Brilio.net - Mata merupakan area yang tak kalah penting untuk dirawat. Sayangnya, area mata seringakali terabaikan dalam perawatan wajah. Padahal, kulit di sekitar mata dikenal sebagai salah satu bagian tubuh paling tipis dengan ketebalan yang hanya mencapai 0,5 mm.

Untuk itu, perlu adanya perawatan ekstra di bagian mata yang sangat sensitif. Terlebih lagi area mata sangat rentan terhadap tanda penuaan seperti kerutan, serta menurunnya lipatan mata bagian atas.

Dokter Kulit dan Kelamin, dr. Srie Prihianti mengatakan penggunaan krim mata sudah dianjurkan sejak memasuki usia 20 tahun. Penggunaan krim mata juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit.

"Usia 20 sudah sudah cukup matang untuk melakukan perawatan yang lebih ekstra lagi. Masyarakat dianjurkan rutin menggunakan krim mata. Pilih produk yang mengandung bahan-bahan seperti Peptida, Niacianamide dan antioksidan yang efektif memperlambat proses penuaan," ujar dr. Srie dalam siara pers BSKIN yang brilio.net terima, Selasa (28/7).

Lantas, apa saja sih manfaat menggunakan krim mata? Berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber.

Loading...

1. Menjaga kelembapan mata

Manfaat krim mata © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@bskin_id

Memiliki kulit paling tipis, area mata ini sangat rentan kering hingga muncul garis kerutan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perawatan dengan menggunakan krim mata. Pilih produk krim mata yang mengandung adenosine dan peptida karena dapat meningatkan kolagen serta elastin kulit sehigga kulit tetap lembap.

"BSKIN dari HDI memiliki formula unggulan B 2 O dari produk lebah seperti Madu, Royal Jelly, Propolis dan Pollen dipadu dengan air dari mata air Pulau Jeju melengkapi kombinasi bahan aktif yang terdapat pada serum ini," tutur Smart Skin Advisor BSKIN dr. Eske Christina Poli.

2. Menghindari penuaan dini

Manfaat krim mata © 2020 brilio.net

foto: freepik

Munculnya tanda-tanda penuaan dini mudah sekali terlihat dari area mata. Tanpa perawatan ekstra, kulit area mata yang tipis itu akan timbul garis halus dan mengendur. Gunakan krim mata dengan cara memijat lembut pada kulit disekitar mata agar membantu memperlancar sirkulasi darah dan juga mengurangi mata bengkak.

3. Menghidrasi area mata

Manfaat krim mata © 2020 brilio.net

foto: freepik

Penggunaan krim mata juga dapat menghidrasi area mata terutama di bagian kulit. Dengan demikian kulit sekitar mata tetap sehat dan tidak memuculkan mata kendur serta kerutan.

4. Menjaga kecerahan area mata

Manfaat krim mata © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kebanyakan produk krim mata memiliki kandungan niacinamide, haloxyl, dan ekstrak sea daffodil. Kandungan ini mampu mencegah produksi melanin berlebih serta mencerahkan kulit di sekitar mata yang gelap.

5. Menghindari paparan sinar matahari

Manfaat krim mata © 2020 brilio.net

foto: freepik

Paparan sinar matahari langsung memiliki dampak buruk untuk kesehatan kulit. Oleh sebab itu, penggunaan sunblock sangat penting.

Ada beberapa krim mata yang sekaligus mengandung spf yang dapat melindungi area mata dari paparan sinar matahari langsung. Gunakan krim mata sebelum melakukan aktivitas.