Brilio.net - Sakit gigi memang sangat menyebalkan banget. Rasa ngilunya itu lho, nggak tertahankan. Iya kan?

Rasa sakitnya itu bikin kamu bakal kesulitan buat makan. Mau makan panas atau dingin pasti tambah sakit. Pada akhirnya kamu pun harus ke dokter buat mendapatkan obat agar sakit gigimu itu hilang sekaligus berkonsultasi untuk tindakan lebih lanjut.

Tapi kan, kadang ke dokter nggak bisa seketika. Padahal sakit gigi itu nggak bisa ditahan lagi. Nah, ternyata ada banyak cara untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri gigimu lho! Cara itu tentu bisa menjadi solusi cepatmu agar sakit gigimu reda dan tidak semakin nyeri.

Berikut 6 trik gampang yang bisa kamu lakukan untuk atasi sakit gigi yang dilansir brilio.net dari India Times, Jumat (30/9).


1. Campuran garam dan merica ternyata bisa kamu gunakan.

trik atasi sakit gigi © 2016 brilio.net

Garam dan merica tentu bumbu dapur yang gampang ditemukan. Saat kamu sakit gigi, kamu bisa menggunakannya sebagai obat. Campuran itu memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik.

Caranya, campurkan garam dan merica dengan perbandingkan yang sama. Lalu tambahkan air dan aduk sampai membentuk semacam pasta. Tempelkanlah pasta itu ke gigimu yang sakit.


2. Minyak cengkeh tua.

trik atasi sakit gigi © 2016 brilio.net

Cengkeh ternyata punya anti-inflamasi, antibakterial, dan anestesi yang dapat membantu menyembuhkan sakit gigi dan mencegah infeksi. Caranya, oleskan minyak cengkeh ke gigi dengan kapas. Bisa juga dengan meneteskan minyak cengkeh itu dalam setengah gelas air, lalu gunakan untuk berkumur-kumur.


3. Air garam hangat.

trik atasi sakit gigi © 2016 brilio.net

Segelas air garam hangat ternyata menjadi cara paling mudah untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi. Cara ini juga akan membantu mengurangi peradangan dan juga melawan bakteri yang menyebabkan infeksi.


4. Hindari suku ekstrem.

trik atasi sakit gigi © 2016 brilio.net

Sikatlah gigimu dengan air hangat dan jauhkan gigi dari temperatur ekstrem. Rongga yang ada akan sangat sensitif sehingga es krim, kopi panas, dan minuman lain yang bisa membuat gigimu jadi tambah sakit.


5. Gunakan obat batuk.

trik atasi sakit gigi © 2016 brilio.net

Ternyata obat batuk bisa juga digunakan untuk mengobati sakit gigi lho! Obat batuk baik itu tablet maupun cair ternyata mengandung sedikit zat anestesi yang dapat meringankan nyeri sakit gigi. Caranya, jangan kunyah tablet obat batuk itu, tapi tetap hisap seperti permen dan tahan di mulut agak lama.


6. Gunakan balsem.

trik atasi sakit gigi © 2016 brilio.net

Oleskan balsem yang cocok untuk menghilangkan rasa sakit. Eits... Tapi bukan berarti gusi atau bagian yang sakit yang diolesi langsung. Cukup olesi di pipi yang dengan dengan bagian yang nyeri itu.

Nah, itulah  6 trik gampang atasi sakit gigi. Semoga bermanfaat ya.