Brilio.net - Banyak orang yang merasa takut ataupun jijik jika bertemu serangga. Maka tak jarang bila orang takut bertemu serangga, salah satunya adalah belalang.

Namun, warga di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta tidak menjadikan belalang sebagai musuh. Mereka justru mengolahnya menjadi makanan yang lezat. Jika kamu mengunjungi daerah ini, biasanya sepanjang jalan mereka menjual salah satu panganan khas yaitu belalang goreng".

Bagi warga Gunungkidul, belalang dijadikan sebagai makanan favorit bahkan pengganti ayam, daging atau ikan. Belalang sendiri dipercaya memiliki banyak manfaat. Tak jarang pula pembeli merasa ragu, namun mereka yang telah mencicipinya mengakui bahwa belalang goreng memang benar-benar lezat. Perpaduan rasa gurih, krispi dan bumbu pedas khasnya begitu menggoda sehingga membuat ketagihan .

"Ada lebih dari 2.000 spesies serangga yang dapat dimakan. Belalang dapat menyediakan sumber makanan alternatif karena tingginya kadar protein dan nutrisi lainnya." kata Liliane Binego, seorang peneliti di Pusat Agroekologi, Air dan Katahanan Universitas Coventry.

Lalu, apa saja manfaat dari belalang goreng ini? Berikut manfaat belalang goreng yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (16/3).

1. Mencerdaskan otak.

Belalalang © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Belalang goreng mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk kecerdasan otak. Apalagi jika dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tubuh anak-anak akan menyerap protein lebih banyak sehingga kebutuhan saraf yang terpenuhi menyebabkan anak mudah menyerap informasi.

2. Meremajakan kulit.

Belalalang © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Kandungan protein yang tinggi dipadukan dengan vitamin E yang juga banyak terdapat dalam daging belalang, dipercaya sebagai obat yang ampuh untuk meremajakan kulit. Buat kamu yang sudah menginjak kepala dua, belalang goreng dapat menjadi alternatif perawatan kulit kamu dari dalam.

3. Merawat kesehatan tulang dan gigi.

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, belalang goreng mengandung kalsium, magnesium, potasium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan. Kandungan inilah yang berfungsi untuk merawat kesehatan tulang dan gigi. Oleh karena itu, kepadatan tulang dan gigi akan terawat dengan baik, bahkan dapat mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil. Konsumsi yang dilakukan secara jangka panjang juga disinyalir mampu mencegahmu dari osteoporosis.

4. Baik untuk perkembangan janin.

Belalalang © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Protein, kandungan mineral dan vitamin yang lengkap serta asam lemak esensial yang terkandung dalam belalang goreng dapat membantu perkembangan janin dalam perut ibu. Namun, sebelum ibu hamil mengonsumsinya, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter mengenai porsi yang pas sesuai kebutuhan janin.

5. Menurunkan kolesterol.

Buah penurun kolesterol © 2017 brilio.net

foto: pixabay.com

Kolesterol dalam darah yang menumpuk dapat menyebabkan plak di dinding arteri dan akhirnya menjadi penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Oleh karena itu, dalam satu ekor belalang goreng yang mengandung protein yang tinggi namun rendah kolesterol adalah solusi tepat bagi kamu yang mempunyai masalah dengan kolesterol.


mgg/chatarina lia