Brilio.net - Meskipun mungkin tampak sepele, memakai sepatu di dalam rumah nggak seharusnya kamu lakukan. Apalagi sampai masuk ke kamar tidur, iyuh jijik! Alasannya sepatu atau sandal yang kotor berpotensi membawa penyakit bagi penghuni rumah.

Selain itu alas kaki yang kamu pakai bisa jadi tertempel bakteri bernama C. difficile. Menurut studi yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine yang dilansir dari Glamour, sekitar setengah juta orang pernah terinfeksi bakteri ini. Bakteri berbahaya ini bisa menyebabkan diare, bahkan dalam beberapa kasus bisa berlanjut menjadi radang usus.

Bakteri C. difficile bisa didapatkan dari kotoran hewan yang terinjak. Ketika sepatu kamu masuk ke dalam rumah, bakteri ini bisa bertahan di tempat tersebut dalam jangka waktu lama dan mungkin saja bisa masuk ke tubuh kamu. Iyuh!

Masih nggak percaya dan masih mau tetap memakai sepatu di dalam rumah? Berikut alasan yang bisa membuat kamu berhenti melakukannya, seperti dilansir brilio.net dari Goodhousekeeping, Selasa (8/12).

1. Merusak lantai

Loading...

7 Alasan kenapa kamu 'haram' memakai sepatu di dalam rumah, jangan ya!

Berbeda dengan sandal atau kaos kaki, sepatu hak tinggi atau sepatu dengan hak yang keras bisa menggores lantai. Belum lagi, sepatu jenis tersebut juga bisa menggores karpet yang menyebabkan keausan pada karpet.

2. Sepatu membawa racun dari luar rumah

Penelitian menunjukkan bahwa hal-hal seperti bahan kimia yang kamu gunakan untuk mengobati rumput atau tar batubara yang digunakan di jalan aspal bisa membawa racun dan bakteri ke dalam rumah lewat sepatu yang kamu gunakan.

3. Bikin kotor

7 Alasan kenapa kamu 'haram' memakai sepatu di dalam rumah, jangan ya!

Meski nggak semua yang kamu injak di luar rumah itu beracun, tapi pasti di bagian bawah sepatu kotor, kan? Kotoran itu jelas bisa mudah menyebar dan mengotori rumah jika kamu tetap menggunakannya.

Sebenarnya kamu bisa meninggalkan sepatu di pintu dan menggagalkan kotoran masuk ke dalam rumah dengan memakai dua keset, satu untuk di dalam dan satu untuk di luar. Jadi kamu punya dua kesempatan untuk menjebak kotoran sebelum memasuki rumah. Tapi tetap jangan lupa untuk rutin membersihkan kesetmu juga ya.

4. Sepatu jadi spot bakteri menjijikkan

Dalam sebuah studi oleh perusahaan sepatu Rockport di University of Arizona menemukan bahwa sepatu sering kontak dengan feses (kemungkinan besar perjalanan kamu ke toilet umum). Ini berarti sepatu jadi pelabuhan sejumlah bakteri termasuk E.coli. Yuck!

5. Mengurangi kekuatan kaki

Berjalan tanpa alas kaki bisa menjaga kaki dan lengkungan yang kuat. Tapi memakai sepatu secara terus-menerus di sepanjang waktu tidak akan membuat kakimu bertambah kuat.

6. Risiko sepatu menjadi mainan favorit anjingmu

Pelihara anjing di rumah? Membawa sepatu ke dalam rumah bisa berdampak buruk karena sepatu bisa jadi salah satu mainan anjingmu yang akan dikunyah atau mungkin meninggalkan bekas gigitan yang nggak bisa diperbaiki. Ditambah lagi kalau sepatu yang jadi mainan anjing itu sepatu kesayanganmu dan mahal lagi. Mau?

7. Tubuh jadi kurang rileks

Tahu nggak, saat kamu merasa lelah, cobalah melepaskan sepatu agar tubuh nggak tegang dan lebih rileks. Secara otomatis tubuh akan mengirimkan pesan ke otak yang mengatakan bahwa aktivitasmu sudah selesai, dan kini kamu bisa rileks. Silakan dicoba, deh!