Brilio.net - Pagi hari menjadi momen penting dalam menentukan kualitas hari seseorang. Memiliki rutinitas pagi yang baik dan terencana termasuk dengan menentukan asupan yang terbaik, dapat berdampak pada kesiapan dan ketangguhan seseorang dalam menjalani hari. 

Penelitian seorang biologis bernama Christoph Randler menemukan fakta bahwa orang-orang yang memaksimalkan waktu paginya memiliki karier yang lebih baik, dan lebih proaktif. Nah dalam kaitannya dengan kesehatan, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa orang yang sehat, terlibat dalam aktivitas kesehatan yang rutin, dan pagi hari adalah waktu yang tepat untuk membangun rutinitas kehidupan sehat.

5 Manfaat kebiasaan baik di pagi hari © 2021 brilio.net FrisianFlag.com

Karena itu pagi hari sangat bermanfaat untuk menanamkan kebiasaan baru yang baik, dan memulai hari dengan kebiasaan baik akan memotivasi seseorang membuat tindakan baik selanjutnya.

Berikut manfaat kebiasaan baik di pagi hari yang wajib kamu lakukan agar tubuh tetap sehat dan prima menjalani aktivitas.

1. Baik untuk kesehatan mental

5 Manfaat kebiasaan baik di pagi hari © 2021 brilio.net thedailymind.com

Psikolog dan Co-founder dari TigaGenerasi, Saskhya Aulia menjelaskan membiasakan diri untuk bangun pagi memberikan kita waktu untuk mengawali hari dengan lebih tenang dan memiliki kesempatan lebih banyak untuk merencanakan serta memulai hari dengan lebih baik. Sebuah penelitian pada 2018 menemukan bahwa populasi yang terbiasa bangun dan mulai aktivitas di pagi hari terbukti lebih sehat secara mental.  

“Di tengah situasi yang penuh ketidakpastian dan menuntut banyak perubahaan seperti saat ini, memiliki rutinitas pagi yang baik dan sehat akan berpengaruh pada kesiapan kita menjalani hari dan mengurangi berbagai kecemasan,” kata Saskhya dalam webinar Peringatan Hari Susu Sedunia dan Hari Susu Nusantara belum lama ini.  

2. Jalani rutinitas yang baik di pagi hari

5 Manfaat kebiasaan baik di pagi hari © 2021 brilio.net everydayhealth.com/Fabio Formaggio

Memulai hari dengan rutinitas baik seperti berolahraga, berdoa atau meditasi, juga mengonsumsi sarapan bergizi yang mudah dicerna, akan mendukung kesiapan dan ketenangan bukan hanya secara fisik, tapi juga emosional.

Inilah mengapa, banyak penelitian yang menjelaskan bahwa orang-orang dengan rutinitas pagi yang baik dan sehat, cenderung lebih produktif dan memiliki emosi yang lebih positif dalam menjalani kehidupan mereka.

3. Pentingnya asupan bergizi saat sarapan

5 Manfaat kebiasaan baik di pagi hari © 2021 brilio.net medium.com/Toa Heftiba on Unsplash

Pagi hari menjadi momen penting yang akan menentukan kualitas hari yang dijalani seseorang. Dengan menanamkan kebiasaan baik dan didukung dengan asupan terbaik, kamu dapat lebih siap meraih hari terbaik.  

“Memulai hari dengan rutinitas pagi memiliki peran penting untuk menjaga pikiran lebih tenang sepanjang hari. Bangun lebih awal, dan meluangkan waktu untuk melakukan beberapa rutinitas baik akan berdampak pada kemampuan kita menguasai sisa hari,” ujar Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F Saputro.

4. Alasan pentingnya susu

5 Manfaat kebiasaan baik di pagi hari © 2021 brilio.net FrisianFlag.com

Pentingnya mengawali hari dengan asupan bergizi dan kebaikan susu, juga ditekankan Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof Dr Ir Hardinsyah. Menurutnya,  sangat penting bagi kita untuk memperhatikan asupan saat sarapan, sebagai fondasi gizi di pagi hari.

Mengonsumsi zat gizi lengkap seperti dari susu, dapat memberi energi dan zat gizi berkualitas untuk aktivitas pagi. Susu juga mudah dikonsumsi dan diserap tubuh, serta dapat dipadukan dengan berbagai makanan lain. Selain itu, susu mengandung protein, lemak, kalsium, vitamin A, B1, B2, B12, D, magnesium, potassium dan karbohidrat yang baik bagi tubuh.

“Kandungan gizi yang lengkap, dengan format yang mudah dikonsumsi membuat susu menjadi salah satu sumber asupan bergizi baik yang cocok untuk melengkapi kebutuhan gizi harian bagi anak, remaja dan dewasa,” ujar Prof. Hardinsyah.

5. Mengolah susu menjadi asupan bergizi

5 Manfaat kebiasaan baik di pagi hari © 2021 brilio.net FrisianFlag.com

Bukan hanya baik untuk diminum secara langsung, berbagai format susu juga dapat diolah dan dipadukan dengan jenis asupan lain untuk meningkatkan rasa dan juga gizi dari asupan. Chef sekaligus konsultan kuliner, Nanda Hamdalah memaparkan, varian susu bubuk dapat digunakan untuk campuran tekstur penganan ringan, sebagai lapisan susu dan gula halus pada kue atau camilan. 

Taburan susu bubuk dapat meningkatkan tekstur dan warna sajian agar lebih menarik dan nikmat. Sedangkan pada format kental manis, tekstur creamy dan rasa yang nikmat dapat memperkaya rasa pada masakan.

5 Manfaat kebiasaan baik di pagi hari © 2021 brilio.net FrisianFlag.com

Dalam penggunaan susu kental manis yang perlu diperhatikan adalah takaran dalam pengaplikasiannya, untuk menemukan rasa dan tekstur yang pas dengan selera. Sementara susu cair siap minum, cocok digunakan untuk segala kesempatan, termasuk untuk sarapan.

Susu cair bisa dimanfaatkan ke beragam kreasi olahan, misal membuat nasi kuning untuk sarapan tanpa santan, atau berbagai macam milkshake sehat yang cocok untuk pagi hari. “Penggunaan berbagai format susu ini memberikan kemudahan dan kenikmatan dalam berbagai menu andalan keluarga,” kata Nanda.