Brilio.net - Saat ini, sudah mulai memasuki musim hujan. Menghadapi musim hujan ini masyarakat harus benar-benar menjaga kesehatan tubuhnya. Karena saat musim hujan berbagai penyakit dan infeksi mudah menyerang tubuh.

Biasanya penyakit yang paling umum menyerang saat musim hujan adalah flu. Saat flu melanda, kita sering mengalami beberapa gejala seperti sakit badan ringan, sakit kepala, dan sakit telinga.

Sakit telinga saat flu sangat mengganggu aktivitas. Hal itu disebabkan gendang telinga yang meradang karena infeksi virus. Lantas, bagaimana mengatasi sakit telinga yang disebabkan oleh flu? Ternyata dengan bahan-bahan alami ini, sakit telinga bisa terobati dengan baik. 

Berikut tujuh cara dan bahan yang mampu mengatasi sakit telinga saat flu seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Selasa (7/7).

1. Pijat.

Sakit telinga © 2020 brilio.net

Loading...

foto: freepik

Memijat bagian yang sakit di sekitar telinga dengan lembut dapat membantu meringankan sakit telinga. Cara ini sangat efektif untuk sakit telinga yang menjalar dari gigi atau rahang penyebab sakit kepala. Cara ini juga dapat membantu mengalirkan kelebihan cairan dari telinga dan mencegah rasa sakit memburuk.

2. Minyak zaitun.

Sakit telinga © 2020 brilio.net

foto: pixabay

Kita tahu bahwa minyak zaitun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tak hanya untuk obat oles tapi juga bisa diminum. Nah untuk mengobati sakit telinga dengan minyak zaitun, kamu bisa panaskan sedikit sendok minyak zaitun, biarkan sedikit dingin dan masukkan beberapa tetes minyak zaitun hangat ke telinga dengan rasa sakit.

3. Kompres hangat.

Sakit telinga © 2020 brilio.net

foto: freepik

Cara terbaik mengatasi sakit telinga adalah dengan mengompres telinga menggunakan bantal pemanas atau hot pack. Lakukan pengompresan selama 20 menit untuk mengurangi peradangan.

4. Kompres dingin.

Sakit telinga © 2020 brilio.net

foto: freepik

Selain dengan air hangat, kamu juga bisa kompres telinga dengan air dingin. Caranya, bungkus es batu dengan handuk atau kain kemudian tempelkan pada telinga selama 20 menit.

5. Bawang bombai.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang bombai efektif dalam melawan flu dan membantu mengurangi sakit telinga. Pasalnya, bawang bombai memiliki kandungan flavonoid yang disebut quercetin. Zat tersebut memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meringankan rasa sakit.

Kamu bisa memanaskan bawang bombai dalam microwave selama satu atau dua menit dan saring cairannya. Oleskan 4-5 tetes di telinga dengan rasa sakit dan berbaring selama 10 menit.

6. Beri ASI untuk penderita yang masih bayi.

Sakit telinga © 2020 brilio.net

foto: pixabay

Ketika anak yang mengalami masalah telinga, pasti sangat tidak nyaman dan rewel. Orangtua tidak perlu panik karena bisa diatasi dengan memberikan anak ASI. Sifat antimikroba dari ASI membantu dalam mengobati sakit telinga dengan menyerang mikroba yang menyebabkan flu.

7. Bawang putih.

Sakit telinga © 2020 brilio.net

foto: pixabay

Selain sebagai bahan makanan, bawang putih memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah penghilang rasa sakit. Sakit telinga karena flu juga bisa kamu atasi dengan bawang putih.

Caranya, makan satu siung bawang putih setiap hari atau menggunakan tetes telinga bawang putih untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit telinga.