Brilio.net - Rumput laut digolongkan dalam tanaman alga yang tumbuh di laut. Tanaman ini merupakan sumber makanan laut yang memiliki beragam warna seperti merah, hijau, cokelat, dan juga hitam.

Rumput laut pun tumbuh di sepanjang pantai seluruh dunia. Bahkan di Indonesia pula produksi rumput laut sangat berlimpah. Tetapi, bahan makanan ini paling sering dikonsumsi oleh orang-orang di negara Asia seperti Jepang, Korea dan Cina.

Rumput laut sangat mudah digunakan dalam berbagai hidangan termasuk untuk pembungkus sushi atau nori, sup, salad dan juga untuk suplemen. Terlebih lagi, rumput laut kaya akan sumber mineral, vitamin, protein, karbohidrat dengan kandungan lemak yang sangat sedikit. Sehingga sangat bernutrisi bagi tubuh.

Kita bisa dengan mudah mendapatkan bahan makanan rumput laut ini. Biasanya bahan ini diolah dalam berbagai bentuk varian seperti untuk bahan agar-agar, campuran minuman bahkan untuk sup.

Nah, tapi ternyata selain rasanya yang enak, rumput laut memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut adalah 6 manfaat rumput laut yang baik untuk tubuh, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (12/7).

Loading...

1. Mengandung yodium untuk mendukung fungsi tiroid.

Manfaat rumput laut © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Rumput laut memiliki kemampuan untuk menyerap yodium di laut. Sedangkan tiroid bergantung pada yodium untuk menghasilkan hormon.

Kelenjar tiroid melepaskan hormon untuk membantu mengendalikan pertumbuhan, produksi energi, reproduksi dan perbaikan sel-sel yang rusak di tubuh. Tanpa yodium yang cukup, kamu mungkin akan mengalami gejala seperti perubahan betuk badan, kelelahan hingga pembengkakan leher.

2. Sumber vitamin dan mineral.

Manfaat rumput laut © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Jika kamu menambahkan rumput laut pada makanan, akan memberi cita rasa, tekstur dan juga meningkatkan asupan mineral dan vitamin pada tubuh. Selain itu, rumput laut merupakan sumber lemak omega-3 yang bagus.

3. Membantu mengatasi diabetes.

Manfaat rumput laut © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Rumput laut dapat membantu bagi para penderita diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi. Jumlah serat yang tinggi ini membantu kadar glukosa darah dan kadar insulin. Selain itu jika kamu sering mengonsumsi rumput laut akan mengurangi kemungkinan risiko diabetes.

4. Mengatasi sembelit.

Manfaat rumput laut © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Bakteri di usus berperan penting dalam mengurai makanan dan pencernaan dalam tubuh. Bakteri usus memecah serat menjadi senyawa yang meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Serat rumput laut ini dapat memberi makan untuk bakteri usus. Sehingga membantu mengatasi masalah seperti sembelit dan juga diare.

5. Menurunkan berat badan atau diet.

Manfaat rumput laut © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan atau sedang dalam program diet, rumput laut juga sangat cocok dicoba. Rumput laut mengandung banyak serat, dan tidak mengandung kalori apa pun.

Serat rumput laut sudah terbukti mampu membantu seseorang merasa kenyang karena bisa memperlambat pengosongan lambung. Dengan makan rumput laut, kamu akan terjaga dari rasa lapar sehingga dapat menurunkan berat badan secara alami.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung dan kolesterol.

Manfaat rumput laut © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di dunia. Salah satu faktor penyakit jantung adalah karena disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan atau kolesterol.

Rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah. Bahan makanan ini larut dan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.