nikmat, camilan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya menaikkan berat badan. Yaps, untuk kamu yang menginginkan agar berat badan segera naik, beberapa camilan sehat bisa jadi solusinya. Dengan mengonsumsi itu, kamu nggak perlu lagi menambah obat-obatan penambah berat badan.

Camilan sehat penambah berat badan bisa kamu temukan mudah di sekitarmu. Kamu bisa mengolahnya dengan aneka campuran bahan lain untuk menambah manfaat dan cita rasanya.

Camilan ini juga memiliki rasa yang enak lho. Pasalnya, makanan ini terbuat dari bahan alami yang bisa kamu nikmati dengan beragam rasanya. Mulai dari kacang-kacangan sampai minuman sehat yang menyegarkan.

Yuk simak apa saja camilan sehat penambah berat badanmu. Simak ulasan lengkapnya dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (16/11).

Loading...

1. Buah kering.

Camilan penambah berat badan  © freepik.com

foto: freepik.com

Buah kering bisa menjadi camilan sehat dalam menaikkan berat badanmu lho. Buah kering mengandung kalori yang tinggi, antioksidan, mikronutrien.

Salah satu alasan mengapa buah kering baik untuk menambah berat badan adalah karena mengandung gula alami yang tinggi.

Sebagian orang mengira buah akan kehilangan nutrisinya saat dikeringkan. Namun dilansir brilio.net dari Healthline.com, faktanya tidak. Buah kering mengandung banyak serat, sebagian besar vitamin dan mineralnya juga tetap utuh.

Untuk mengolahnya, kamu bisa mencampurkan buah kering dengan bahan sehat lain. Bisa kacang-kacangan, potongan daging, keju ataupun yoghurt.

2. Roti gandum utuh.

Camilan penambah berat badan  © freepik.com

foto: freepik.com

Roti gandum juga bisa kamu pilih untuk menaikkan berat badan. Nggak perlu repot, kamu bisa mengolah roti gandum secara sederhana dengan menambahkan telur, daging, keju, selai kacang maupun alpukat.

Nah menu salah satu menu simpel yang kamu bisa coba dengan bahan tersebut adalah sandwich. Kamu hanya perlu menjadikan bahan tersebut menjadi satu dan menyantapnya dengan saus favorit.

3. Alpukat.

Camilan penambah berat badan  © freepik.com

foto: freepik.com

Buah yang satu ini kaya akan lemak sehat yang berfungsi baik untuk tubuh. Satu buah alpukat besar mengandung sekitar 322 kalori, 29 gram lemak, dan 14 gram serat. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat.

Dengan kandungannya, alpukat bisa kamu olah bersama menu makananmu, seperti omelet atau sandwich. Dan yang cukup terkenal, kamu bisa mencoba roti panggang diolesi alpukat yang sudah dihaluskan.

4. Sereal sehat.

Camilan penambah berat badan  © freepik.com

foto: freepik.com

Kamu pecinta sereal? Kamu bisa menikmati makanan ini sebagai penambah berat badanmu.

Sereal sehat bisa jadi asupan yang lengkap untuk mencukup gizimu. Pasalnya kamu bisa sekaligus mendapatkan karbohidrat, kalori, dan nutrisi di dalam sereal sehat.

Mengolah sereal pun nggak ribet, kamu bisa memasak atau mungkin menambahkannya dengan susu. Dilansir dari Healthline.com, dalam 1 cangkir oatmeal matang, terdapat sekitar 130 kalori.

Kalau kamu bosan dengan yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba mencampurkan sereal dengan yoghurt, buah kering, kacang-kacangan dan biji-bijian.

5. Telur.

Camilan penambah berat badan  © freepik.com

foto: freepik.com

Selain mudah ditemukan, telur juga jadi solusi yang tepat untuk menambah berat badan. Telur mengandung kombinasi protein berkualitas tinggi dan juga lemak sehat.

Setiap telur mentah berukuran besar dengan berat 2 ons, memiliki sekitar 74 kalori. Fakta menarik lainnya, hampir semua nutrisi bermanfaat dalam telur terdapat pada kuning telur. Nggak perlu pusing dalam mengolah telur karena banyak cara yang bisa kamu pilih, mulai dari direbus, goreng, sampai dipanggang.

6. Yoghurt penuh lemak.

Camilan penambah berat badan  © freepik.com

foto: freepik.com

Makanan ini bisa jadi pilihan camilan lainnya. Pasalnya, yoghurt memiliki kandungan protein, vitamin dan lemak yang seimbang.

Ada beberapa resep yang bisa kamu coba sebagai campuran untuk menikmati yoghurt, di antaranya seperti smoothies, campuran yoghurt dan buah, serta yoghurt dan granola.

7. Kentang.

Camilan penambah berat badan  © freepik.com

foto: freepik.com

Selain menambah berat badan, kentang juga meningkatkan simpanan glikogen otot dalam tubuhmu. Glikogen merupakan sumber bahan bakar utama untuk sebagian besar olahraga dan aktivitas.

Sumber karbohidrat ini juga menyediakan nutrisi, serat penting, serta pati resisten, yang dapat membantu menyehatkan bakteri usus.

8. Selai kacang.

Camilan penambah berat badan  © freepik.com

foto: freepik.com

Nah selai kacang juga nggak kalah ampuh nih untuk menambahkan berat badan. Segenggam kecil almond mentah (1/4 cangkir) mengandung 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 15 gram lemak sehat.

Perlu kamu ketahui, kacang-kacangan padat akan kalori. Hanya dua genggam penuh per hari dengan makanan atau sebagai camilan dapat dengan cepat menambah ratusan kalori.

Untuk menikmati camilan berkalori tinggi, kamu bisa menambahkan selai kacang pada smoothies, roti, dan juga yoghurt. Namun akan lebih baik kalau kamu memastikan 100 persen selai kacang tanpa tambahan gula atau minyak ekstra.

Akan lebih baik lagi, kalau kamu bisa membuat sendiri resep mentega almond yang mudah dibuat dan bisa lebih ekonomis. Yuk coba!